Life Is About Choice

                Kebanyakan anak-anak umur 5 tahunan mereka udah punya cita-cita, mau jadi apa mereka waktu gede nanti. Misalkan si anak A bercita-cita jadi tentara, Si anak B bercita-cita jadi Dokter. Hampir semua anak kecil udah berani milih mau jadi apa dia nanti. Dengan pedenya, tanpa khawatir apa yang akan terjadi nanti. Iyasih, seiring jalannya waktu dan kondisi ada yang berpegang teguh dengan cita-citanya dari kecil ada yang enggak. Semua juga tergantung Yang Maha Kuasa pengatur kehidupan umatnya.
                Menurut gue, dari kecil udah punya “cita-cita” mau jadi apa nanti waktu udah gede itu adalah langkah pilihan awal, dunia apa yang akan dicoba jalani dimasa depan. Gue yakin setidaknya setiap manusia menginginkan menjadi orang yang minimal tidak merugikan siapapun. Tapi memang, dunia ini terlalu naif jika dikatakan mau yang begini-begini saja, jadi yang apa adanya saja. Maka dari itu pasti setiap orang zaman sekarang seperti dituntut mau punya title apa nanti. Dan kapan, dan gimana cara ngedapetinnya itu.
                Gue, berfikir juga tentang apa yang mau dijalani kedepannya. Bahkan gue juga punya mimpi seperti kebanyakan anak muda yang punya mimpi juga. Gue, yang tertarik dari SMP dibidang IT dan lebih mengesampingkan hal lain jadi berani bersekolah Kejuruan IT, dan cerita pun diawali dari masa keberanian gue itu dimulai.
                Iya, dari SMP gue suka IT. Ada pelajarannya, dan ada ekskulnya. Gue ikut ekskulnya, dan lebih unggul juga di pelajarannya. Emang sih dulu itu random aja gue intinya suka IT, dan menjadikan IT itu adalah dunia cita-cita gue sejak sebelumnya berganti-ganti tanpa alasan yang jelas dan Sampe sekarang gak ganti. Gue belajar hal mendasar semua tentang Edit Foto, Edit Video, Bongkar Pasang Komputer, Dan yang lain sebagainya. Dan hal mendasar yang gue suka itu yang sempat bikin bingung, gue mau fokus dimana. Setelah banyak pertimbangan, akhirnya gue memutuskan menjadi seorang penulis kode program. Mungkin ikutan sodara waktu itu, sukses kerja juga karena lulusan jurusan yang sama.
                Gue menyadari gue awalnya saat masuk sekolah pun ada rasa lebih ingin tau apa-apanya tentang yang gue coba, dunia program. Gue dulu memang masih bocah polos dan memang namanya juga baru masuk sekolah pertama kali jadi lebih semangat diawal, nyatanya semakin lama semakin biasa aja. Banyak banget tingkat kemalasan yang melanda gue dimasa sekolah , kebanyakan main, apalagi dengan gue titlenya sebagai pecinta korea hahahaha…. Pokoknya kasarannya gue gak tau belajar apaan waktu sekolah.
                Gue yang kalo ada PR selalu dimepet-mepetin waktu ngerjainnya sampe sering juga gue nyalin PR orang, Gak ngerjain PR juga udah biasa. Gue yang waktu ulangan saling contek menyontek sama yang lainnya. Gue yang hobi nya keluyuran main entah hari libur atau sepulang sekolah (NOTE : BUKAN KE MALL SHOPPING ) walau cuma nongkrong doang tapi menikmati banget masa mainnya dan sambil menghayal apa yang akan terjadi di masa depan cerah nanti. Iya contohnya gue yang dulu cukup sering nongkrong di daerah Alun Alun Kota Bandung waktu gue udah punya SIM dan dikasih bawa motor sama Ortu. Dimana disana gue sering sama temen gue sekedar muter, atau tidur tiduran dihalaman luarnya (karena pake rumput sintetis gitu), Masih pake seragam putih abu. Ngebayangin 10 atau 11 tahun yang akan datang “Keren ya gue kalo gue nongkrong di cafĂ© ngerjain project sambil pegang macbook dan hape logo apple”.
