Realistis
Saatnya kembali mengisi kekosongan menulis yang dimana aduh kelewat terus hehe
Setelah perdebatan
nonton drama korea yang berjudul “Start Up” tiba-tiba kepikiran buat nulis
begini. Ya biasa lah ketika harusnya lebih ke fokus coba cari nilai yang bisa
dipetik dari drakor tersebut malah ributin main lead vs second lead HADUH
WKWKWK
Nah bagi saya, di
drama tersebut ada sebuah kata yang terlintas dan sering kali kadang kita
lupakan begitu saja. “Realistis”.
--
Realistis adalah
bersifat nyata, singkatnya kata KBBI. Sesuatu yang bisa dibilang pasti-pasti
aja dalam segala aspek kehidupan manusia. Ketika kamu dengan status pelajar realitanya
ya kamu memang harus melakukan kegiatan belajar, menuntaskan segala ujian dan tugas-tugas
(yang kadang gak ada akhlak). Udah itu realita. Ketika kamu dengan status
pekerja ya realitanya kamu memang bekerja disuatu perusahaan di gaji setiap
bulan misal untuk melakukan pekerjaan a, b, c.
Realistis ketika “yaudah
karena gua pelajar ya emang beneran harus ngelewatin segala sesuatu kegiatan
dalam pembelajaran”
Realistis ketika “yaudah
gua pekerja harus cerdas aja dulu semaksimal diri buat ngerjain pekerjaan a,b,c”
--
Realistis karena berdasarkan
banyak fakta yang tersurat yang tersirat. Realistis karena menimbang-menimbang
dulu atas pilihan untuk langkah menghadapi kehidupan. Realistis itu biasanya
ngebentuk sebuah benteng personal yang bisa dibilang “prinsip hidup” misal.
Seperti prinsip gak
pengen terlalu baik sama orang lain. Prinsip gak mau minjemin duit ke siapapun.
Prinsip “lo santuy gua juga santuy, lo nyari ribut gua ributin balik” juga.
Semua prinsip-prinsip itu gak salah aslinya. Memang kesannya berasa jahat
banget gak sih HAHAHA tapi mungkin prinsip tersebut sudah terbangun ya karena
ada fakta kejadian, ada realita yang kejadian entah seliwer saja atau dengan
mata kepala sendiri keliatan banget.
Terkadang dengan
bersikap realistis tuh ada aja sih pasti yang nganggep jahat. Tapi balik lagi
ke fakta bahwa ya manusia itu wajar aja bangun proteksi diri sendiri biar
dirinya gak terluka. Biar dirinya gak terperosok lebih dalem.
Pepatah mengatakan “Kadang
seseorang itu bisa jadi karakter antagonis di cerita orang lain” tuh memang
bener adanya sih.
--
Mau ngebahas dikit
tentang masalah drama sih. Iya itu masih on going, dan saya sejauh ini
suka-suka aja serius sama tuh drama. Kaya penggambaran karakternya tuh bisa
dibilang cukup realistis sih -dari kacamata orang awam-
Kenapa bisa sampe
ada pergeludan dengan tim main lead versus second lead
kita ambil kasusnya. Ini main leadnya yang polos dan masih ada kelabilan, masih
merintis kehidupan yang lebih baik misal. Eh si andai dihujat ternyata
HAHAHAHAHA
Bahas dulu main
leadnya, sah-sah aja sih kamu kesel sama karakter tersebut. Cuma please
watch your mouth sih aslinya plis ini mah. Mungkin dugaan saya ini ya,
apakah karakter main leadnya ini adalah para penonton? Maksudnya sebagai
gambaran realistis anak muda yang merintis kehidupan lebih baik dengan bangun
karakter dalam dirinya itu pasti ya tidak mulus dong jalan ceritanya.
Kaya kata-kata “cengeng
banget sih” juga sebenernya balik lagi ke realita bahwa “memang ada yang salah
dengan menangis?”
Buat karakter second
lead. Wah ini diagung-agungkan juga. Balik ke ya gasalah dong untuk suka
sama karakter tertentu. Menjadi idaman “wah dia tuh udah cerdas, tampan, mapan,
bertanggung jawab jadi mentor”. Iya yang begitu tuh ada serius. Seseorang
dengan valuenya lebih -bahkan nyaris sempurna- tuh ada banget. Dan jadi
realistis juga ketika para wanita khususnya mendambakan karakter tersebut,
karena biasanya ngehalu tuh enak banget kalo ngedambain yang positif-positif
aja HAHAHA
Tapi, kan karakter second
lead nya juga bisa sampai dititik tersebut udah banyak melewati kejadian
pelik juga. Dia bisa kebangun karakter itu karena kan ceritanya udah melewati
banyak hal. Bahkan sampe menjadi mentor yang dikenal “pedes omongannya” karena
sebetulnya ngomong secara realistis kan. Kalo soal realistis untuk ngehalu,
mari kita hapus kata “halu” nya dan balikin kedalam fakta “memangnya setara
gitu kalo bersanding sama modelan nyaris sempurna gitu?” *eh
Tapi balik lagi, ambil
hikmahnya saudara-saudara. Karakter Main leadnya juga segitu udah jadi
perwakilan anak muda pada umumnya. Menurut saya banyak hal lain sebetulnya yang
bisa diambil, ya kalo gak ceritanya sejahat itu bukan drama korea namanya *eh
Yaudah sekian aja
tulisan gajelas ini tentang realistis. Gak ada yang salah menjadi realistis
gais, dan menurut saya bagus aja dong buat mengikuti kata logika dibanding
perasaan untuk sesuatu yang harusnya gak di geludin. Contohnya kasus drakor
tersebut. Muehehehe
Komentar
Posting Komentar