Last But Not Least
-Flashback 2016-
Gue baru lulus dari SMK. Dan gue lulus itu ngejar pengen kerja dulu. Tapi
gue gatau waktu itu mau kerja jadi apa, gara-gara gapercaya gue “bisa” nerusin
jurusan soalnya waktu sidang uji kompetensi parah banget gue nampilin “error”
:”)
Alhasil, gue kelamaan nganggur juga. Yang tadinya mau perjuangin nilai UN
MTK gue yang super jeblok banget supaya masuk perusahaan kakek dulu kerja,
tetep aja kalo bukan jalannya gak bener juga tuh nilai perbaikan UN MTK gue
hahaha.
Sodara gue nyaranin buat coba cari di internet. Dengan tingkat kesotoyan
gue, main lamar aja di Jakarta (karena dulu gue mikir pengen kerja disana biar
deket kalo ada konser oppa hahahaha). Dan cuma 1 doang yang di Bandung. Taunya?
Yang di Bandung itu yang justru dipanggil buat interview dan tes.
Otak gue udah berdebu hampir lupa pelajaran SMK, gue coba jawab seingetnya
aja tes. Dan interview di coba sejujur-jujurnya sambil kaki gue gemeteran
karena grogi parah. Hasilnya? Tahap pertama gue lolos. Dan dilanjut interview
tahap dua di kantor development utama.
Waktu gue interview yang kedua, disambut koko ganteng *eh . Tapi gue lupa
namanya siapa waktu itu hari itu, saking grogi juga waktu di interview. Dan
selama di interview untungnya ditanya agak santai, dan gue ngurangin grogi itu
dengan ngepalin kedua tangan gue aja. Belum lagi waktu interview ada momen gue
bingung jawab apa dari pertanyaan tentang logika karena otak udah buntu.
Awalnya udah pasrah kalo gaditerima lagi gara gara pesimis jawaban ngaco gue
diterakhir, parahnya lagi gue nanya “kapan dikasih tau hasilnya” karena jujur
saat itu di tas gue ada map lamaran kerja ancang-ancang masukin lamaran kerja
ketempat lain hahaha :”D. Hasilnya? YASH GUE DITERIMA KERJA. PERTAMA DEBUT
NERUSIN JURUSAN SMK, jadi Developer.
-Flash back End-
Gue disini mau coba cerita inti part part selama masa debut 1,5 tahun gue
ngapain aja. Karena ada kata yang belum sempet gue ucapin karena gaberani,
alhasil nanti endingnya coba gue deskripsikan itu.
Pertama training, gue langsung dikenalin teknologi yang umum. Tapi gue
belum bener-bener paham soal itu. 2 minggu lamanya, gue masih agak nyangkut ada
yg bener-bener belum paham karena gue orangnya masih susah buat ngejelasin a
dan b nya. Jangan dulu ngejelasin deh, nanya aja susah nyusun kata-katanya :v.
Tapi alhamdulillahnya sih lumayan ada yang kena ilmunya, walau namanya ngoding
makin bisa kalo udah beneran masuk “project sesungguhnya” ya.
Pertama pegang project, sayangnya itu gue sendiri. Emang sih pake teknologi
yang gue pake kemaren ujikom di SMK, tapi ada aja permintaan yang harus
diakalin dulu gitulah. Sampe akhirnya gue dikasih bantuan orang untuk ngoding
juga. Btw, saat gue sendirian ini, koko ganteng *eh yang gue sebut sebelumnya
itu yang bantuin gue. Beliau atasan gue, “아저씨, Ahjussi” gue simpen namanya di kontak hehehe. Ahjussi yang banyak-banyak
nyeritain pengalamannya ke gue, dan sukses nambah nambah motivasi gue juga.
Ahjussi yang banyak bantu gimana ngadepin klien sendirian :v, Ahjussi yang juga
sesekali bantu gue ngoding juga *pas urgent banget asli*. Bisa dibilang, orang
yang pertama ngulurin tangannya untuk bantuin gue bangkit dan tetep semangat
dimasa pertama debut gue itu ya, Ahjussi. Bahkan, gue sampe dititik curhat njir
lewat WA ke Ahjussi agak malem gitu hahaha :”D.