Belum lagi ngehayal soal hobi gue yang fotografi, jelas gue bercita-cita ingin punya dslr, dan traveling ke tempat tempat sejuk alam nan hijau atau sepoi nya pantai.
                Nah, masalahnya untuk dapet semua hal itu gue perlu bekerja keras
                Tapi, gue juga sempet mengalami masa sekolah yang gue tuh ingin jadi penulis kode, tapi kenapa gue saat itu masih suka copy project orang, dijelasin guru produktif gue aja jarang banyak yang ngerti. Mau Praktek, apalagi Teori. Hal dasar Algoritma, Database aja gue masih suka nebeng nyontek temen. Tugas akhir aja Databasenya orang yang pinter dikelompok project gue aja yang ngebuat semuanya. Gue mah apa, ikutan numpang buat sendiri dari dasar kerjaan orang lain. Sekedar buat nilai lulus. Belum lagi waktu demonya, ke penguji dari industri luar, gue gak banyak ngerti database, gue yang kena gagap seketika gak tau mau ngedemoin apaan. Gue yang malah nampilin error yang gue gak tau solvenya hari itu kaya gimana. Dan kejadian kejadian itu yang bikin gue sempet mundur buat gak jadi untuk ngelanjutin jadi “Penulis Kodenya”.
                Tapi disisi lain, gue bersyukur gue ngerasain gimana prosesnya buat lulus SMK jurusan itu kaya gimana. Gue yang merelakan ekskul keatletan gue karena tidak sinkron (gak boleh begadang versus perlu begadang) . Gue yang pernah bulak balik nongkrong di minimarket deket rumah temen gue untuk barengan nugas, sampe gue pernah 2 malem nginep dirumah temen gue demi harapan selesai walau akhirnya tetep belum selesai. Gue yang berani melanjutkan kerja ke SMK dan meninggalkan masa masa indahnya kalo gue masuk SMA (fyi, katanya lebih indah masa SMA dibanding masa SMK). Gue yang berani mikir pokoknya harus kerja setelah lulus SMK, dan selanjutnya kerja sambil kuliah.
                Udah lulus SMK, masa pencarian kerja pun dimulai, dengan gue yang gak tau mau kerja jadi apa. Banyak ketentuan juga yang emang gue gak mau kerja A dan Ortu gue pasti melarang. Banyak juga kejadian cari kerja sampe menempuh jarak Cimahi-Bandung daerah Buah Batu dan telat masuk dan waktu liat soal test nya, gue cuma natap kertasnya doang saking gabisa ngerjain test nya sama sekali. Waktu mau pulangnya kejebak hujan gede banget yang gabisa ditembus dan nunggu di tempat asing gak kenal siapa-siapa. Belum lagi soal ditawari Ortu kerja diluar kota yang sebenernya gue mau tapi malah dinanti-nanti sama Ortu sendiri. Sekitar 6 bulan kelakuan gue cuma gitu-gitu aja. Kalo gue gak Les Bahasa Inggris , gue bener bener pengangguran gak ada kerjaan waktu itu.
                Pokoknya gue bener bener bosen banget sama kerjaan yang gitu gitu aja. Otak gue yang udah lama gak kepake , ngerasa gampang kesel dan bosen banget. Gue yang ingin cepetan kerja, tapi kalo nyari kerjaan selalu filter banget. Kenanya tertarik kalo gak jadi Admin biasa atau Nerusin IT. Tapi dengan masih gak yakin itulah. Terus gue maunya apa waktu itu?. Bahkan pernah saking nyerahnya mikir “Kalo gue masih belum dapet kerjaan sampe tahun depannya , gue mau ikutan SBMPTN ambil Bahasa Korea UPI aja”.
