Ngurusin Orang Lain

Hal yang pertama basa-basi nya ketika seseorang kembali bertemu. Entah maksudnya membicarakan “Lawan bicaranya”. Atau si anaknya. Biasanya kan suka “Yang Gede udah kuliah dimana?”. Atau “Yang Kecil kelas berapa” . Atau “Kapan nikahin yang Gede ?” . Itulah yang terjadi ketika gue bertemu teman-teman Ortu gue. Ya paling basa-basinya seputar ngomongin gue dan ade gue, atau soal Ortu gue nya.
Yang sempet gue teringat itu ada : “Yang Gede kuliah dimana?” Waktu gue jawab, dan respon mereka tuh dari raut mukanya kaya “Oh kuliahnya bukan dinegeri”. Bukan suudzon, tapi gue juga ngerasa “Apa semua nya serasa harus yang terkenal?”
Gue tau. Di Bandung ini, ada 2 Universitas Negeri rebutan seluruh Indonesia. ITB dan UNPAD. Ada juga POLBAN (Politeknik Negeri Bandung) dan UIN Sunan Gunung Djati Bandung dimana itu juga kampus Negeri di Bandung. Belum lagi ada banyak Universitas Swasta yang bergengsi juga.  Gue tau, gue bukan kuliah di tempat yang bener bener santer namanya. Orang Bandung aja belum tentu tau. Apalagi orang luar? Jadi paling gue menjelaskan dimana letak kampus tempat kuliah gue, cuma jawab “Deket Husein Sastranagara, alias Bandara nya Kota Bandung”. (Ini bukan maksud ngerendahin kampus tempat kuliah gue loh ya).
Gue dari SD sampe SMK emang semua sekolahnya Negeri. Tapi dengan beberapa raut wajah orang yang kepo sama gue tentang dimana kuliah gue sekarang, gue merasa Apa Belajar diatas nama “Negeri” itu dianggap cerdas? Lalu sisanya dianggap kurang cerdas ? Apa dasarnya kesuksesan “Oh ya nanti dia bakal sukses” itu dari nama nama Negeri kah? Terus kah di Swasta itu termasuk golongan kurang meyakinkan untuk sukses?”
Gue disini cuma berpendapat. Bukan berarti yang kuliah atau sekolahnya di swasta itu kurang meyakinkan. Banyak kok, kasus beberapa temen gue. Dimana dia keanggap “gagal nilai UN waktu SD” dan terpaksa SMP di Swasta. Terus akhirnya ketemu gue lagi di SMK yang sama. Negeri kok. Terus ada yang terjebak gak bisa masuk Sekolah Negeri, akhirnya terpaksa masuk Sekolah Swasta, nyatanya skill kemampuan belajarnya bisa dikategorikan bisa bersaing sama yang lulusan dari Negeri waktu di tempat kerja misal. Atau dikampus yang sama. Ada lagi gue nemu cerita. Yang kuliah di Swasta, akhirnya bisa menjadi tenaga pendidik di Universitas Negeri ternama.  Bukankah, ini kembali kepada masing-masing orang yang ngejalanin hidupnya? Hanya Dia, dan Allah lah yang tau. Arah jalannya kemana.
Ada lagi yang unik . Gue sebut, sistem kehidupan biasanya - katanya. Mungkin buat yang udah umur 30 tahunan, atau yang baru seumuran gue. Pasti sering mendengar “kapan wisudanya? (kondisi belum lulus kuliah udah 4 tahun lebih misal).” Yang udah lulus kuliah “kapan dapet kerjanya?”  . Yang udah dapet kerja, padahal baru kerja 6 bulan misal. Udah ditanya “Kapan nikah?” . Udah nikah “Kapan Punya Anak?”. Terspesial untuk para wanita, yang bakal denger waktu udah nikah dan lo masih aktif kerja / kuliah “Kok keluar terus, gak ngurusin suami sama anak”. Eh dan yang udah lama diam dirumah fokus rumah tangga “Mau-maunya dirumah aja urus anak, gak pengen kerja?”  Buat yang care segitunya, THANKS!  Dan bagi gue, ini jadinya kaya kebentuk “sistem kehidupan pada umumnya”. WHY?
