To Be Different
Menulis dengan terinspirasi dari penempatan diri gue dimanapun kebanyakan kek
begini. Gak sama dengan orang lain. Sekali lagi maaf ya kalo kepanjangan
ceritanya.
Mulai masuk SMP sendiri aja gue tidak mengikuti biasanya anak-anak disekitar
komplek kemana, justru gue kemana. Iya, gue itu sebenernya tinggal dikomplek
yang dari TK sampe SMA berkumpul sekitar komplek gue tinggal dan jelas itu deket.
Jalan kaki paling 5-10 menitan kalo lambat. Memang TK dan SD gue disekitaran
situ. Dan gue merasa gak begitu ada kerasa dunia luar kayak gimana. Bukan gak
bersyukur, tapi serius. SD itu gue paling cuma tau masuk sekolah, belajar biar
nilai ulangan bagus, main. Done. Bahkan dari situ aja gue merasa pengen keluar
dari zona komplek itu. Biar lebih keren, pulang naik angkot misal alias jauhan
dikit. Wkwkwk
Beneran, gue milih SMP yang agak jauh. Bisa dibilang justru lebih deket
sama kantor Bapak gue. Jalan kaki juga bisa, 30 menit lebih lah. Dijamin
keringetan dah nyampe. Dan gue justru dianggap sama para orang-orang komplek “kenapa
gak masuk SMP yang deket aja?”. Sekali lagi, gue pengen lebih beda dikit. SD gue
sekolah dulu sebelahan banget sama SMP nya, tiap hari denger suara Kereta lewat
udah biasa. Cukup deketnya sampe gue kalo kebelet poop bisa balik dulu kerumah
coba. Ada yang ketinggalan apa bisa lari kerumah. Enak banget ya wkwkwk.
Itu berasa banget ada perubahan, ketika gue sekolahnya agak jauhan artinya
gue mulai belajar siap ngelepasin kemudahan yang gue sebut sebelumnya. Memang
karena deket kantor Bapak gue jadi lebih sering anter jemput, kadang gue disuruh
pulang kekantornya aja dulu buat dianterin pulang kerumah. Tapi ada yang beda.
Ketika Bapak gue mendadak sakit gak ngantor, ya gue berangkat sendiri. Kalo
beruntung suka ada tetangga ngajak bareng. Dianterin sampe depan SMP. Belum
kalo ada barang tugas gue kelupaan juga, yaudah wassalam gue terima akibatnya
kena nilai dikurangin atau dimarahin gurunya. Pulang seringkali naik Angkot. Kadang
ketika gue tau Bapak gue gak dikantornya, gue keabisan duit, atau lagi niat
ngirit nabung buat apa, ya pulang jalan kaki aja 30 menitan lebih.
Perubahannya? Ya jauh lebih teliti soal barang bawaan. Mulai belajar
mandiri kemana-mana berani sendiri, terus semenjak gue juga suka kerja kelompok
dan main kerumah temen dimana, ya jadinya gue tau seluk-beluk Angkot dari
warnanya dan rutenya dan juga tau daerah di kota. Temen baru juga jadi lebih
berwarna, beda dengan temen SD gue 70% itu berasal dari komplek situ juga. Alias
yang gitu gitu aja temennya. Jadi merasa lebih membaur lah sama keberagaman
orang. Muehehe.
Lanjut SMA/SMK. Dan gue emang ngerasa ada minat yang beda dari SMP, gue
memilih masuk SMK jurusan IT. Dan, lagi-lagi jelas gak sekolah di deket rumah
gue itu, itukan SMA bukan SMK. Padahal SMA ini adalah SMA favorit loh. Di Kota
Cimahi tepatnya (Cimahi masih Bandung Raya woy, makanya gue dianggap orang
Bandung kalo sama orang luar Bandung Raya wkwkwk). Tapi, gue gamau. Lagi-lagi
ditanya “Kenapa gak di SMA situ aja deket bla..bla..blaa”. Gitu kata tetangga.