                Setelah pikiran itu datang, hal magic pun terjadi. Gue yang dikasih tau sodara gue “Di coba liat di website A, coba apply CV nya dan Search kerjaan apa yang kamu mau”. Gue yang iseng coba gak tau apply ke perusahaan apa aja dan dimana (Sebenernya gue apply kalo gak di Bandung atau di Jakarta). Selang 2 3 hari atau 4 hari kemudian, gue tiba tiba ditelpon. Di interview katanya. Di Bandung, dan gue coba search Profile Perusahaannya, gue review “Gue belum pernah denger perusahaannya. Tapi boleh juga”. Dari gue yang muter muter nyari entah bareng temen atau nunggu kabar harapan yang entah gimana dari Ortu. Gue dapet kesempatan mencoba, sendiri, tanpa bawa nama Ortu segala.
                Singkat ceritanya gue interview, di test teori program, psikotes, Interview tahap 1. Dan lanjut Interview tahap 2 di hari yang berbeda dan tempat berbeda,  Hari yang cukup buat gue mirip jadi bocah gagap, lupa nama siapa yang interview gue saking gagapnya saat itu. Begonya gue waktu interview tahap 2 pernah nanya “kapan diumumin hasilnya”. Karena jujur, gue di Interview kedua agak kurang yakin Gue bisa atau gak nantinya (Iya karena gue mencoba melamar pekerjaan menjadi Penulis Program), jadinya di hari yang itu gue masih megang Map Coklat buat coba masukin lamaran kerja ketempat lain. Saking gue udah mikir negatif apa yang gue bisa lakukan kalo gue gak lolos ditempat itu. Nyatanya? Gue lolos, diterima. Cuma selang 2 hari, kabar bahagia itu datang dari berderingnya hape gue. Seneng? Iyalah. Akhirnya setelah otak gue berdebu cukup lama, gue dapet kerjaan juga.
Dengan masih ragu dan nanya diri sendiri “Di, emang lo bisa ngejalani kedepannya? Ini langkah awal lo . Pilihan yang lo buat dari alasan kenapa lo lebih milih SMK IT. Apalagi udah lama juga dari Bulan Maret sama sekali gak nyentuh yang namanya Kode Program (Saat kabar baik datang, di Bulan November), Bisa gak?”. Gue Cuma bisa mikir “Ya udah, mari jalani aja. Ini pilihan gue dari awal yang serius, dan di ijabah sama Allah. Kenapa gue harus nolak? Soal rintangan apa yang gak gue tau kedepannya, mungkin itu secara spontan gue sendiri yang akan tau penyelesaiannya kaya gimana nanti”.
Dan ternyata, semua tak terasa sampai sekarang gue nulis ini udah hampir satu taun aja gue kerja disini. Cukup banyak banget cerita yang gue gak nyangka semua ini bisa terjadi sama gue. Dan masalah yang masih menjadi pertanyaan gue dari awal masuk kerja sampe sekarang adalah “Di, lo beneran titlenya jadi penulis program?” .
Karena pengalaman project pertama gue, gue yang pernah pengalaman down tiba tiba nangis di mushola kantor dan malemnya tiba-tiba gue curhat sama Pak COO gue atas merasa gak tau lagi harus ngapain saat itu. Yang ngasih pengalaman gue nekat pulang sendiri dari Jakarta jam 23:30 naik kereta terus sampe di Bandung jam 03:30 tapinya gue harus masuk kerja lagi sekitar jam 08:30. Belum lagi projectnya masih aja belum selesai, dan hampir gue doang yang ngembangin programnya.
Karena pengalaman yang masih berjalan sampe sekarang dengan Team dan pengalaman belajar hal baru hanya 2 hari yang sampe sekarang baru dikit ilmu yang gue serap dari tantangan terbaru gue sekarang. Jelas gue masih merasa Cuma bocah anak bawang dengan otak mepet gue yang masih gak tau gimana caranya belajar bikin langsung nyerep ke otak. Apalagi kondisi gue yang nekad sambil Kuliah. Sampe pernah stress kebawa sama fisik yang langsung lemah. Dasar emang.
