Dibalik “Introvert”
Bagi
orang umum melihat pandangan kepada orang “Introvert” adalah sosok yang
pendiam, tidak terlalu banyak omong, cenderung pemalu, freak, ah pokoknya yang
menggambarkan betapa asyiknya golongan kaum ini. Iya, gue juga salah satunya.
Ah, pokoknya orang yang kenal sama gue itu pasti bilang salah satu dari yang
gue deskripsiin diawal “itu lu banget di”.
Dibilangnya
susah bersosialisasi. Iya sih, gue pun mengalami itu. Udah sering juga. Tapi
bukan anti sosial juga, bukan berarti gimana dengan nethink duluan. Kami, atau
tepatnya gue sendiri pun kalo diawal suasana baru dengan orang yang gabisa basa
basi, jelas gak bisa mendahului pembicaraan. Kalo ada topik pun, jatohnya gue
cerita ke gajelasan gue ini. Gue juga masih sedikit menutupi beberapa sisi gue
sepertinya. Kan masih pasang dinding dulu lah istilahnya, tapi kami mau
berteman kok.
Nah
ceritanya udah kenalan, udah mulai akrab, udah mulai cukup lama bekerja sama
(contohlah gue yang udah 1 taun lebih kerja di kantor ini). Pasti sisi seorang
introvert lama lama kebuka dikit. Maksudnya lebih terbuka, lebih bisa ngerasain
suasana bersosialisasi lebih longgar. Gak kaya awal , pasti diawal ngerasa
kikuk, kaku dan pasti ngomong aja disopan-sopanin abis.
Gue
juga yang awalnya cenderung flat face dan diem aja mau digangguin agak kaya
gimanapun, sekarang mulai bisa lebih terima dan bereaksi spontan tergantung
suasana canda yang ada. Gue masih tetep sopan biasa apalagi sama “seonbae-deul”
gue yang jauh umur dan pengalamannya sama gue. Tapi gue sekarang udah mulai
bisa ngebales candaan yang mirip ngeledek gue atau apalah namanya, ke seonbae
gue pun misal. Gue pun kemungkinan mulai menjadi “evil maknae line”. Wkwkwkwk.
Sekarang
juga kesannya gue bisa dengan mudahnya minta bantuan dengan sedikit kurang
sopan bagi gue. Emang sih gue cukup khawatir, rasa gak enakan gue masih ada.
Jelas lah karena target gue adalah para “seonbae-deul”. Nyatanya, ya santai aja
keliatannya. Ah sudahlah, maafkan saja gue ini kalo kurang sopan ya >,<
Cukup
susah buat gue untuk bisa perlahan berubah kaya gini, terlebih dengan sifat
yang cenderung pendiam. Serius deh, gue bukan ngaku-ngaku. Orang yang kenal gue
pasti nilai gue gitu, bahkan udah berapa kasus teman mengaku “Ih gue mah
pendiem kaya Dian”. Bahkan gue ngerasa mulai bisa spontan berubah gini ,
semenjak gue kerjanya tim. Gak sendiri kaya pertama. Jadikan istilahnya banyak
temen ngobrol gitu. Belum lagi ngobrol sama yg lainnya juga bukan satu tim. Soalnya, waktu kerja sendiri kaya kemaren tuh
suka ngerasa “gue beneran ini jalan sendirian, kesel sendiri, solving sendiri,
dsb :”)”
Terus
gue mulai bisa nyamber aja ngetik unfaedah di grup non kerjaan, emang sih
introvert itu lumayan jago soal “main di kandang” alias bersembunyi pada
chatingannya doang. Dan gue merasa juga, ternyata gue bisa sebacot biasanya
kalo di bandingkan percakapan soal kpopers gue di grup lain. Wahaha, tuh kan
pengalaman bersosialisasi didalam suasana kantor inilah yang gue baru ngerasain
sekarang. Dengan perbandingan cerita Bapak gue sendiri soal dikantor dengan
cerita gue, jelas asyikan cerita gue sih.
Ada
satu momen dimana gue “masih” belum bisa memposisikan diri gue ketika ada
dilingkungan ekstrovert. Mereka yang banyak cerita ngomong panjang lebar, belum
ngomongin gosip gosip yang beredar, atau tiba tiba ada seseorang mencoba meminta
pendapat gue. Alhasil, gue cuma bisa bingung. Gatau mau respon apa , terkesan cuma
“iyain aja”. Dan bahkan gue berfikir merasa gue bisa dibilang kayak gak
nanggepin omongan panjang lebarnya. Misalkan ada yang nanya “pendapat
penampilan”, ya gue cuma menilai. “Ya, biasa aja sih dimata gue. Gak ada yang
aneh, cocok aja seperti biasanya”. Sorry, gue gak terlalu ngerti ngerespon yang
baik itu gimana, tapi disisi lain gue bisa aja jawab sepolosnya kalo hal lain
yang gue suka ya suka, gak ya gak.
Introvert
ini biasanya “anti jalan-jalan club”, “anti nge-mall club”, atau bisa dibilang
menghindari keramaian. Bahkan sebagian orang ada yang bener bener kalo waktu
luang cuma hidup didalam goa kamar mereka masing-masing wkwkwk. Iya, gue juga
termasuk salah satu manusia yang cukup menghindari keramaian. Atau parahnya sampe
berdesakan. Tapi, gue bukan berarti gak pernah dan gak mau keluar rumah sekedar
mencari suasana baru waktu weekend. Dan gue keluar tergantung kondisi mood dan
keuangan. Gue juga ke mall, kalo ada butuhnya. Apalagi gue suka banget kalo
main sampe touring ketempat yang sejuk nan dingin plus alami. Cuma emang
sekarang jarang, karena gue udah mulai fokus pada “welcome to the world” nya
gue kerja, apalagi plus kuliah.