Buat kuliah, kayanya di persepsi kebanyakan orang “S1 itu lulus 4 tahun”. Oke, emang yang gue tau juga rata-rata segitu jangka waktunya. Dan gue yang lagi kuliah juga berharap sambil belajar juga untuk dapetin 4 tahun lulus. Tapi, gimana yang nasibnya ada perbedaan? Dimana dia belum bisa lulus “pada umumnya” tepat waktu. Dengan kondisi permasalahan yang bersangkutan? Belum lagi kita yang main nuduh “kok lama lulusnya. Emang susah?”. Coy, tiap orang punya kapasitasnya masing-masing. Mau dikampus manapun, jurusan apapun, semuanya ada tantangannya sendiri.  Gak bisa dianggap remeh gitu.
Emang sih ya, tipikal orang itu akan berkembang sesuai kultur sekitarnya. Di Indonesia sendiri, termasuk tingkat solideritasnya tinggi, rasa keponya yang tinggi. Dimana satu orang ada sesuatu “masalah” pun , jadi perbincangan banyak orang. Untung kalo ngebantu. Kalo ternyata masalahnya itu suatu hal negatif, dan akhirnya disebarin, terus faedahnya apa? Kalo misalkan contoh, ada seorang cewek, terus ceritanya si cewek itu punya pacar. Terus si cewek itu deket juga sama cowok lain di tempat yang berbeda. Apa faedahnya? Terus kita jadi nyebarin informasi itu  “Eh si itu kaya gini loh… bla.. bla..”. Terus orang orang langsung percaya, terus akhirnya si cewek yang diomongin jadi agak dibenci sama semua orang. That’s why? Kenapa harus gitu sistemnya? . Apalagi parahnya itu cuma sebuah persepsi, Bukan akurat.
Boleh kita kepo, boleh kita care. Siapa tau untuk kita bantu, atau seenggaknya gabisa bantu, Cukup simpen aja ceritanya. Kondisi “sistem kehidupan pada umumnya”, gak selamanya kaya gitu. Gak semua orang punya persepsi yang sama, pemikiran yang sama. Gak semua orang, termasuk gue sendiri aja banyak jalan dibelok-belokin. Sampe akhirnya sekarang gue memutuskan tidak mencoba untuk lolos ke kampus negeri misal.  Buat yang kuliah negeri, silahkan pertahankan prestasinya, silahkan lebih berjuang lagi untuk belajarnya. Buat yang kuliah swasta, silahkan kalian tetap berjuang juga untuk belajarnya, terlebih dengan yang kondisinya abis gagal masuk kuliah negeri.
Buat yang ditanya “kapan nikah” waktu kondisi lo emang ceritanya udah terlampau cukup umur, bersabarlah. Jodoh udah ada ditangan-Nya. Kalo kondisi kaya gue ditanyain gitu, udah deh gue pasang muka “lempeng” bodo amat sama omongan orang. Iyalah, orang gue masih tergolong anak muda , belum genap 20 tahun umur gue coy sekarang :v . Buat yang dinyinyirin untuk para wanita karier, yaudah lah ya. Hidup lo dan Hidup mereka itu beda. Selesai.
Terkadang gue mikir, sifat gue yang lempeng, mageran, bodo amat itu cukup membantu gue untuk bersikap pada sesuatu yang bukan urusan gue, atau gue yang dinyinyirin, gue nya bodo amat. Bahkan, kalo gue dijailin juga kadang gak seru. Atau pas gue lagi gak suka, ya maap aja kalo malah ngikut sedikit marah.

Kurangi lah untuk terlalu “kepo” pada sesuatu yang bukan urusan lo. Entah soal Pendidikan, atau apalah. Gak sepantasnya main ambil kesimpulan terhadap jalan kehidupan orang lain


Sorry Judulnya agak aneh mungkin, gatau kenapa kebetulan gue lagi gaada ide buat judulnya



Komentar

The Most Beautiful Moment in Life
Forever , We Are Young. Even when i fall and hurt my self, I keep running towards my DREAMS - BTS, Young Forever