Bodo amat, gue mau masuk SMK. Bahkan gue bener bener SMK nya aja sampe ke Kota
Bandung lohhh.... wkwkwk. Iya bukannya gimana, temen SD gue kan ada yang dari
TK sampe SMA disitu aja sekolahnya, sedangkan gue beda. Artinya cerita
pengalamannya aja udah beda. Kalo denger ceritanya, sampe kalo ada yang telat
di SMA situ, itu larinya keliling komplek daerah situ aja. Olahraga SMP dan SMA
disitu juga, Kebetulan komplek rumah gue emang ada lapangan gede, jadi pasti
sesekali olahraganya kesitu. Gue bisa kan udah olahraga balik dulu (kalo gue
sekolahnya disitu). Ibu gue always standby dirumah. Enak amat gue kalo seandainya
sekolahnya disitu situ aja ya kayaknya ahahaha.
Oke SMK di Kota Bandung nih, seriusan. Semenjak gue beneran dianggap Siswi
Kota Bandung, alhasil kalo ada apa-apa pasti ke pusat Kota Bandung. Yeah
akhirnya selain Kota Cimahi, gue juga jadi belajar dan mengenali daerah seluk
beluk Kota Bandung kan. Rute tranportasi umum naik apa dan kemananya. Biar
sedikit lebih kece. Hangout aja seringnya ke daerah Kota Bandung. Wkwkwk. Temen
juga jauh lebih beragam, pastinya banyak juga yang dari Kota Bandung. Terus sama
juga gue kayak waktu SMP, jauh lebih belajar teliti barang bawaan dan mandiri.
Berangkat ya naik angkot sendiri (btw masih suka dianter juga sama Bapak),
pulang sama, sering juga suka ngikut temen naik Bus Kota biar lebih murah dikit
ongkosnya. Dan, gue bangga sendiri sama cerita pengalaman yang udah gue lewatin
ini selama masa sekolah. Dari milih SMP yang keluar zona, sampe SMK yang lebih
jauh lagi, Kota Bandung (sebenernya masih agak deket sih orang perbatasan
Cimahi dan Bandung ahaha).
--
Lanjut cerita yang beda. Berada di kota identiknya kalo hangout sama temen
biasanya ke Mall. Ke Mall Bandung emang kira-kira 30 menitan lebih kalo gue
nyetir motor ya. Tapi, gue agak beda. Emang gue nerima aja diajak ketempat
kekinian model gitu, baik cafenya, nonton di bioskop, atau ngemall muter-muter
doang. Cuma jujur gue gabegitu enjoy dan
suka ketempat gitu. Untuk di SMK sendiri gue nemuin temen model yang sukanya ke
Alam. Berhubung Bandung Raya ini masih banyak banget daerah model gitu, alhasil
ketika gue udah punya SIM dan dibolehin bawa motor mulai lah jalannya ke tempat
model gitu. Alam, lumayan juga jalannya, beberapa jalan nanjak banget ada,
jalan bebatuan gak beraspal ada. Terus lagi, gue juga merasakan nyetir dihujan lumayan
deres dengan durasi kurang lebih 2 jam, malem malem, boncengin temen gue pula.
Iya, nyetir nutup helm burem buka helm mata gue kena cipratan air hujan belum
lagi jarak pandang nyetir makin dikit, pengalaman nyetir paling mantep emang
wkwkwk. Artinya, dengan pengalaman gue main kesana sini Bandung Raya, berarti
skill gue nyetir motor lumayan meningkat. Dan emang lebih enjoy sih seger adem
gimana gitu, dibanding nyetir di Kota yang dimana mana macet aja terus *eh.
--
Sifat gue, gue lahir dari Kedua Ortu yang savage, maksudnya ortu gue dua-duanya emang ngomongnya suka ceplas
ceplos gitu lah wkwkwk (tapi beda ya lebih berbobot dan masih filter sesuai
kesopanan). Gue savage juga berarti,
ade gue lebih savage. Pendiem gitu
lah, tapi lebih fokus pada tipe orang yang mengamati, keluar suara juga ga
begitu bertele-tele. Di zholimi orang juga insyaallah gabales dendam, tepatnya
bodo amat lah. Paling diem-diem kurang respect doang, ngomongnya lebih blak-blakan
dan tegas paling (mirip nyindir, tepatnya kalo merasa kesindir kan emang orang
itu yang bermasalah. Orang tujuannya reminder
ke semua orang bukan ke orang itu doang) hahaha.
