Kerja dan Kuliah
Kerja
dan Kuliah, dua kegiatan yang penting di prioritaskan juga. Yang udah kerja pun
dan belum pernah mencicipi dunia Kuliah, disarankan untuk melanjutkan kuliah.
Begitupun yang sudah kuliah, diharapkan untuk bekerja. Semua ilmu itu atas
dasar supaya manusia bisa lebih berkembang setidaknya untuk dirinya sendiri.
Gue,
yang sekarang juga statusnya karyawan, plus Mahasiswi. Gue mikir, selagi gue
mampu dari segi fisik dan waktunya kenapa gak dicoba? . Dan, gak kerasa gue
udah ngelewatin 1 tahun lebih sebagai karyawan, plus ngelewatin 1 semester
dalam dunia kuliah.
Gimana
rasanya ngelakuin 2 kegiatan utama langsung?. Bohong banget kalo gue gak bilang “Cape”
wkwkwkwk . Tapi, gue harus bersyukur dengan kesempatan ini, sekalian gue juga
emang pingin kuliah juga, walaupun gue dari lulus sekolah kejuruan kemaren
memilih untuk fokus cari kerja, cari pengalaman dulu. Ya menurut gue, lumayan
lah ya mumpung masih muda. Takutnya gue keburu males kalo di nanti-nanti.
Soalnya, sekarang aja gue masih suka kebawa males. *eh
Capenya
tuh ngapain aja ?. Ya jelas karena misalkan pagi dari jam 8 pulang jam 5 sore
kerja, terus masuk kuliah dan berakhir pulang jam 9 malem bahkan beberapa
kampus ada yang lebih dari jam segitu. Untungnya sih gue mah kuliah yang pulang
setelatnya cuma sampe jam setengah 9 malem doang. Gimana coba ya kalo lebih
dari jam segitu, apalagi pulang ke rumah yang jaraknya terbilang jauh.
Modal
gue untuk ngelakuin dua kegiatan ini, adalah modal NEKAD. Ngambil jurusan yang keliatan
nyambung sama kerjaan gue, saking semangatnya aja dulu gue main daftar berapa
bulan sebelum pendaftaran ditutup coba. Terus gue milih yang jaraknya termasuk
bisa 15 menit perjalanan (KALO GAK MACET). Ya gapapa deh, walau tergolong agak
jauh kerumah, yang sekitar 40 menitan kalo jalan kerumah gue. Dan masih wilayah
Kota Bandung, gue setiap weekdays “Everyday is ctrl + c & ctrl + v”. Gue NEKAD
dengan kondisi gue kadang masih bingung kerja tuh gue ngerjain apa aja :3 . Gue
cuma bisa berprinsip, kalo gak sekarang kapan lagi ? intinya ini semua juga
buat kebaikan gue kedepannya. Lebih baik lagi sampe bisa ngebahagiain orang tua
gue sendiri :”)
Soal
waktu, wah…. Luar biasa bagi gue. Dengan baru sekitar 1 semester gue ngelakuin
dua kegiatan utama sekaligus, gue jelas masih suka ketar ketir. Yang sampe
secepetnya tidur jam 12 malem, atau terkadang saking lelahnya gue pasti main
ketiduran aja. Sering kali emang, gue selalu berpikir enaknya udah nyampe rumah
ya cuma tidur doang misal. Udah dari kerjaan, gue kadang masih suka harus buka
review lagi, dan dari kuliah pun, apalagi tugas utama jurusan gue selalu aja
ada. Walaupun itu sama jenisnya kaya kerjaan, tetep aja gue perlu nyari dulu,
coba coba dulu. Barulah bisa, gue selalu bersyukur kalo di grup kelas kuliah
suka ada yang share tugasnya. Sumpah, ngebantu banget wkwkwk. Ya, walau gue
tau, seharusnya hal kaya gitu kalo bisa tidak dibiasakan. Hehehehe
Gue
milih ambil waktu kuliah setelah kerja, soalnya kadang di weekend itu suka ada
kegiatan mendadak saudara salah satu orang tua -_-. Atau gue juga milih supaya
sesekali weekend gue itu berguna emang beneran buat gue jalan-jalan keluar.
Seringnya gue me time, ke mall sendirian (dengan gerak cepat cari barang yang
gue butuhkan). Atau melakukan kegiatan hobi gue, hunting sendirian juga. Ya
walau belum punya kamera impian, gue sedang berusaha nabung please lebaran taun
ini kebeli tuh kamera :v (SEMANGAT NABUNG DI!!!). Memanfaatkan dan terus
belajar dari smartphone yang gue punya. Alhamdulillah, dengan sekian lama kalo
hangout suka foto foto pake smartphone temen gue terus , sekarang yang punya gue
yang kepake juga. Wkwkwk. Atau kadang gue habiskan dengan tidur lagi sehabis
sholat shubuh, dan biasanya ini sering terjadi hari sabtu, soalnya dari jumat
malemnya udah mageran nempel dikasur mulu. Ya, bisa dibilang ngeganti waktu
tidur yang kurang di weekdays.