Project kedua, ini emang agak gimana gitu ya. Trainingnya itu cuma 2 hari
doang. Ibarat naik gedung berlantai 5, gue yang level ilmu dasarnya masih di
lantai 2, tau tau disuruh langsung lari ke lantai 5. Pake Teknologi yang asing
bagi gue, pengembangan dari dasarnya ilmu yang gue pelajari pertama kali
training jadi developer waktu diawal sebelum kerja. Anak baru debut kaya gue
ini ya.. langsung pusing jelas hahaha.
Terus, selang berapa hari inilah langsung masuk real projectnya. Timeline
yang padet pake banget, gue juga nyeret diri untuk “harus bisa nyelesaiin ini”.
Lagi-lagi, gue yg belum bisa belajar keluar dari introvert gue yang agak susah
buat nyusun kalimat “nanya ini gimana caranya” itulah yang bikin gue ngerasa
ketinggalan jauh, sekaligus gimana caranya gue nyeret untuk harus selalu bisa
nyelesaiin yang dikasih harus gue kerjain :”). Mana gue juga ngerasa otak gue
yang biasa-biasa aja bukan kategori otak encer. Ngerinya, itu gue terlibat
sampe akhir gue kontrak ini.
Tak lupa, project kedua ini tipenya emang tim sih. Bahkan banyak juga
anggota timnya :”D. Iya, karena projectnya menurut newbie kaya gue adalah
project super duper ribet dan banyak banget detail detailnya. Gue sejujurnya ga
bener-bener ngerti itu semuanya kaya gimana, karena sampe akhir kontrak gue cuma
ngerti sekitar 45% doang penggunaan teknologi “gregetnya” itu. Ah sudahlah..~~
Emang sih, ditengah-tengah nyeret diri gue ini. Ada kesempatan ceritanya
nyoba buat keluar dan masuk pengalaman project baru. Tapi sayangnya, terlalu
lama gue tenggelam jadinya makin gapercaya diri lah gue buat masuk kesempatan
itu. Jelas gagal gue, dan gue sampe ngalamin “mental down” lagi saat itu. Ya,
lagi-lagi krisis kepercayaan diri gue muncul lagi.
Tapi ditengah krisis kepercayaan diri gue, bener-bener gue belajar banyak
hal. Gue belajar baca situasi dari sudut pandang posisi apapun yang sesekali
kadang gue kesel kalo sampe diri gue diganggu lagi :”) . Bahkan gue juga
sesekali berfikir, bisa aja kalo gue di posisi A, gue bisa aja malah lebih
parah ngaturnya. Entah ngatur diri sendiri, atau ngatur profesionalisme untuk
kerjaan. Ya walau gue cuma developer numpang nama doang. Hehehe :”)
Disisi lain juga, gue banyak mengenal karakter orang orang sana. Overall, really
funny! Mungkin karena rata-rata anak muda yang bisa banget ngelawak kali ya,
jadi suasananya asyik-asyik aja. Dari gue cewek sendirian sekitar 6 bulan
pertama, sampe akhirnya banyak juga developer cewek yang gabung jadi gue gak
sendirian lagi :’D. Belum lagi 선배-들 seonbae-deul yang baik-baik. Sabar juga
kalo gue tanya-tanyain dan gangguin :’D. Dari banyak seonbae-deul yang baik
hati ngajarin gue, ada satu orang yang dari awal sampe akhir bener bener posisinya
kaya ngegantiin “Ahjussi” gitu, “침선배, seonbae”.
