Tentang Petualangan.
Dengan udah berulang kali stigma masyarakat Indonesia dan gak jarang dapet
-padahal dari sanak saudara terdekat- sebuah ucapan tentang
“perempuan juga udah sarjana ujungnya didapur ngurus rumah ngurus anak”
“perempuan nanti ikut ajalah kemana suami”
“nanti juga kamu bakal ngerasain (ngurus ribet anak kecil)”
Gue jadi bertanya. Apa akhir petualangan gue cuma sekedar itu aja?
Ketika disinggung terus menerus, rasanya kesal juga mendengarnya. Karena
bagi gue, petualangan tiap manusia itu beda-beda. Walau gue perempuan juga,
tapi dalam pandangan gue yang baru aja masuk usia 20an dan sedang santainya
hidup sendirian kesana-sini gabisa disamain hidup gue bakal gimana “kaya
perempuan lainnya”. Ah, pertanyaan dan pernyataan semua itu selalu gue tendang
jauh-jauh terlebih dulu. Untung saja, ibu salah satunya yang paham gue yang
masih bocah suka kebebasan selalu bantu menangkis kalimat pertanyaan dan
pernyataan yang membosankan itu.
--
Bagi gue, petualangan itu banyak banget jalurnya. Ada yang menyenangkan,
sekaligus memilukan juga. Petualangan tentang sekolah, petualangan tentang
menyambangi banyak tempat, petualangan memulai karir, atau yang paling penting
bagi gue adalah petualangan tentang diri sendiri.
Gak kerasa kan, kaya gimana pertemanan tiap tingkatan sekolah misal. Gue
yang memilih sekolah sejak SMP agak menjauh dari terdekat rumah (padahal SMP
sama SMA ada dong disebelah SD gue sekolah dulu wkwk). Tujuannya biar
berpetualang juga dengan beragam jenis pertemanan yang ada. Semakin jauh saat
SMK contohnya, gue juga makin berbaur dengan orang-orang beragam. Belum lagi
kalo aja mulai SMP gak coba keluar zona dekat rumah, gue kayanya gak akan
pernah mulai tau gimana jalur angkot dan jalur kesana-sini pakai
angkutan umum yang lainnya misal.
Ya walau tetep gue dapet ada aja drama yang didramatisir dari pertemanan
lah, atau drama yang lainnya, walau gue sempet sampe titik males banget waktu
SMK buat berorganisasi karena malas masuk drama ini itu lagi. Gue agak salah
juga. Padahal, itu lah yang bikin kita makin paham, berilmu. Itulah esensi dari
petualangan berteman. Ketemu banyak orang, gue rasa sebetulnya pasti ada pesan
yang bisa kita dapetin dari orang-orang yang pernah singgah menjadi teman saat masa
tertentu.
Ah iya, gue agak nyesel emang. Dampaknya sampe sekarang yang masih membekas
untuk malas masuk drama lagi dalam pertemanan baik organisasi atau lingkungan
terdekat saja
Tak lupa, ada petualang belajar ilmu pengetahuan. Gue pribadi juga pernah
merasa ya agak lumayan membaik paham pelajaran, ada juga dimana saatnya gue
masuk kelas tapi gak ngerti sama sekali lagi belajar apaan coba. Ya gitulah
wkwkwk
--
Drama tentang karir misal, orang-orang yang memulai realistis mencari uang.
Tentu mencoba berbagai kesempatan mencari pekerjaan. Gue pun pernah mengalami
seberapa sulitnya juga, terlebih gue itu manusia yang still struggling kalo
urusan ngenalin diri sendiri dan ngejelasin ini itu. Polanya nyangkut diotak,
kata-katanya gak keluar dari mulut gue. Sialan emang,
Belum pas udah keterima, wadidaw ada lagi petualangan lain yang gak
terduga. Gue sendiri aja cukup kebingungan. Gue harap disini semuanya harus
sedikit bersikap realistis ya, kalo bisa kurang-kurangi ekspektasi. Sakit ntar
:”)
Eh tau-tau bisa aja kan dalam tengah perjalanan karir, jadi melipir
kesana-sini. Taunya, jadilah lintas pekerjaan. Sebetulnya gue yakin banget sih
kalau bisa tuh ya kenapa gak gitu semua jenis pekerjaan akan dilakukan oleh
background apa aja YA SELAGI BISA.
