Introvert
Sifat dasar yang membedakan seorang manusia ada 2 yang gue
tau itu. Ekstovert, dan Introvert. Dari segala apa yang ada dalam diri gue, gue
menggolongkan diri kedalam kelompok Introvert. Lebih banyak diam akhir-akhir
ini, agak sulit untuk memahami orang lain, berkenalan kembali dengan orang
orang asing dan lingkungan asing. Itu cukup membuat diri gue kesulitan awalnya.
Gue merasa disetiap awal tempat asing, gue awalnya pasti
memasang topeng. Gue merasa ada jarak dan dinding diawal. Gue pun merasa akhir
akhir ini bukan seorang yang gampang banget punya kalimat basa basi duluan
supaya gue dan lawan bicara gue itu merasa akrab biasa aja. Gue juga merasa
kaya gak tulus gitu awalnya. Karena itu, gue gak terlalu bisa basa basi istilah
sekarang ya Sok Kenal Sok Deket pada semua orang.
Bahkan dilingkungan rumah pun gue gak terlalu dianggap ramah
dan dikenal hangat di kalangan tetangga. Karena, gue memang kalo dirumah ya
didalem rumah, tapi sekalinya keluar ya tetep aja enjoy sendirian. Bukan
dilingkungan se komplek itu misal. Kaya masih takut untuk bercengkrama dengan
orang sekitar, kaya takut untuk sekedar nanya sok kenal duluan. Entahlah ada
apa dengan gue. Padahal gue sih sebetulnya ingin biasa biasa aja dilingkungan
manapun. Kembali lagi, gue hanya tetap menjadi “pendiam”.
Ini sudah terjadi semakin parah setelah keluar dari masa
sekolah. Sempat mengalami hanya berdiam diri dirumah. Iya, anehnya gue introvert
tapi benci juga kalo kelamaan dirumah terus. Dan akhirnya memutuskan les Bahasa
inggris dekat SMK dulu, maksudnya sih supaya gak jenuh-jenuh banget dirumah.
Dan berarti gue perlu berkenalan lagi dengan suasana baru dan orang orangnya
yang baru.
Untungnya kebanyakan yang sebaya dengan gue, tapi tetep aja
gue dengan seleksi alamnya gue berkumpul hanya dengan orang itu itu aja. Dan
tetep sekali lagi, gue merasa gue masih pake topeng dan gak tulus. Gue masih
menjadi kaum yang mendengarkan saja mereka. Iya-iyain aja. Apalagi sama temen
cewek-cewek. Mau yang baru atau yang udah cukup lama pun gue merasa, masih aja
gue bertopeng (tapi temen cukup lama lebih mending dari pada temen baru. Fake abis).
Gue masih bermasalah mengingat nama orang orang baru (ya jelas, tempat les itu pasti
ada yang baru aja terus). Entah kenapa gue menjadi seperti itu. Seperti ada
ketakutan dengan dunia yang kedepannya entah bagaimana.
Awalnya gue merasa bermasalah kalo ngobrol sama cewek -cewek
gitu. Kaya gue ngerasa bukan kaum golongan mereka, kaya mereka, golongan cewek
maksudnya. Gue juga adalah salah satu orang yang gak punya banyak foto di cetak
sendiri. Kayak foto box misal. Sumpah gue cuma punya 2 sampai saat ini. Ya
paling foto lainnya ya foto kelas. Ya itu, karena gue gak terlalu banyak temen
cewek. Mau sama orang lama aja ngerasa masih ada dinding, apalagi sama orang
baru. Jadi, maklumlah buat yang kenal
sama gue kalo gue terlalu diam, gak asik, gak jelas, atau sekalinya ngobrol gue
malah cerita yang gak jelas, gak penting (terlebih buat yang cewek kenal sama
gue). Percayalah, gue berusaha untuk
bisa akrab dengan kalian, tapi gue masih gatau gimana caranya.
Hanya gue pernah ngerasa dikit berbeda. Ketika gue mulai
mencari sana sini pekerjaan. Gue bertekad ingin kerja dulu. Dan kuliah bisa
dibarengi dengan nama “Kerja sambil Kuliah”. Gue pernah kenal sama yang nyari
kerja juga , cewek. Kita bareng hanya hari itu aja. Udah. Tapi gue merasa, gue udah mulai ada progress
bisa sok kenal sama yang baru. Ya yang baik maksudnya.
Tapi pernah memburuk lagi , saat masuk kerja. Gue pertama
kalinya real kerja. Karena sifat gue pun, waktu wawancara gue masih belum
percaya diri sendiri. Gue ketemu orang baru, rata rata cowok. Parahnya,
kebetulan di tempat bagian gue saat itu hanyalah gue satu satunya cewek. Nah
disitu gue merasa sendirian kalo kerja, belum lagi ngerjain kerjaannya
notabenenya hanya sendiri. Ada sih cewek, tapi di bagian lain. Ya walau sama
sama penulis kode juga. Tapi kan gak satu bagian maksudnya. Parah deh, udah
kaya anak kecil ngerasa bego banget saat itu. Karena sifat dasar gue juga, gue
bisa sampe ngerasa tersesat di kantor. Mau nanya pun selalu mikir mikir “ganggu
si akang ini gak ya”
Nah disaat itu lah gue jadi ikut lumayan sulit buat
bercengkrama sama rekan kerja yang lainnya. Ikutan agak pasang dinding dulu
diawal buat kenalan dengan cowok manapun juga. Emang mereka gak jahat, malah
baik banget. Malah suka bercandain gue, Ngajak ngobrol ringan sekedar nanya ini
dan itu, ngebuat gue ketawa disela-sela gue yang cuma bingung dan kebingungan
sendiri saat itu. Ya itu, gue ngerasa saat itu masih aja gue jaga image. Diam,
walau ada topik yang kira kira gue sebetulnya tertarik buat ikut ngobrol. Tapi,
balik lagi. Gue kembali jadi pendiam. Asli ini ngeselin bagi gue.
