1 years as Developer
Tepat gue udah menjalani
selama satu tahun debut menjadi seorang developer. Gak nyangka, gak kerasa aja.
Banyak hal pembelajaran bagi diri gue sendiri yang membawa arti perubahan dalam
diri gue, ya walau baru soal tentang kesabaran misal. Kebanyakan diisi dengan
waktu yang parallel, belajar koding walau perlahan iya, dan belajar tentang
society iya.
Back
to My First Time still looking for job, gue yang sempet gak yakin nerusin lagi
jadi developer (Jurusan di SMK adalah RPL ya menulis program). Jelas lah gue
waktu SMK kebanyakan kebawa main terus, ya emang sih ada nyeselnya (hahaha :v)
tapi disisi lain kapan lagi gue akan mendapat momen masih suasana seneng
main-main coba ya. Umur legal aja belum kan waktu sekolah tuh. Makanya akhir tugas
aja bergantung dengan si kaum pintar, nampilin bugs didepan penguji. Gak tau
solvenya gimana. Luar biasa gue saat masa sekolah. Sekiranya saat itu, gue menganggap kurang
buat lolos nerusin jadi developer.
Gue
yang pernah mencoba cari “Lo mau kerja jadi apa Di?”. Gue yang pernah tergiur
teman ikut bekerja dengan mereka yang ekspektasi salary sangat lumayan buat
kebutuhan fangirl gue *eh . Tapi dengan kerjaan yang jauh dari yang gue mau
(plus gak bakal diijinin ortu juga).
Gue niat kerja dulu
karena mindset gue pribadi adalah : udah cukup gue mainnya waktu sekolah. Hey
lo anak muda produktifkan waktu untuk menjadi anak muda yang mandiri.
Setidaknya niat , nekat , dan usaha dulu. Gue yang memaksakan waktu untuk kerja
dan kuliah (as expected from first time) sekarang. Demi hidup gue pribadi yang
lebih mandiri. Ya walau hakikatnya anak muda emang seneng main juga. Tapi kan
sesi waktunya aja beda. Lebih jarang kalo memilih untuk kerja sambil kuliah.
Gue yang cerita awalnya
bisa kerja ditempat sekarang karena iseng buka website pencarian kerja gitu.
Rekomendasi sodara, dan gue langsung coba. Gue gak nyangka aja kerja ditempat
sekarang itu. Karena, gue waktu apply lamaran kerja presentase kalo gue ngirim
ke 10 tempat, maka 9 tempat gue kirim ke perusahaan Jakarta dan 1 perusahaan
Bandung dan Cuma tau jenis kerjaan kalo gak Admin ya Developer. Ceritanya gue
mikir ingin di Jakarta biar deket kalo ada oppa datang ke Indo (elahhhh). Gue
yang mikir bisa jadi di Jakarta, eh ternyata, 1 dari 10 sisanya yang Jakarta itulah
yang paling cepet ngasih kabar ke gue. Langsung email dan nelpon. Googling dulu
perusahaannya (ini yang di Bandung), dan gue coba ikut tesnya.
Testnya seinget gue ada
tertulis materi dasar pemrograman, terus psikotes. Belum lagi yang di
Interviewnya. Dimana gue agak gagap kalo soal ditanya tanya gitulah. Dan lanjut
beberapa hari kemudian gue interview lagi di Kantor developmentnya (katakanlah
kantor pusat). Kesan pertama gue polos aja dateng gitu liat sekeliling. Jelas
banyak cowoknya, (jarang loh female dev itu). Disambut interview dengan koko
sipit Chinese yang waktu itu lupa namanya. Tetaplah gue menjadi bocah gagap,
belum lagi sempet datang seseorang agak serem bagi gue saat itu. Mental down,
udah ngerasa bakal gagal dan saat itu udah siap map coklat apply ke tempat lain
wahahaha. Eh ternyata alhamdulillah diterima. Dan.. welcome to the world.