Karena pengalaman pengalaman inilah yang gue masih mempertanyakan beneran gue ini titlenya ? Kok kaya yang gak sesuai sama apa yang gue lakukan? Kenapa gue masih ngerasa serba kesana bingung kesini bingung setiap mau ambil langkah? Apa gue kena bad luck terus-terusan dari pengalaman yang selama ini terjadi ? Udah yang pertama hampir sendiri, yang kedua mepet di otak gue dan timeline yang gila bagi anak 19 tahun ini.
Gue yang ngerasa kesal dan ngeluh setengah matinya gue ingin melampiaskan itu semua, tapi gue sadar gue gak boleh menyalahkan pihak pengalaman pertama siapapun ataupun pihak yang sekarang atas apa yang udah terjadi sama pengalaman gue. Karena artinya gue sama aja marah sama Allah, sang Maha Pengatur dan Campur Tangan apa yang terjadi sama kehidupan gue. Apalagi punya perasaan dendam, jelas salah gue kalo bisa dendam. Terus salah siapa? Salah dari gue yang masih minim kerja keras karena gue bocah yang masih gak tau gimana caranya belajar? Gue yang nekat main jalani aja sesuai arahan gue dari awal. Kerja yang keteteran. Apalagi kuliahnya, gue bisa masuk kelas aja udah bersyukur banget.
Gue akhirnya cuma harus inget “Ikhlas, Pasrah. Yang penting udah berusaha sekuat tenaga. Pelajari nikmat dari Prosesnya. Don’t forget to Love Yourself, In Any Condition. Don’t judge Yourself if got something wrong on that Process
Dibalik ini, gue gak nyangka. Ternyata inilah gambaran pertama sekuel perjalanan hidup gue. Mencari diri sendiri, untuk mencintai dan menghargai diri sendiri. Ternyata ini lah gambaran hidup dari pilihan gue awal beraninya milih SMK IT beserta berlanjut ilmunya. Jelas beda ceritanya kalo gue milih masuk SBMPTN Bahasa Korea misal, karena ngerasa gagal di IT sebelumnya. Atau jelas beda cerita kalo gue milih dari awal bukan di bidang IT. 
Gue masih belum bisa menilai diri sendiri sampai sekarang, karena yang gue pernah terinspirasi dari mana, umur 19 tahun ini emang belum saatnya bisa menyimpulkan diri sendiri dan sedang ada apa yang terjadi baik diri sendiri atau lingkungan sekitar. Jadi sampai gue nulis cerita ini, gue jelas masih belum bisa menyimpulkan bagaimana langkah kedepannya. Yang gue tau, Cuma lakukan yang lebih baik dari hari sebelumnya, udah.
Iya hidup itu tentang pilihan. Namanya anak muda, punya keinginan kuat tapi banyak kekusutan otak, merasa hilang arah, merasa gatau mau kemana, jadinya cuma "jalani aja yang ada". Tetep jangan iri sama orang, karena orang lain juga sama punya kekusutannya masing masing. Ya gitu lah masa muda, cuma tetep harus punya pilihan ending apa yang diinginkan nantinya, karena Kita sendiri yang memutuskan untuk menjadi orang jahat atau baik. Kita sendiri yang memutuskan untuk memilih jalan lurus, kanan atau kiri. Kita sendiri yang memilih semua itu, hanya saja Allah sudah mengetahui semua pilihanmu itu jauh sebelum kamu memutuskan.
Itulah yang disebut dengan takdir. - Goblin, Korean Drama


2 November 2017

Komentar

The Most Beautiful Moment in Life
Forever , We Are Young. Even when i fall and hurt my self, I keep running towards my DREAMS - BTS, Young Forever