Seonbae ini dari awal project gue aja udah gue gangguin, itu juga emang
saran Ahjussi pula. Lagi-lagi gue yang introvert, awalnya emang grogi gitu sampe
seinget gue pernah mikir “Eh gila gue belum kenal amat gimana nanyanya? Ganggu
gak ya? Keliatannya sibuk gitu ih >,<”. Jujur ya, seonbae ini awalnya gue
kira tipe orang yang serius dan agak gimana gitu. Makanya beberapa kali awal
gue sok kenal langsung nanyain jujur aja agak takut gimana :’D. Bener-bener ya,
sekali lagi jangan nilai orang dari kesan pertama!. Sampe akhir, seonbae inilah
salah satu orang yang bikin gue ngakak juga. Apalagi setelah project pertama
gue selesai, gue yang di suruh Ahjussi untuk bergabung jadi anak didik(*elah
hahaha) Seonbae ini, dan sampe project kedua juga bareng satu tim. Gue jadi
ngerasa lebih santai tapi tetep aja kaku :v. Ya setidaknya lebih baik dibanding
pertama kali kenal, karena makin lama juga makin sering ngobrol diluar topik kerjaan.
Kadang juga seonbae ini usil juga sih, gapapa biar mencairkan suasana yang stress
di tengah bekerja :’D.
--
On my last day, gatau kenapa tiba-tiba tepat banget waktunya pas Pak CEO
ngajak kita semua buat foto bareng gitu. Ya, berhubung gue introvert juga
bingung gaya gimana . Bahkan sempet ada moment gue “males” ikutan narsis difoto
gitu. Maap ya :v.
Dan, ya ditengah ngatur ngatur posisi foto yang biar rapih, dibuat ngakak
karena bercandaannya semua saat itu. Bahkan ada dua orang seonbae juga yang iseng
amat sering banget manggil gue ahjumma -_- hahahaha.
Ya sampe sesi foto-foto ngabisin waktu dari setelah ashar sampe sekitar jam
5 sore hahaha. Iya wajar sih, fotonya di lobby dan diluar lobby doang. Seadanya
ya, gak di studio fotonya. Jadi lebih bebas foto-fotonya mau sebanyak apapun
wkwkwk. Dimana lokasinya diluar lobby juga banyak mobil parkir, terus jalan keluar
masuk motor pula. Terus juga, sesi foto perdivisi , dan per-gimana sesisanya
yang masih ada dilobby.
Yang bikin gue keinget banget, pas akhir-akhir gue dikasih kado sama cewek
dev . Iya gue orangnya baperan njir (karena orang keliatan cool diluar, sebenernya
lemah juga soal yang menyentuh perasaan mah :”v), gak bisa ditahan lagi
bapernya saat itu :”) Kadonya, simple tapi ......... plis ini tuh gambarnya BTS,
dan sisi lain itu adalah foto si Jungkook BTS my ultimate bias first love di
BTS :”). Terus bonus juga dikasih gelas gitu karena logo coding yang gue bisa
itu cangkir/gelas gitu lah hahaha :”D. Thanks banget beneran ! :”D
Dan diakhiri dengan doa-doa sekitar yang “Sukses terus dian selanjutnya!” :”)
Sayangnya niat gue yang awalnya pengen ngebatalin puasa gue setelah adzan
magrib ditempat kerja itu gabisa dilakuin! Karena, secara mendadak ada acara
bukber fakultas di kampus yang tadinya jadwalnya besoknya, tapi si aduh malah
dimajuin sehari -_-
--
Buat temen-temen cewek dev yang udah ngasih kado, Thanks banget ya! Maaf banget
kalo kemaren udah keluar sifat cool dingin kaya kulkas atau sikap bodo amat
atau agak gimana yang beda dari cewek biasanya, percayalah gue itu emang gitu
orangnya agak susah untuk mengakrabkan diri dengan cewek-cewek gatau kenapa :”)
Big boss, Ahjussi, 침 seonbae, dan seonbae-deul yang lainnya ,
dan juga teman-teman dev makasih banyak juga ilmu , sharingnya juga,
keakrabannya juga. Maaf juga kalo banyak hal yang kurang berkenan dari dian
yaaa....
Sukses terus untuk semuanya! 😊
Dan maaf juga gak diceritain semuanya, karena kalo semuanya entar
kepanjangan jadi novel hehehehehe.
--
*Ditulis waktu, lagi dengerin lagu “BTS-LET GO” sambil
liatin foto-foto kemaren :D.
Komentar
Posting Komentar