Gue
kalo ke mall, biasanya suka bingung ketika gue nyari sesuatu tapi gatau
tempatnya dan gak nemu-nemu. Setelah gue muter berapa kali dan gak nemu,
kemaren kemaren sih gue suka tiba tiba kesel banget sendiri. Padahal gue
sendiri yang nyari -_-. Dan gue amat sangat jarang iseng ngeliat ke toko “barang
gak berguna” bagi gue. Kalo udah tau
tempatnya udah bisa secepat kilat gue disana. Dan, gue sendirian . Gue berfikir
lebih cepet aja kalo gue sendirian. Maklum, lebih nyaman dengan diri sendiri.
Bahkan
gue sampe bisa nonton film dibioskop “sendiri”. Sampe gue waktu beli tiket si
mba tiketnya nanya “beli berapa” sambil gue mikir “kayanya si mbanya mikir ‘lah
sendirian nih yang nonton’”. Belum lagi
didalemnya gue udah kebal dikelilingi beberapa pasangan couple. Hahaha . Gue
lupa berapa kali, tapi memang waktu itu filmnya lagi bagus banget yang pengen
gue tonton.
You know “Rudy Habibie 2”?
Ketika gue mendengar banyak seumuran gue dan kids jaman now yang lebih milih
film nuansa romance, gue dateng sendirian ke bioskop cuma nonton “Rudy Habibie
2”. Trailernya aja keren kata gue, makanya gue mau nonton. Karena saat itu gue
mikir kalo mau ngajak temen ngajak siapa? Belum lagi kayanya mereka lebih memilih
romance yang terkenal saat itu. Gue juga lupa judulnya, hahaha. Ada apa lagi
gitu film yang udah gue tonton sendirian. Dan bagi gue itu enjoy aja sendirian.
Soalnya, gue pernah nonton sama temen
les. Kurang deket amat, mana cowok pula. Alhasil gue jadi canggung dan awkward
banget. Jelas bayar masing-masing. Tapi kan gue mikir “kenapa gue gak sendirian
aja”. Tuh, balik lagi milih sendirian. Gue mau sama temen cowok, tapi sama yang
bener bener temen deket banget. Kaya yang di SMK dulu. Hehehe
Bahkan gue ke tempat
alam dengan sering kali sambil hunting, gue beberapa kali sendirian lagi. Ini tuh efek sesekali mood gue jenuh sama dirumah,
akhirnya gue keluar aja. Pilihannya gak ke mall ya ke tempat alam (spesialis
sendirian lagi). Padahal gue gak banyak duit, atau bahkan pernah sampe gue tiba
tiba “ngebuang uang jadi sok kaya dulu” pake duit seadanya dari gaji gue. Ini kejadiannya alhamdulillah
selama gue kerja, Cuma waktu bulan Mei 2017 dan bulan Januari 2018. Gak sering
kan? Karena dasarnya gue soal keuangan adalah irit cap pelit banget. Wkwkwk
Gue yang pemalu mau
ngasih apa keseseorang aja sampe mikir mikir dulu. Kaya kemaren gue ngebagi
oleh-oleh ke temen kantor, ke atasan, gue kaya bingung mau bilang enaknya
gimana. Apalagi gue sambil cuma duduk dan system dioperin gitu. Orang ngira gue
sombong, tapi justru saat itu gue bingung gimana respon gue sebaiknya. Karena
introvert itu rata rata pemalu, ada rasa malu yang bisa ngalahin keinginan dan
kadang jadi sok cool supaya gak keliatan pemalu amat.
Gue yang dikampus aja
cenderung diam dan kalo ngomong bisa keikut kasar (ketika yang nanyanya agak
kasar), bisa juga biasa aja. Yang diajak ngerumpi, yang diajak selfie, gue kalo
awal awal kenal gak bisa langsung sok
akrab. Ya bisa jadi dibilang kayak agak sombong, sekali lagi gue “masih” gak
tau gimana caranya berteman baik dengan siapapun diawal perkenalan. hehehe
Introvert cenderung
pemikir dalam, kalo ngoceh juga Sukanya yang berbobot, penuh arti bermakna sesuai
yang dipikirkannya. Apalagi kalo pemalu, biasanya bisa disebut gabisa debat.
Udah aja kalo diserang kata kata kecepatan 100km/jam Cuma bisa melongo
sekaligus bingung. Karena gue juga gitu, tapi gue sering debat sama temen gue
kalo soal yang berbobot. Sampe akhirnya gue bisa mikir “males juga lama lama
kalo debat sama dia”. Hahahaha , bukan benci sih. Tapi gue ngerasa gak ada
ujungnya. Gue Cuma gitu sama temen yang udah kenal banget sama gue, tapi kalo
gak kenal ya beda. Percayalah, Introvert sebetulnya banyak juga pikirannya,
tapi sebagian dari kami gak tau gimana cara nyampein yang tepat.
Gitu aja paling. Tapi
gue berharap aja sih, walau introvert keliatan anti sosial, bahkan gue pun bisa
dibilang agak kurang suka ketemu orang-orang. Sebetulnya kami ini atau gue sendiripun
sesekali pengen bisa lebih ngerti lagi
gimana caranya berinteraksi, bersosialisasi.
Komentar
Posting Komentar