--
Petualangan menyambangi banyak tempat, nah ini yang gue suka. Emang sih ini
ada turunan bapak yang suka kedaerah sana-sini. Jadilah gue juga tukang main.
Awal-awal dari SMK dimana kawan-kawan juga ikut bergabung main kesekitaran
Bandung dulu misal. Keterusan aja gitu saat SMK, baik weekend atau
sepulang sekolah suka aja curi-curi waktu main. Terkadang gue juga beberapa kali sendirian
pula mainnya.
Ya emang sih bersyukurnya itu, di Bandung masih banyak juga wisata alam
yang sejuk untuk melepas penat. Gue gabegitu suka sebetulnya ke Mall, lagian muter-muter
gajelas bagi gue -lagian gak banyak duit- ya buat apa kan. Wkwkwk
Perkara keluar kota sebetulnya juga gabanyak referensi gue. Paling jauh
kayaknya cuma Jogjakarta, Magelang. Itu juga udah sekitar 3 kali kesana. Boro-boro
keluar Pulau Jawa, ke Jawa Timur aja belum pernah. Ini jadi motivasi gue cari
duit juga ya biar bisa berpetualang ke banyak tempat lainnya juga dong. Bagi
gue sendiri dimulai dari Indonesia dulu, ya siapa tau ada rejeki kalau ke luar
negeri.
Oh ya, gue juga suka sih kalo ada kegiatan camping sampe naik gunung
juga. Gimana ya, makin lama gue makin paham kenapa suka tuh karena bisa
ngajarin ke diri sendiri gitu. Kaya sensasi ketika lo kecapean, tapi masih jauh
jalannya. Atau kecapean, ternyata puncaknya keliatan. Sungguh mantap didalam
jiwa. Apa ya proses menyemangati diri sendirinya itu loh.
Ada lagi, ketika camping apalagi naik gunung dan lo persiapan ala kadarnya.
Harus tau konsekuensi apa yang bakal didapat nanti. Pernah ngalamin gue, belum
waktu pendakian hujan gede selama dijalan. Alhasil jadilah nyusahin orang lain
juga ☹ . Anehnya gue menanti petualangan mendaki gunung
selanjutnya nanti. Bukan karena korban vlog kegunung yang tersebar dimedsos
aja, emang nunggu aja siapa tau bisa kegunung ini ke gunung itu.
Tapi harus nunggu ada temen dulu. Abisnya walau gue seintrovert apapun,
tetep woy gue takut juga kalo naik sendirian. Ilmu nya masih sedikit udah berani
sendirian ke gunung ☹
Suka juga kok ke laut pantai gitu. Cuma karena jarang aja sih jadi gak
terlalu keliatan. Terakhir kali ke ancol taun kemaren :v . Atau sekitar taun
2014an waktu ke pantai perbatasan Subang Indramayu. Ya karena jarang aja sih,
abisnya laut/pantai itu kan mayan jauh dari Bandung.
--
Petualangan diri sendiri, gue rasa dengan banyak aktivitas apapun yang dilakukan
lah yang akan makin membentuk diri sendiri jadi gimana. Gue harap, salah satu
cara berpetualang tentang diri sendiri adalah menunggu waktu yang tepat untuk
mulai petualangan datang ke berbagai tempat. Karena kalo sesuai sama jalur
linier jurusan gue, gue rasa agak beda. Konteksnya gue berurusan sama flow
bisnis yaitu ketemunya sama orang bisnis lagi. Ah beda lah :”)
--
Disini gue berusaha buat petualangan diri sendiri dulu lah. Gue pengen
mengumpulkan sebanyak-banyaknya cerita pengalaman gue kesana-sini dulu. Perkara
seperti yang gue tulis diawal-awal, urusan nanti mohon maaf. “Teungurus” !. Karena
bagi gue ya petualangan gue gimana gue lah mau ngapain aja ga ngikut stigma
yang ada.
Semoga kawan-kawan juga bisa sadar berpetualanglah sesuai jalurnya
masing-masing. Entah petualangan yang bagaimana ataupun sudah ke tahap “status
baru” ya silakan saja berjuang dengan jalannya sendiri. Yang penting saling respect
each other atas jalannya masing-masing. Gak perlu lah terlalu jauh ngurusin
petualangan orang lain ya.
--
Naon sih urang. Ngetik naon ieu ☹
Komentar
Posting Komentar