Training dulu nih gue
selama 2 minggu. Gue benar benar memulihkan ingatan koding kurang lebih 8 bulan
tidak menyentuh koding karena masa kelamaan milih mau gimana kedepannya. Gue
yang “Bismillah coba aja dulu jadi Developer”. Menjalani hari pertama-tama
bekerja yang gue udah kalut duluan cuma bisa diem gatau mau mulai bercengkrama
dengan sekitar dari mana. Tapi alhamdulillahnya, lingkungan sekitar suka ngajak
ngobrol ringan. Gue yang sadar perlu ngobrol bentar sama sekitar perlahan. Oh
ya, koko sipit Chinese yang sempet gue lupain namanya waktu Interview (hahaha)
adalah Pak COO gue. Jelas sekarang ingat namanya muehehe.
Masuklah gue ke project.
Yang berkaitan dengan sedikit kebisaan gue waktu SMK. Yang Berusaha ngejar lagi
ketertinggalan “lupa laginya” source code yang pernah waktu SMK. Langsung
berhadapan dengan klien. Yang beliau serba mau gimana, gue estimasi (ngasal
banget) gitu dan gue kerjain. Gue yang
harus terbiasa calling entah via skype atau telpon biasa (gue ada masalah sama
pendengaran lewat media seperti itu). Gue yang ngerasa udah sendiri, bingung
mau nanya kesiapa, mau nanya takut ganggu. Secara gue yang masih kaku dan gak
tau cara akrab itu kaya gimana(sejujurnya masih kaku sampe sekarang). Gue yang
sekali nanya mencoba pasang topeng “sok biasa” padahal mah pikiran gue itu
“kang sorry ya ganggu dan aku kurang asem sekali ganggunya”. Gue yang posisinya
cukup NEWBIE dituntun sosok
“Ahjussi” dengan kiat kiat cerita pengalaman beliau dan segala motivasi, saran,
dan kritikan langsung dari beliau yang bantu gue bisa lebih percaya diri walau
sedikit aja. Bahkan gue pernah curhat sama “Ahjussi”ini pula lewat Chat
Whatsapp. Masih disimpen chatnya sampe sekarang, tersimpan paling bawah. :3
Menurut gue saat itu
cukup kewalahan. Pengalaman yang langsung to the point dengan klien (ya ada sih
yang bantu soal manajemennya). Pengalaman yang pernah ngebawa gue dapet kisah
perjalanan dinas keluar kota. Memilih lebih nyaman pake mobil tua nya bapak
sendiri dari pada pake mobil kantor pas berangkat ke Jakarta (mobil jaman now
yang cukup sempit sebetulnya *eh). “Katro”nya gue masuk gedung pencakar langit
Jakarta, Ngakaknya bulak balik cuma nyari lift mana yang perlu gue naikin untuk
menuju kantor klien hahaha. Alhamdulillahnya gue dikasih harga makanan kelas
50k-an (weh gue beli sendiri pasti mikir mikir 4 kali dulu haha). “Katro”nya
gue difasilitasi hotel mewah karena perlu stay 2 hari disana (please seumur
umur gue belum pernah masuk hotel semacam itu), dengan gue bisa liat view yang
oke ala Malam dan Paginya Jakarta suka bulak balik liat ke jendela, dan juga
baru tau cara kerja contoh buat matiin lampu supaya gue bisa tidur hahaha.
Nekatnya gue yang mau
pulang naik kereta walau jadwalnya jam setengah 12 malem (kalo ini ada problem
sedikit tentang …. Begitulah. Muehehe). Untung ada sodara, nginep dulu
sementara nunggu jadwal dan gue ikutan tidur bentar. Kebetulan waktu itu ada
acara takbir menyambut Ramadhan gitu. Jadinya gue sempet diajak nongkrong malem
dulu disana. Terus dianterin ke Gambir, dengan suasana waktu pulang kereta ber
AC kedinginan antara tidur dan gak tidur gitulah. Lalu ditungguin Bapak jam 3
subuh di Bandung. Jam 08:00-an gue udah masuk kantor lagi di Bandung. Wkwkwk
Pilihan pulang yang
cukup riskan dan bikin was was banyak pihak. Tapi itulah gue, sebetulnya cukup
kalem dengan keadaan perjalanan sejauh apapun. Semalam apapun. Se-sendirian
gimanapun. Itulah kesan perjalanan yang gue mau. Bahkan gue suka bikin planning
untuk mencoba hal “greget” baru yang lainnya. Wkwkwkwk.
Soal pekerjaan di kantor
juga tipikalnya cukup nyantai.