Dan.. butuh waktu yang lumayan lama bagi gue untuk bisa lebih
akrab dengan lingkungan baru manapun, lingkungan lama dalam kantor. Gue mulai
tau sifat sifat terngakak beberapa orang, gue mulai bisa ikut ikutan ngebully
ringan senior pun karena seiring jalannya waktu. Mereka tau gue dan gue tau
mereka. Gue udah bisa nerima suasana sekitar, gue udah mulai bisa ngebangun
percaya diri nya gue perlahan. Setidaknya ikut bercengkrama dengan mereka.
Walau tetep aja soal keseriusan pekerjaan gue masih “Ih mau nanya ini tapi
takut ganggu. Ah udah coba oprek sendiri dulu”. Mau banyak nanya tapi banyak
banget argumentasi otak dan hati akhirnya jadi diem aja. Ini masih aja
begitulah ☹
Kemudian berlanjut lah dengan suasana baru kuliah. Tempat
kuliah yang gue pilih atas pertimbangan dengan ortu juga yang cukup mewajibkan
mau regular atau kelas karyawan harus ikut semacam ospek tanpa terkecuali. Hari
yang mengenalkan gue ke lingkungan sangat baru. Saat acara berlangsung, emang
sih gue bisa pura pura kenal dengan sebelah gue. Dan tugas terberat gue saat
itu adalah, ada ada aja saat disuruh minta ttd pengurus ospek semuanya. Gue
udah give up aja. Gak bisa langsung sok kenal dalam waktu singkat, gak bisa
langsung ingat dalam waktu singkat. Dan diakhiri dengan bodo amat. Boro-boro
soal pengurus ospek, sama temen sekelas satu angkatan aja gue masih belum hapal
semua sampai sekarang ☹
Disisi lain, gue juga
pingin punya banyak temen. Gue juga ingin banyak kenalan dari berbagai
kalangan. Menambah wawasan gue, menambah skill sosial gue dalam hal nyata. Gue
juga karena masih 19 tahun adalah masa dimana pingin tahu banyak hal coba
sana-sini. Gue yang introvert tapi pengen banget menjelajah alam bersama teman
akrab.
Tapi anehnya, ketika gue sudah menjelma menjadi seorang
k-popers, bahkan gue bisa sok kenal dalam dunia maya atas nama diskusi soal
idol. Gue pun bahkan punya banyak kenalan dalam dunia maya dari banyak daerah
di Indonesia ini. Atas dasar kesamaan “diskusi soal idol”. Bahkan ada 1 grup
yang bisa mematahkan asumsi negative gue terhadap “cewek itu kayanya semuanya
beda sama gue . gak klop haha hihinya sama gue” (Nah ini maksudnya, gue agak
kesulitan untuk dapat temen cewek yang banyak karena ini. Gue lagi lagi
menemukan lingkup pertemanan yang bertolak belakang sama gue) .
Gue juga pernah bahkan dalam satu kondisi orang yang kenal
sama gue ini bilang “Di, aku tau kamu loh waktu acara kemaren. Padahal baru
setengah hari. Kenapa kamu diem sekarang” (Acara pertama kali adalah acara
membahagiakan fans kpop. Dan Yang kedua adalah acara bukber gitu). Percayalah,
saat itu gue sendiri aja bingung “Whats wrong with you, Dian?”
Kesimpulan gue dari Introvertnya ini adalah, Dasarnya gue
merasa bertopeng, gue rasa karena gue berfikir “Bagaimana caranya supaya orang
ini suka sama gue? Maksudnya kaya gue dikesan pertama tidak langsung membuat
lawan bicara siapapun itu langsung dislike gue gitu.”. Jujur, gue masih takut
untuk dapet kesan yang kurang mengenakan diawal atas nama gue sendiri. Gue
masih gak pede, gue masih ngerasa takut aja menganggu atas kehadiran gue ke lingkungan
baru manapun. Karena gue merasa gue masih banyak banyak banget harus belajar.
Tapi, gue juga pingin bisa nampakin diri “Iniloh gue, Dian
Andri”. Tanpa fake, tanpa tiru orang, tanpa takut persepsi orang dengan
kehadiran gue pada lingkungannya. :”)
Nah … Ini loh. Percaya Diri, tingkatin lagi! Gapapa deh dikira
narsis yang penting percaya diri. Mencintai diri sendiri. Itu yang utama
soalnya :’)
Komentar
Posting Komentar