Cancel culture
Sudah lama tidak menulis, baiklah mari mulai menulis lagi
Mau bahas pendapat
soal cancel culture, kalo pemahaman dari saya sih begini simpelnya.
Misalkan ada orang si A kemudian dia melakukan kesalahan fatal yang menyebabkan
banyak orang lain kecewa karena perbuatan si A. Ya namanya orang kalo udah
terlanjur kesel emang suka gak logis buat ambil keputusan, tau-tau langsung
“udah lah gua
gabakal percaya lagi sama A”
“udah gausah kasih
panggung buat si A”
Ya mungkin masih
mending kalo ketika udah gasuka sama si A yaudah tinggalin aja si A, udah
gapeduli si A mau ngapain aja dimasa depan itu juga gak masalah, ini malah hate
comment dan debat negatif dulu sama si A. Hmm
--
Kasusnya akan saya
coba bawa dari twitter aja ya, karena saya lebih sering berselancar disana
juga. Kalau Instagram pun hanya saya jadikan ladang pamer semata *eh (maksudnya
foto-foto hasil jepretan abis dari mana misal wkwkwk).
Jadi, di twitter
itu kan ada batas pengguna sebetulnya. Kalau gak salah, minimal umur 13 tahun.
Tapi namanya manusia apalagi aplikasi waktu daftar kan bisa aja submit
yang palsu. Misal kamu kelahiran tahun 2008, waktu daftar bisa aja jadi tahun
2004 biar lolos bikin akun twitter. Wkwkwkwk
Nah saya asumsikan
ada alasan tersendiri kenapa minimal umur 13 tahun. Saya rasa kali ini pengguna
twitter sangatlah the real personality of user cukup realistis juga
kalau debat. Dan bagi saya, cukup serem juga sih. Kamu salah dikit, kadang
langsung main spill kasih tau ke orang-orang “oi si akun abc nih abis
begini nih”. Dari situ “si abc” langsung aja di jauhin, di unfoll, atau di block.
Hmmm
--
Saya kupas satu
persatu. Dari mulai seseorang yang melakukan kesalahan, sepakat dong kalau
manusia memang gudangnya kesalahan. Maksud saya, wajar jika seseorang salah
sesekali. Baiknya? Ya diingatkan dengan cara yang baik juga. Biasanya seseorang
itu juga ada kok dengan faktor ketidaktauan dia lah yang menyebabkan dirinya
salah tindakan. Saya ambil contoh kasus : mentertawakan sesuatu yang sebetulnya
tidak bisa dianggap bercanda. Hehe
Notes lagi nih, kalau
dalam posisi yang hendak mengingatkan kawan yang salah juga liat lagi pada diri
sendiri. Lagi emosi gak? Baiknya kalo lagi emosi gak usah ngomong sih. Bukannya
benar tindakan mengingatkan, tapi nanti jadi balik lagi diri sendiri melakukan
tindak hate comment. Api diaduin sama Api. Bahaya bos.
Apalagi tindak
dikit-dikit langsung spill, ini lumayan bahaya bagi saya. Kalau ternyata
“si abc” baru saja melakukan kesalahan dan memang tidak ada yang mengingatkan
terlebih dulu, atau tidak ada diskusi terlebih dulu dengan pihak lain. Saya
rasa ini akan menimbulkan pertengkaran baru juga. Tidak dipungkiri, kekuatan netizen
sangat tidak bisa dikendalikan tentu pasti banyak sekali komentar yang beragam
sampai menyakitkan ”si abc”. Baik yang diingatkan personal kalau jatuhnya hate
comment atau ini yang menggiring publik buat langsung nyerang “si abc”.
Pasti dong, “si abc” akan ada rasa ketakutan. Mentalnya bisa “sakit”.
Nah gimana kalau
ternyata “si abc” ini emang tukang cari masalah? Baiklah mari kita bahas
diselanjutnya
--
Wajar banget
orang-orang suka dan tidak suka terhadap sesuatu. Itu hak orang kok. Baiknya itu
balik kepada pribadi masing-masing untuk menyikapinya. Kalau kasus di twitter
udah sering denger pasti dengan istilah report and block. Tujuannya,
melaporkan tindak kesalahan dan blokir akunnya agar akun dia gak muncul di Timeline
kita, dan akun dia gak bakal bisa liat akun kita. Gitu
Ini menurut saya
tindakan yang lumayan, setelah Report and Block itu tadi yaudah tinggalin
aja “si akun itu”. Kamu marah-marah juga kan mungkin hanya diakun
masing-masing. Gak langsung direct ke yang bersangkutan. Sekali lagi,
ini hak tiap orang kok. Hehehe
Ini juga berlaku
bagi “si abc” yang tukang cari masalah. Maksudnya gimana?
