Map of Life
Sering kali berbincang dengan beberapa
kawan-kawan, tentang mimpi yang begitu besar. Hidup bukan segalanya tentang
uang, tapi uang juga butuh untuk hidup.
Sukses, itulah impian muda-mudi pada umumnya. Kesuksesan pun banyak sekali
artinya, biasanya tergantung pribadinya masing-masing. Merekalah yang
menentukan arti kesuksesannya itu sendiri, sekali lagi benar bahwa timeline kehidupan setiap pribadi
memanglah berbeda.
--
Tapi balik lagi realistis. Sepertinya jaman sekarang itu agak naif ya kalo
gabegitu butuh duit. Makan, butuh duit. Tempat tinggal, butuh duit. Ya
ibaratnya perlengkapan semuanya butuh duit. Nah kebanyakan, apalagi di
Indonesia sendiri kesuksesan seringkali dinilai dari berapa banyaknya “duit”
yang sudah diperoleh. Belum lagi properti yang lainnya. Pokoknya orang disebut
sukses kalo udah banyak duit. Gitu
Gak salah sih otaknya muter tentang duit. Itu emang bagian dari realita. Ya
asal jangan jadi orang gak bener aja terlalu diperbudak sama duit, kan ada aja
ya yang pengen ngambil jalan cepat untuk dapet duit banyak. Intinya kalo mau
banyak duit “USAHA KERJA DULU BRO”
--
Dunia juga parameternya luas. Tentu bukan duit aja parameternya. Sebagai makhluk
sosial kita manusia butuh bersosialisasi, relasi yang bagus juga itu parameter
penting dalam hidup. Belum parameter social
skill dimana contohnya public
speaking, problem solving, cepet adaptasi, dan masih banyak lagi.
Gue sadar satu hal, kalo kita mau berduit tentu kita juga harus memantaskan
“layakkah kita dapat sallary nya
segini?”. Ya jangan dong merasa berani banget minta sallary 2 digit jutaan tapi skillnya masih newbie. Jangan dulu
dong. BELAJAR DULU, TINGKATKAN Value kita
dulu. Semakin jago, semakin banyak pengalaman, ya semakin nambah juga dong
nilai sallary yang pantas untuk kita
dapatkan.
Memang sih kadang anak muda itu bingungnya antara passion atau ‘kepaksa butuh duit’, apalagi yang belum nemu sama
sekali passion-nya apa. Jadi kadang ketika
pengen nyari passion eh cuma butuh
duit banget akhirnya “yaudah lah lakukan kerjaan apa dulu selagi bisa”. Wajar
sih, manusiawi
Jadinya banyak juga anak muda yang masih ngerasa kejebak sama hidupnya,
yang berasa gak ada perubahan apa-apa. Nah, kali itu lah muncul dimana "Uang bukan segalanya". Hehehe
--
Gue seneng banget kalo ada yang tiba tiba ngajak diskusi sama gue, apalagi
yang concern with our dream. Mimpi anak muda, bagaimana harapan hidup dimasa
yang akan datang. Mimpinya gede banget, sampe sampe kadang suka menertawakan
saking kegedeannya mimpi tersebut tapi kami hanya begini begini saja, cuma bisa
omong doang lah. *eh
Kadang sampe obrolannya tentang materi. Gue yang keliatan kawan-kawan punya
basic skill tentang yang akan
mengikuti perkembangan zaman (padahal etdah jauh banget masih butuh tutor juga
gue), ada yang sampai berandai jika gue adalah dirinya. Ada juga yang sampai
memberi cerita cerita tentang baiknya skill
gw itu dibawa kemana. Salah satu modal yang bisa menghasilkan banget,
katanya.