Fokus ke gue, gue itu entah kenapa sering kali awal perkenalan suka beda
dulu sama orang. Entah yang awalnya narik diri karena beda, atau gimana. Tapi
seiring jalannya waktu gue biasa juga sih sama orang lain berbaur tanpa milih
milih temen. Ketika ada temen yang heboh sendiri, terus yang satunya bilang
misal “Di maapin ya dia mah gitu”. Gue cuma ketawa senyum, dan gak
mempermasalahkan “ni orang ribet amat heboh amat”. Jadi dikenal “kagak pernah
protes” hal model gitu, ngapain amat diprotesin. Belum juga, karena gue kalo
ngomong intinya doang, biasanya beberapa suka kena langsung bales“Andai di ngomongnya
gitu amat” atau “Andai seorang Dian ngomong gitu”. I just wanna say with the fact. Emang sih cenderung jutek, bodo
amat lah. This is savage wkwkwk.
Belum gue yg sedikit keluar dulu dari pertemanan dan melihat keadaan. Mengamati
gini, gue ngapain sama temen cewek satu lagi lama-lama ke WC misal. Ngapain gue
sama temen cewek lain ngomongin “eh si ini mah gini orangnya, eh si ini mah
pacarnya si itu”. This point, gue sendiri gak suka kek gitu. Entah rasanya amat
gak penting amat, jadi lah sering gue sendirian aja paling. Bukan gamau
berbaur, rasanya ada beberapa poin yg gue pilah aja antara akrab sama yg ngapain
gue ikut-ikutan.
Makanya gue Kpopers fangirl aja temen satu sekolah, kuliah, atau tempat
umum lainnya itu jarang banget. Jarang juga gue curhat panjang lebar lewat
telpon (suka banget liat Status temen screenshot 1 jam lebih telponan hahaha).
Jarang juga gue diskusi skincare sama temen cewek. Iyalah orang gue agak
membatasi antara akrab sama ngapain gue ikut-ikutan. Paling mending sekalian
nyebur ngobrol sama temen sesama fangirl gue diluar aja. Lebih fokus hebohnya, sering
kali juga ngomongin hal yang lain alhamdulillah lebih bermanfaat saling sharing
informasi sekaligus skincare dan makeup juga, biar kaya cewek yang lain wkwkwk.
--
The last, biar kata di komplek kebanyakan para anaknya diarahkan
menjadi orang yg cukup lebih terpandang. Jadi Aparat (TNI/POLRI) lah, Jadi PNS
lah, Jadi Pramugari lah, Jadi Perawat lah. Banyak banget loh yang begini, dan
biasanya emang arahan ortunya, anaknya ada yg agak terpaksa dan mau mau aja. Tapi
gue beda. Gue milih jadi orang IT, walau berhasil debut tapi tersandung sesuatu
jadi kek orang mageran lagi (di cerita sebelumnya banyak disinggung wkwkk).
Biar kata gue dianggap agak “gak jelas banget ni anak”. Setidaknya gue masih
ada status Mahasiswi. Biarlah kesalahan masa lalu gue, setidaknya gue dari
pengalaman ini jadi belajar untuk lebih berani ambil jalur yang beda sesuai kemauan
gue sendiri. Karena gue termasuk anak yang gamau diatur. Gue juga masih
mengatur lagi mau gimana kelanjutannya kok. Hehehe
Ada part yang kadang bikin gue jadi sok sombong banget dah, hahaha. Ketika
jalur yang gue ambil agak beda ternyata sedikit menginspirasi banyak anak anak
komplek sekitar. Sedikit cerita ibu gue waktu belanja sayur dan berbaur sama
ibu-ibu lain dijadiin para beliau untuk lebih ngarahin anaknya jadi beda juga. Percaya
pada pilihan anaknya. Ada yg sama kek gue ambilnya, bahkan gue denger sampe dia
jauh lebih jago dari gue. Mantul dah. Banyak juga keragaman ceritanya, seolah
emang komplek tempat tinggal gue gak gitu gitu doang ceritanya.
Jangan takut untuk beda dari orang lain! Jika orang tertawa pada lo yang
beda, balik ketawain aja. “Hahaha lo cuma jadi yang gitu-gitu aja”
Sekian, maaf kepanjangan
Komentar
Posting Komentar