Maksudnya, gaada aturan yang gimana gitu. Pakaian aja yang penting pake baju,
dan celana panjang. Jam kerja aja gak terlalu ketat masuk jam sekian keluar jam
sekian. Ada aturan, maksimal paling telat jam berapa, dan terhitung setelah
masuk 9 jam (8 jam kerja dan 1 jam istirahat) boleh pulangnya gitu). Ga ada
istilah kaya aturan di sekolah dulu sepatu gimana, buat cowok rambutnya gimana,
celana panjangnya gimana, wkwkwk asli sama sekali gaada begituan. Iya, karena
kerjaan IT Software aja boro boro deh mikirin penampilan. Hehehe.
Gue baru pertama kali
dapet real kerja gini, alhamdulillah gue dapet pak bos yang super baik bagi
gue. Dua duanya orang Non Islam plus keturunan Chinese. Dengan perbandingan
cerita dari Bapak gue yang amat berbeda karakter pak bosnya, jelas gue patut
bersyukur pake banget. Belum lagi kalo ngobrol santainya aja pake sautan “Lo
Gue”. Jelas beda kalo di kantor penuh aturan macem kantor kedinasan.
Lanjutlah perjalanan
project baru. Karena yang sebelumnya disudahi. Inilah cukup kabar gembira saat
itu bagi gue, karena gue bekerja TEAM.
Jelas banyak orang yang ikut ngerjain ini. Iya, sampe 10 orang waktu itu untuk
Role pekerjaan sebagai “Back End Dev” wahahaha. Belum yang lain-lain. Rumor yang bilang ini project SANGAT BESAR.
Dengan teknologi yang gue gak tau itu cara kerjanya gimana. Iyain aja, kaya
sebelumnya dalam titik gue sampe gak percaya sama diri sendiri gue cuma bisa
bilang ke diri sendiri “Udah tabrakin aja selanjutnya”.
Momen yang gue gabakal
lupa, ngebut 2 hari training teknologi baru. Gue yang notabenenya bocah gak
pinter amat. Dengan pengalaman project sebelumnya yang pasti jauh sama
teknologi yang waktu itu gue pelajari, Gue jelas ketar ketir. Istilahnya ngulik
juga, tetep aja gue sangat amat bingung mau ngulik dari mana. Dengan 2 orang
“seonbae” gue yang udah berpengalaman dari gue, waktu itu training barengnya.
Jelas seonbae gue ini lebih pinter, dan gue berpegang nanya nanya ke
“seonbae-deul” ini. Wahahaha. Pertama kalinya gue merasa, amat bego. Seperti
kerja sama sekali cukup belum kebayang gue ini sebenernya ngerjain bentuk yang
kaya gimana udahnya. Sedih, sulit :’(
Baru kali ini juga gue
merasa amat sangat bingung, belajar ngulik dari mana. Jelas dikasih tau search
nya dimana, beberapa dokumen belajarnya juga dikasih. Tapi tetep aja gue masih
bingung. Dengan sekaligus sambil numpuknya task list amat membingungkan bagi
gue, ditambah timing nya gue masuk kuliah kelas karyawan. Oh ini sangat ketar –
ketir. Gilanya gue baru mulai paham walau 30% doang yang gue kerjain itu
bentuknya kaya gimana sekitar berbulan-bulan kemudian dan bantuan 1 “seonbae”
baru yang sabar banget ngajarin gue juga hahaha.
Belum lagi dengan cerita
klien yang berbeda beda karakter dan LEBIH SAKLEK soal ekspektasi beliau beliau
yang bikin team ingin mengumpat. Udah gue kelabakan teknologi baru yang dipake,
plus waktu yang gila-gila-an. -_-
Gregetnya yang timing
nya dengan kuliah . Untung minimal kehadiran sebelum UTS/UAS itu 5 kali, maka gue hanya patokan bisa masuk
doang walau berapa menit sesuai aturan dosen bersangkutan aja gue udah amat
sangat bersyukur. Ini hebat, kelabakan atur waktu nyeimbangin keduanya. Gue
juga berharap kuliah bukan cuma setor absen doang, Setidaknya beberapa ilmu ada
yang gue serap. Ini baru pertengahan semester 1. Udah ketar ketir pasrah duluan
aja hasilnya kaya gimana. Gue cuma berharap dan maksimalin langkah apa yang
udah gue ambil sekarang. Makin keambil waktu istirahat, palingan kena-nya di
hari Sabtu gue full in plus tidur siang. Biasa, 70 % tidur dan 30 % Bertahan
hidup gitulah :v .
