Keadilan sosial untuk yang good looking saja
Kontroversi sekali ini judulnya wqwqwq. Emang mau bahas opini saya dulu
tentang fenomena yang sudah mainstream dikalangan bermasyarakat terutama
di negeri kita tinggali ini.
Good looking, lebih
mengarah pada penampilan fisik yang rupawan dari seseorang. Entah gantengnya
laki-laki. Atau cantiknya perempuan. Kata orang-orang, ketika lo dianugrahi Good
looking, nyaris setengah permasalahan hidup itu akan kelar. Betulkah?
Begini. Ini mengarah miris dan memang fakta bahwa sudah sering terjadi dikalangan
bermasyarakat ini.
“Untung ganteng, gapapa deh cepet dimaapin”
“Untung cantik, gapapa deh sini biar gue aja yang ngeberesin”
“Bebas lah ganteng/cantik ini. Serah dia mau ngapain”
Nah loh siapa aja yang sering mengucapkan atau mendengar mirip-mirip gini? Banyak
banget kan?
Secara gasadar saya rasa siapapun akan naluriah begitu juga. Pada orang
yang menurutnya good looking. Bahkan saya sendiripun begitu kan, melihat
BTS idola saya misalkan keluar kocaknya atau keluar ide yang aneh-aneh bikin
ketawa “serah orang ganteng lah bebas mau ngapain aja” haduh wqwqwq
--
Tapi, apa Good looking itu mutlak? Gak juga. Saya rasa, setiap orang
punya pandangan masing-masing terhadap penilaian fisik siapapun yang dikenalinya
dan punya kriteria masing-masing untuk disebutkan Good looking atau
tidak. Relatif lah, tergantung perspektif nya perorang.
Ya mungkin kebetulan aja misal saya menilai BTS dengan kawan-kawan Army ya
tentu kita sama-sama mengiyakan “IYA MEMBER BTS GANTENG SEMUA”, bagi Army sendiri
BTS mutlak ganteng. Tapi, BTS belum tentu ganteng dimata non fans. Itu haknya menilai
seperti itu, asal jangan sampe mengata-ngatai seenak jidat jadi jatoh Body
Shamming. TERHADAP SIAPAPUN JANGAN PERNAH BODY SHAMMING!
Saya pribadi memang tak begitu bisa untuk menilai secara “eh eh itu cakep
gak?” . Bisa aja saya sendirian yang bilang si A ganteng. Walau kadang bisa aja
kebetulan opini “ganteng” dari saya diverifikasi orang sekitar. Ya karena,
seharusnya setiap manusia itu memang good looking hanya tergantung
diliat oleh siapa dan dari sudut pandang mana melihat sisi manusia itu.
Saya pribadi menilai beberapa Youtuber favorite (kebetulan suka yang konten
trip traveling gitu pendakian gunung atau apalah) dimana cowok semua isinya
saya bilang semuanya ganteng. Tapi, apa teman-teman sekitar saya bilang hal
yang sama? Belum tentu.
Dan saya rasa juga, gak bisa sama-sama harus memverifikasi si A si B itu ganteng/cantik
oleh semua orang. Itu tadi, relatif.
--
Terus benarkah good looking akan membantu setengah permasalahan hidup?
Ya mungkin tergantung bidangnya apa dulu. Misal yang bisa ambil contoh kalau
menjurus bekerja di dunia modeling, marketing. Nah ini ada alasan tersendiri
yang cukup dimaklumi. Balik lagi naluri manusia akan auto fokus pada hal yang “menarik”
dan akhirnya mulai kepo dengan produk yang melekat pada model tersebut
misal.
Tapi apa dibidang lain juga iya? Dengan cukup miris memang masih kebanyakan
begini juga. Mungkin kawan-kawan beberapa kali sering melihat, orang yang “cakep”
akan lebih didahulukan untuk meniti karier lebih misal. Atau orang yang “cakep”
kalo meminta bantuan walaupun itu menyusahkan tetap dibela-belain sampe titik
darah penghabisan misal. Hadeuh ☹
Contoh singkat juga dari kalangan selebriti deh. Seorang aktor yang idaman
para wanita di Indonesia, kena kasus komentarnya banyak “tetap semangat ya sayang”.
Satu aktor yang emang sih agak kurang terkenal terkena kasus yang serupa
komentarnya kebanyakan “oalah pantes, masuk penjara aja sana” GILA BEDA BANGET
RESPONNYA ☹
--
Ada gak kerugian dari good looking? gatau ya ini saya sedikit pernah
mendengar permasalahan orang “good looking” salah satu kerabat dekat
saya. Dia bilang, kasusnya misal banyak yang naksir sama dia. Tapi jatohnya
orang-orang yang tertuju padanya gak lain jadi ngeganggu privasi gitu. Orang-orang
itu unik kan cara menarik perhatian, cukup banyak yang kasusnya sampe ngeganggu
privasi gitu. Modelannya yang sering chat gak penting amat sampe saat
sibuk pun terus digangguin. Akhirnya kan jadi risih.
Hey siapa nih yang begitu amat buat usaha narik perhatian crushmu?
*eh
--
Buat yang insecure karena merasa tidak good looking, hey
ayolah mari sama-sama kita patahkan good looking yang kebanyakan
orang-orang (harus) sama kriterianya. Nih biasanya manusia-manusia kriterianya “Putih
Tinggi” dah sana naksir bihun aja :v
Manusia diciptakan punya keunikan masing-masing, dan keunikan itu lah jadi
pesona tersendiri yang memancar untuk “good looking” terhadap dirinya
sendiri. 😊
Salam
Emang bener si ya kalo liat di masyarakat, cantik/ganteng pasti lebih dimaklumi ketika berbuat salah hahaha. Miris bgt
BalasHapusmiris dan sedih secara bersamaan. kapan bisa bebas dari lingkungan toxic macam itu :")
Hapus