Setiap
ngelakuin kegiatan apapun, jelas pasti ada masalah. Masalah apa yang gue alami dimana
gue kerja sambil kuliah? Utamanya yaitu WAKTU. Coy, ngebagi waktu supaya
balance itu butuh perjuangan. Apalagi beberapa temen kuliah gue ada yang
sistemnya Absen Khusus, dimana kerjanya itu yang kena shift. Dan kuliahnya itu
tergantung waktu kerjanya. So, bagi waktu antara kerjaan oke, dan waktu belajar
pas kuliah plus tugas- tugas yang mengekorinya itu sebuah Challenge tersendiri.
Gue pun kerja yang kadang gue gatau lagi ngerjain apaan :”) suka berusaha untuk
tetap semangat belajar dimalam hari dengan kadang dosennya bikin gue semangat,
atau yang dosennya bikin gue tambah ngantuk. Tapi akhirnya, suka berfikir untuk
yasudah jalani aja, serta UTS dan UAS di kampus yang akhirnya pasrah. Plus di
waktu yang bersamaan juga suka kepikiran dengan waktu kerjaan.
Salah
satu masalah lainnya, di tempat kuliah dibilang “Itu urusan kalian kalo kerjaan.
Saya cuma tau harus ikut (ini dan itu) di kampus (dengan kerjain tugas
tugasnya)”. Dan di tempat kerja “Bisa lembur gak? Gapapa lah gausah kuliah dulu”.
Mungkin banyak diluar sana yang mengalami hal sama seperti ini. Ini sama aja
buat yang kerjanya senin sampe jumat doang atau shift-shift an. Mau yang kuliahnya
ambil weekdays atau yang full weekend doang. Coba, buat yang weekdays
kuliahnya, gue aja sering telat masuk kelas. Apalagi kalo mendadak ada hal lain
soal kerjaan sampe terpaksa gak kuliah. Buat yang kuliahnya weekend doang pun,
kadang kala lembur juga gak kenal waktu weekend. Nah loh, dua hal prioritas,
tapi gimana ngelurusinnya?. Sampe sekarang aja itu masih menjadi misteri buat
gue. Wkwkwk
Ngelakuin
2 hal ini, jelas cape. Biar gak cape, coba selingi dengan mencari motivasi, misalkan
gue nih, yang selalu masuk dunia kpop. Stalking BTS , dengerin lagu lagu dan MV
nya, berinteraksi dengan teman se fandom walau cuma lewat grup media sosial doang.
Pokoknya, cepet cepet bergerak aja cari alasan supaya tambah semangat lagi
menjalani semuanya. Ya walaupun gue sendiri juga jadi sangat kurang kebagian
waktu nonton drama korea, tapi emang kebetulan gue gak begitu pecinta drakor.
Soalnya bahaya coy, sekali nonton drama tingkat kekepoan lo akan muncul tau tau
udah lewat 10 episode aja nontonnya. Asli deh, bahaya kalo sampe gitu. wkwkwkwk
“Cintailah
permasalahan itu, karena itu semua untuk perubahan dirimu sendiri”. Pokoknya
kalo bisa semua challenge ini harus disyukuri semuanya bagi gue, maupun yang
lain dengan perjuangannya masing-masing. Ya walau kadang mikir “gimana lagi, udah
gini jalannya”. Bukannya kita sendiri yang milih untuk jalan cerita banyaknya
tantangan kerja plus kuliah ini? Gapapalah, buat yang masih muda juga kan pasti
setidaknya untuk ngebuat orang tua masing-masing bangga dengan pencapaian yang
kita raih.
Kalo
kata Bangtan “Biarkan punggungku sakit untuk membiarkan sayapku tumbuh”. Nah,
supaya semuanya berakhir dengan kita terbang tinggi, Semangat untuk pejuang
kerja plus kuliah ! . Walau harus bentrok sana sini soal waktu, tugas soal
kerjaan maupun tugas kuliahan yang bentrok sama sama harus dikerjain juga bikin
punggung sakit, mumpung dikasih kesempatan dilakukan saja dengan ikhlas dan
lebih baik lagi dari sebelumnya. Banyak orang orang yang ingin kerja lebih
layak, ataupun mencicipi dunia kuliah tapi gak punya kesempatan dari segi manapun.
Ini bukan beban , tapi kan memang kita yang memilih jalan ini.
Yang nulis waktu liburan pergantian
semester.
Komentar
Posting Komentar