“Lu kalo sampe dapet gaji 2 digit, bisa lu nabung sekian buat invest tanah
kek, invest rumah kek, kalo ada rejeki lagi bisa invest rumah buat jadiin
kos-kosan kek, invest kendaraan mobil kek”
Gaes, gue juga tergiur akan hal diatas. Punya juga impian soal materi kayak
gitu lah. Realistis duniawi banget emang itu tuh. Wkwkwkk *eh
Tapi jujur sebelum itu, gue cukup apresiasi dan seneng banget kalo ngobrol
topiknya tentang ini. Gue berasa kami tidak ada batasan gen role (Man / Woman) . Sama aja nganggep manusia, anak muda yang
punya mimpi. Terima kasih kawan-kawan yang selalu seperti ini berbagi kisahnya.
--
Sebagai perempuan tentu gue punya kesadaran perbedaan apa dengan laki-laki.
Laki-laki pemimpin, pencari nafkah. Gue setuju point ini. Emang tentu kalo udah
jauh ngomongin rumah tangga gue masih percaya kalo seorang laki-laki tentu yang
akan jadi pemimpin, dan wajib mencari nafkah juga. Cuma buat statement
perempuan “Dirumah urus rumah dsb”, Apalagi yang statementnya sampe segini ”Ngapain juga cape cape kuliah kalo
ujungnya cuma dirumah”. Atau “Ngapain sih perempuan sampe ngejar karir
segitunya toh harusnya cuma dirumah”
Gue rasa buat apa adanya emansipasi wanita. Wanita (Perempuan) berhak mendapat
kesempatan yang sama, pendidikan dan karirnya juga. Tidak ada batasan soal ini,
sama sama bersaing. Sering kali juga para pimpinan direksi banyak tokoh perempuan
hebat disana.
Perkara urusan rumah tangga, gue lebih setuju konsepnya seperti “Pesawat
terbang diterbangkan oleh Pilot. Pilot butuh seorang Co-Pilot untuk membantunya
sukses menerbangkan secara selamat sampai tujuan”. Pilot kan ibaratnya
kaptennya, lalu Co-Pilot adalah wakil kaptennya. Mereka butuh bersama kan untuk
sukses menerbangkan pesawat?
Kesimpulannya adalah gue lebih setuju perlunya kerja sama antar kedua belah
pihak. Jangan cuma salah-satunya, apalagi kalo udah mulai si laki-laki selalu
memerintah “Pokoknya harus ikutin gini” tanpa mendengar pendapat dari
perempuan. Gitu.
--
Dan sebagai perempuan, gue kadang males dan agak sensitif kalo seakan-akan
hidup perempuan endingnya hanyalah “menikah”. INI UDAH SERING BANGET DIBAHAS
DARI UMUR GUE MASIH BELASAN. Belum lagi perbandingan “biasanya umur segini udah
mulai punya pacarlah, harusnya udah nikah lah” Atau apa aja yang dilakukan ada
embel-embel “Nanti kalo udah nikah .....”
Please gak semua orang bisa santai dengan ini. Gue
termasuk orang yang kurang santai dan punya pendapat sendiri, GUE BOCAH, BUCIN
BTS, KEJAR IMPIAN DULU. Wkwkwk. Belum lagi gue jujur pengen dulu merasakan traveling wonderful Indonesia dulu.
Hehehe 😊
Gue rasa ngapain lah sampe segitunya. Ada yang udah umur 30 keatas perempuan
belum nikah, diomongin. Dibilang “pilih-pilih lah, malah ngurusin hobi lah,
malah ngurusin karir lah”. Emm, gue rasa soal ini adalah perempuan endingnya
gak cuma nikah aja. Itu adalah sebuah pilihan. Kalo nemu jodoh ya nikah, gak
juga ya gamasalah. (Orientasi pada beberapa case
diluar sana *luar negeri* banyak yang memilih untuk tidak menikah karena banyak
alasan. Itu bener bener ranah pribadi)
Lagian yakin masih umur panjang? *eh
(Gue kadang suka gemes balesin beberapa bacotan tujuannya adalah supaya
mereka tau kalo gue bukan orang yang keliatannya lembut iya-iyain aja sejatinya
gue emang rada savage orangnya bisa
ngegas dan ngelawan juga wkwkwk)
-Hidupku adalah hidupku, hidupku bukan urusanmu-
-Sekian kegakjelasan gue ini-
Komentar
Posting Komentar