Soal
di kantor, alhamdulillah gue merasa sedikit ada perubahan. Dari yang polos dan pendiam
di kantor dan jelas masih bermasalah dengan ngobrol sama cewe-cewe , kemudian
gue berubah bisa lebih masuk obrolan dengan beberapa karyawan cewek lainnya.
Haha hihi nya, sampe ikutan tau ilmu ala-ala beauty classnya. Gue yang pernah
disuruh pake sejenis liptint gitu HAHAHA (seorang gue sama sekali gatau cara
make gituan :v). Belum lagi saling curhat pengalamannya. Lumayan seru sih, tapi
back to my basic gue lebih tetep gabisa se cerewet yang lainnya. Hehehe.
Soal
akang-akang yang lainnya, apalagi yang se team sama gue, alhamdulillah gue udah
mulai juga ikut masuk obrolannya. Obrolan receh mereka pun gue ikut iya-iyain
aja. Dengan sering jadi korban bully nya mereka yang gue tau itu sih emang cuma
iseng doang (sedikit mengarah ke hal ngeres LOL -_-). Apalagi kalo udah sore
dan para akang satu dan akang yang lainnya udah masuk obrolan kaya gitu. AKU
KUDU KUAT GAES -_- . Ada juga beberapa akang akang yang baik suka saling ngasih
mirip curhatan dan ngedengerin gue curhat juga. Curhat tentang koding iya,
curhat tentang pengalaman mereka juga iya. Apalagi kalo udah ada yang ngasih
saran ke gue, itu gue seneng banget. Berasa anak kecil diberi pencerahan sama
yang lebih berpengalaman gitu. Hihi ^^ (Fyi, no baper baper sangkut pautin sama
percintaan. Bocah ini lebih menjadikan Oppa Jungkook menjadi tipe idealnya
sekarang :v)
Gue
yang dari awal masuk udah kena gosip di couple-couplein sama akang ini dan itu
(sampe sekarang suka masih gitu guys) UDAH KEBAL. Belum lagi beberapa seonbae
gue yang suka iseng gombal, WKWKWK . Toh cuma keisengan belaka. Kadang
hal kocak yang kaya gitu yang bikin gue suka lupa lagi ada masalah entah kepribadian,
labilnya atau pusingnya atur mengatur kehidupan gue sendiri ketika gue lagi ada
di kantor.
Gue, tetap menjadi seorang
yang masih pendiam, masih kaku, masih bingung juga. Gue yang harus benar benar
berusaha kejar ketertinggalan gue dengan basic otak gak pinter pinter amat. Gue
yang masih gangguin seonbae gue buat nanyain gimana caranya ngerjain ini dan
itu task gue. Gue sekarang cuma tau yaudah gue jalani sekarang gue jadi Developer,
dilanjutkan juga. Gue makin kesini berusaha untuk menerima kenyataan, disisi
lain gue tetep punya arahan gue mau kemana. Tapi soal proses arahan itulah yang
lebih gue perlu menikmatinya.
Belum
lagi soal cape dan merasa gak kuatnya kerja. Udah berapa kali gue mikir “pengen
jadi ini itulah” yang saat mikir gue lagi emosi jiwa. Pengen kesel ngelempar
amarah gue, akhirnya kena ke diri sendiri lagi ☹, bahkan pernah sampe drop di kantor lagi -_- . Gue Cuma
tau, kunci sabar menghadapi semua
tantangan kedepannya. Kunci yang kalo bisa
gaboleh dendam sama orang yang bikin emosi gila gilaan sama kita (contoh dendam sama klien).
Walau sekedar kalimat, nyatanya susah juga buat dilakuin.
Semangat
buat selanjutnya, semangat pula buat ngadepin rintangan yang lebih greget
selanjutnya.
Selamat Di, lo udah menjalani 1 tahun
debutnya jadi Developer. Gak ada mimpi yang gak mungkin , kalo lo berjuang
untuk ngedapetinnya. Tapi inget juga, gimanapun hasilnya harus dipasrahkan akhirnya
Komentar
Posting Komentar