Ekspektasi vs Realita
Pengen A, taunya adanya B. Begitukah seringnya hidup manusia?
Menurut gue, ini terjadi sama semua orang. Baik gue yang masih kategori
remaja campur bocah(:v) maupun para orang yang udah dewasa. Kadang, dengan
seringnya Ekspektasi sering gak kesampean. Kita semua jadi auto “kesel dan gak
bersyukur”. Astagfirullah ☹
Tapi gue mikir, untuk memenuhi standarisasi hidup sesuai realita, bukankah
itu adalah kumpulan ekspektasi yang mirip bisa disebut mimpi kita? Toh kita
juga ada titik gabisa hidup cuma gitu-gitu aja. Ibarat lo pengen dapet kerjaan
yang 10 juta perbulan gajinya misal, tapi lo sama sekali ga berusaha untuk
nyari peluang lowongan pekerjaan dan asah skill yang lo miliki. Kalo ada kasus
yang tiba-tiba ditawarin kerjaan sendiri, itu juga biasanya kan emang orang
genius banget dan berprestasi. Dan dia juga ada usahanya kan, tak kenal lelah
untuk terus mengasah skillnya sampe diakui dan diincar banyak perusahaan.
Gue juga sama. Punya ekspektasi. Dari mulai milih masuk SMK dan alasannya
kenapa, sampe lulus dan mulai cari kerjaan juga punya ekspektasi juga. Walau
gue pernah ngerasa kehilangan diri sendiri lagi, setidaknya gue masih percaya
emang cuma satu jalur inilah yang gue bisa jadi acuan mimpi gue, dan ngebangun
dunia realita gue. Gak neko-neko deh, gak perlu bermimpi jadi istri salah satu oppa member BTS HAHAHA :v. Gue cuma
berekspektasi “Gue pasti bisa ngerjain bagian ini. Banyak juga tutor bertebaran
walau itu Bahasa Inggris”. Itu doang. Sekarang, itu doang ekspektasi gue.
Gue pernah cukup bingung dengan salah satu ekspektasi gue yang bener bener
gak kesampean bagi gue. Gak setinggi pengen jadi istri oppa deh, cuma berpegangan pada ilmu cetek gue dari SMK, dan itu
makin mendalam skill dan ilmunya seiring jalannya waktu. Iya, karena ternyata
gue di terima kerja saat itu bener-bener related banget sama ilmu cetek gue
dari SMK. Otomatis, gue ekspektasinya ya berarti harus lebih jago dari ilmu
cetek gue. Apalagi ditambah waktu training 2 minggu itu gue mengenal ilmu yang amazing bagi gue, itu tuh umum dipake
didunia IT. Sedasarnya ilmu gue yang didapet, itulah yang gue jadikan
ekspektasi waktu kerja. “Gue pengen terlibat di project dasar ilmu training”. Ya setidaknya walau masih newbie , kalo udah masuk ke project gue pikir kan jadi makin jago.
Karena banyak yang gatau, akhirnya nanya sama yang lebih master kalo udah
mentok ga nemu di mbah google.
Sayang sekali, gak kesampean. Gak ngerti lagi deh, ini jadi titik “gue
kehilangan diri sendiri lagi” ☹. Gue juga bisa apa, cuma karyawan biasa, newbie
lagi. Jelas gabisa nolak realitanya pengalaman pertama kaya gimana. Ditulisan
gue sebelumnya banyak banget gue ulang lagi (sekarang gabakal dah gue skip aja hehehehe)
kenapa gue ngerasa gak bersyukur karena realita gue bener-bener gak kesampean.
Kalo nyinggung bahasa tekniknya sih, bahkan gue juga belum sampe tau gimana
caranya bisa bikin web (ya kan IT gue lebih ke ngoding si nulis kode) dual language yang bisa pilih Bahasa Inggris
atau Bahasa Indonesia misal *YA INI JADI PR LO DI BUAT BELAJAR :”D*.
Itu bener-bener ngefek banget sama pola hidup gue, gue yang makin linglung
soal kuliah gue padahal pendidikan juga penting. Sejujurnya, gue itu di tempat
kerja kemaren dalam peraturan kantornya tetep ditawarkan perpanjang kontrak,
malah sampe ditawarin kenaikan gaji yang menggiurkan buat bocah kaya gue. Gue
sebut selisih sama yang gue terima biasanya itu bisa sampe gue beli 5 album
original K-Pop tiap bulan loh :”D. Tapi, itu semua gue tolak masa!. Padahal gue
juga udah nyaman sama orang-orangnya disitu. Yaudah, akhirnya gue milih untuk
berani ngambil jalan keluar sendiri dari pada kejebak semakin kek orang bego
gue :”)
Ya entah walau gue katakanlah mulai bangun lagi dari awal, setidaknya gak
mungkin kemaren itu jadi sia-sia gitu aja buat hidup gue. Dibalik gak
kesampeannya ekspektasi, harusnya ada hikmahnya. Harusnya ada cerita yang lebih
lain dari sekedar ekspektasi, dan bisa jadi cerita baru itulah yang beneran
kepake kedepannya. Semua perjalanan hidup itu bukankah pasti ada hikmahnya? :”D
Sering kali juga, walau kita ekspektasi apa, ternyata realitanya sama indah
bahkan lebih indah. Contoh nya gue coba pake kondisi di wisata daerah Kota
Bandung deh. Misal niatnya pengen main ke sekitar Tangkuban Perahu , tapi
karena super macet malesin dari Ledeng (deket UPI) dan dikasih info sama polisi
setempat macet berkepanjangan sampe ujung Lembang sana udah keburu bete banget
karena gatau sampe nya kapan. Akhirnya puter balik cari alternatif, jadinya ke
Taman Ir H Juanda, Dago Bandung. Dan sama aja kok view pemandangannya, sama-sama
indah :D *ini tempat wisata search aja deh coba. Menurut gue selaku tinggal di wilayah
Bandung Raya banyak banget wisata yang keren kok di Bandung sekitarnya*
Apapun yang terjadi. Menurut gue bersyukur itu penting banget deh. Ya walau
emang jadi PR banget buat bersyukur di titik jatohnya kita, setidaknya siapa
tau dengan kita yang masih berusaha, eh hasilnya malah lebih tak terduga. Tetap
semangat dan jangan lupa untuk terus bersyukur berarti ya! :D
Ya, dan gue juga masih banyak PR untuk yang kemaren kemaren dijadiin rasa
syukur dan pelajaran “part of my life” penting yang gak boleh gue skip.
Walaupun harus katakanlah gue mulai lagi dari awal . Hehehe
Komentar
Posting Komentar