Lebaran dan Ramadhan
“Minal Aidzin Wal Faidzin Mohon Maaf Lahir dan Batin” karena masih bulan syawal ya ehehehe.
Disini gue bakal cerita serba-serbi yang biasanya terjadi dalam dua
momentum ini sekaligus. Ada yang bersifatnya malah terkesan sebuah keharusan,
dan ada juga hal yang bersifat awalnya gaboleh malah dibenarkan “karena udah biasanya
gini”. Hadeuh
Ramadhan, bulan yang ditunggu para kaum muslim dan muslimah. Dimana kami
perlu berpuasa sekaligus banyak kegiatan ibadah yang dijanjikan Allah SWT
berkali-kali lipat pahalanya (Aaaammiin). Keadaan sedang bekerja,
sekolah/kuliah, bekerja sambil kuliah pun diwajibkan. Kecuali orang-orang
tertentu yang tidak puasa contohnya musafir khawatir perbedaan waktu dan perjalanan panjang, ibu hamil jika dikhawatirkan bayinya
kurang kuat, dan tentu saja ada perhitungan perlu dibayar jumlah hari tidak
berpuasa nya. Gitulah kira-kira
Momentum yang biasanya dilakukan itu adalah, Buka Bersama! Banyak juga dari
mulai teman bermain, teman TK, teman SD, teman SMP, teman SMA/SMK, teman Kuliah,
rekan Kerja, teman ‘gengs’ terdekat, belum tiap sekolah kadang ikut organisasi
bahkan udah selesai sekolah pun masih ikut organisasi juga semuaaaanyyyyaaaa langsung
mewacanakan “GAES BUKBER YUK, ATUR JADWAL”
Bagus sih sebenernya adain kegiatan ini. Salah satunya mempererat
silaturahmi, agar tidak renggang begitu saja. Mungkin teman-teman yang sudah
lama tak berjumpa juga jadi berjumpa kembali di momentum ini, ya itung-itung
reuni katakan. Ini pendapat gue ya soal positifnya bukber, gue sama sekali ga bilang
kegiatan ini murni tidak positif. Dasar
Tapi nih, dengan umur gue yang sebenernya masih muda (eaa) otw 21 tahun
merasakan betul sih banyak terkadang drama-drama yang terjadi. Wajar sih, namanya
juga nyatuin orang ya susah gampang gitu. Soal drama sekedar wacana sih gue
gapeduli, tapi suka ada wacana yang bikin ya gitulah hidup udah drama makin di dramatisir.
Contoh yang gue sebut, pengennya bukber di tempat luar, yang cozy, delicious,
ngikutin orang-orang, hmm. Jadi gue mau sarkas dikit nih, ini niat
bukbernya pengen upload sosmed gitu biar kayak orang-orang, begitukah?
Gak peduli sih gue persoalan upload sosmed perseorangan, terserah yang
punya akun lah masa mau dilarang, kurang asem banget kalo gue larang.
Masalahnya karena drama ya kadang sampe ada lah gesekan si A dan si B yang
kurang nyatu, contohnya saking pengen bukber kayak orang-orang tempatnya sampe
jauh banget lah, mahal juga lah. Nah ini ujungnya sebagian jadi ada yang berpandangan
negatif sama kegiatan bukber. Ini kan tiap himpunan kawan ngajakin semua, ETDAH
BERAPA DUIT YANG PERLU DIKELUARKAN? Belum soal lokasi yang jadi persoalan, ya
jauh banget nyampe rumah jam berapa? Memang tidak melakukan hal lain gitu? Hmmm..
Soal lokasi sendiri sering banget sih jadi persoalan kalo ngomong ke bapak gue
“ngapain bukber sejauh itu coba nyari apa?” hiyaaa. Ya karena sih bagi gue
bukber sedikit dipersimple aja. Kan tujuan positifnya kumpul dan mempererat
silaturahmi. Ya itu tadi, ini semua susah gampang. Hehehe
Nah kan bukber ini berasa jadi keharusan kan? Padahal ini adalah pilihan.
Mau ikut atau gak, ya terserah perseorangannya lah. Ajang reuni pun bisa aja
sih dibulan lain, bukan saat Ramadhan aja. Hmmm.
Ujungnya beberapa orang salah satunya gue jadi liat-liat dulu gituloh soal
bukber tuh. Serius jadi males kadang, udah males duitnya padahal mau hemat *eh,
ya sudah akhirnya gue bodo amat dianggap anti sosial juga karena emang pilihan banget kegiatan bukber ini .
--
Lebaran, Hari yang suci. Sanak saudara berkumpul saling bermaaf-maafan.
Rekan-rekan via sosmed pun saling bermaaf-maafan, ya karena setiap rekan kumpul
bersama saudara masing-masing. Eh ini ada aja yang bikin gak enak, basa-basi
saudara yang gitulah. Udah banding-bandingin si A dan si B, ya padahal kan tiap
anak-anak dan manusia itu beda beda kecerdasan lah. Ada yang cerdas jadi atlit,
gabisa dibandingin sama yang cerdas di bagian matematika. Ah baru juga
maaf-maafan udah bikin pengen julid hahaha.
Bonus lagi buat gue notabene cewek, yang ya postur tubuh keliatan udah
dewasa (padahal gak tinggi amat dah gue, kayaknya muka gue yang keliatan tua
wakakaka) dari jaman gue sekolah dah inget banget suka banget basa-basi “ kapan
nikah”. Ini gue kesel dong MASIH SEKOLAH DITANYAINNYA GINI MULU SAMPE KEMAREN.
Gimana ntar gue beneran dianggap “udah cukup umur” ditanyain mulu kali ya
padahal bagi gue umur segitu masih muda banget bzzzzz. Untungnya sebelum gue
ngegas, ibu gue suka ngegas duluan “kerja dulu, gaada nikah-nikah” ahahaha
langsung kicep yang basa-basi gitu mulu. Hayoh diulang terus.
Belum ada yang basa-basi “Ih jerawatan”, “Ih gendutan” . Kenapa pada body
shamming? Belum yang “Kapan lulus?” padahal lagi pusing skripsi. “Kapan
kerja?” yang abis lulus masih pengangguran belum dapat pekerjaan. Ya gue rasa
tiap orang yang ditanyain gitu punya responnya masing-masing. Mending kalo bodoamat,
kalo sebenernya kesel malah jadi kepikiran parah ya salah satunya dibilang “gendutan”
jadi stress ngerasa salah gendut itu gimana? “Lebay” itu gabisa dilontarkan buat
orang-orang yang kepikiran dengan omongan anda. Thx
Please watch your mouth, Because we don’t know maybe your words will kill
someone
“Terus mau obrolin apa?” Gue rasa sebenernya sampe sekarang emang masih bingung
baiknya ngobrolin apa gitu. Ya karena kadang ada aja diselipin yang bikin
ngeselin, tapi lumayan sih bisa jadi ajang tes benteng diri milih mana yang cuma
bercanda mana yang beneran nanya nyebelin wakakaka.
Tapi sampe sekarang gue nemu kok yang obrolannya suka justru menambah semangat.
Nanyain kuliah semester berapa, dan “wah berapa lama lagi nih ya. Yang pinter
ya kuliahnya” Nah itu contoh basa-basi sehat bagi gue. Ada juga yang “Udah nyobain
ngelamar kerja kemana aja? Nah nanti tuh belajar menyikapi karakter orang-orang”
Wah asli ini sehat banget basa-basi model begitu.
Sekian bacotan gue yang entahlah ini ngarahnya julid atau gimana. Maapkan
wkwkwk
Komentar
Posting Komentar