Jadi, setelah
kesalahan “si abc”. Contohlah ya misal platform t1kt0k yang justru lumayan
banyak si pengguna dengan konten halusinasi berlebihan (sampe kategori
melecehkan sih bagi saya). Diingetin malah
“Emangnya gak boleh?
Kan ini konten doang ah elah baperan amat”
“Suka-suka gue yang
halu gue kok yang repot lo”
Ini sih saya juga
udah keburu kesel bacanya, dia yang salah DIA YANG NGOTOT WKWKWK. Biasanya,
kategori orang begitu yang dikasih tau malah ngotot merasa benar memang
orang-orang yang sudah keras dan batu banget lah. Kena di spill dan
banyak yang hate comment aja dia
cuek. Yang lebih parah lagi? Dia playing victim udah dengan sifat batu
begitu, merasa pura-pura
“aku jadi sakit
mental gini parah karena kata-kata kalian”.
Mau dibalikin lagi
nih dengan kekuatan netizen
“Suruh siapa udah
dikasih tau baik-baik jadi ngotot sendiri merasa benar”
Bagi opini saya,
menurut saya ini harus bicara soal rasional. Ya oke kalau kasus kesalahan yang
bersangkutan memang karena ketidak tahuan, dan mengaku salah karena sudah
diingatkan. Karena, biasanya sih saya lihat yang memang batu banget waktu
dikasih tau itu sebetulnya dia udah tau, udah pernah dengar lah. Cuma
ngebalikin membenarkan tindakan dia gitu lah, jadi bodo amat sama faktanya.
Atau yang bagi saya
lebih parah lagi, dia mengatas namakan “berpendidikan” dan punya “kekuatan
tersendiri” tapi dengan tidak mawas dirinya hasil pendidikan dia saat menyikapi
kesalahan dirinya sendiri jadi ngelawan orang lain, yang bahkan tidak sebanding
dengan “kekuatan dia” dan sangat tidak rasional perbandingannya. Ya demi
memenangi kebutuhan egonya sendiri. Ini pernah kejadian loh pasti tau lah para influencer
apalah yang saya juga heran “dia kenapa jadi terkenal emang karyanya apaan?” *eh
Tapi emang bener
sih, cukup report and block dengan masuk kategori cancel langsung
tinggalin aja yang emang tukang bermasalah. Gak usah dibahas hate comment
sana sini. Apa tidak cape emosi terus? . Apalagi nih ya, biasanya kalo sering
dibahas, tukang bermasalah inilah jadi kesenengan sendiri karena dibicarakan
dimana-mana. Makin terkenal dia. Halahhh ☹
--
Terakhir, saya
sedikit menyinggung. Orang-orang bebas kan ya masih mengikuti para influencer
tertentu dengan haknya masing-masing atas alasan tersendiri. Ketika si influencer
itu melakukan kesalahan, atau memang dari awal ada kurang enak di mata orang
lain, ya yaudah biarin
Orang-orang kan
beda ya kesukaannya. Saya juga sangat tidak keberatan misal kawan saya jujur
tidak suka dengan seseorang yang saya sukai secara objektif. Tapi saya kurang
enak bacanya kalau ada yang begini
“Kenapa ya banyak
orang yang suka sama si influencer itu?”
Apalagi kalau ada
yang begini
“Ini buat yang
masih follow si influencer ini gue block ya”
Menurut saya,
memang ini balik lagi pada hak masing-masing. Tapi, saya rasa aneh juga kaya
kok yang follow juga ikut kena cancel, apalagi memang karena dia
tidak suka secara objektif aja bukan karena si akun ini emang tukang
bermasalah. Haduh-haduh emang unik ya manusia
--
Kesimpulan, saya
rasa cancel culture ini adalah hak masing-masing dan tergantung case nya
juga gimana. Emang agak negatif aja sih kesannya. Tapi ini demi kedamaian
masing-masing aja kan ya. Saya pribadi menilai yang akan kena dalam list cancel
adalah : yang sering hate speech kemana-mana tanpa kejelasan, memang
berulang kali bermasalah dan merasa paling benar atas tindakannya, menyinggung
RASIS, dan melukai tentang kemanusiaan
Sekian, dan mohon
maaf salah-salah kata dalam penyampaian opini kali ini. Hehe
Komentar
Posting Komentar