Experiment Social, Corat Coret Introvert pt 3
Hello. Kembali dengan gue yang menulis tentang
“Introvert” dari sudut pandang gue. Kali ini karena gue introvert nyaris parah
akan coba memaksa bersosialisasi dan mengamati keadaan apa saja supaya gue bisa
masuk kedunia sosialisasi pada umumnya. Tepatnya untuk “survive” dengan
keadaan.
Yang paling gue tekankan disini adalah : Eksperimen sosial dengan cewek.
Iya, bisa dikatakan gue itu agak beda sama cewek lain. Begitulah, dari
semenjak SD keknya gue merasa agak aneh kalo harus berhadapan dengan cewek
lagi. Kek apa ya, merasa tetep ada dinding dengan mereka, para cewek. Apalagi
gue bukan tipe manusia yang gampang basa-basi. Kan biasanya cewek lain itu gue
liat gampang banget basa-basi, sampe kadang ada yang jatohnya body shaming atau nyindir *eh
Emang sih, gue merasa agak bermasalah kalo bersosialisasi dengan cewek.
Bisanya gue hanya filter akrab atau gimana. Gue juga alhamdulillah bukan tipe
pemilih dalam berteman. Katakan sekitar pada ngejauhin siapa, dan gue justru
baik-baik aja berteman dengan mereka. Terus juga kadang males kalo emang gue
gabutuh, contoh diajakin ke kantin kalo gue ga kepengen jajan ngapain kekantin
wkwkwk. Paling topik ringan yang biasanya ada dikalangan bersosial dengan cewek
(non kpop) adalah tentang kuliner bandung, tempat nongkrong hits bandung
(cenderung mall), bahkan sampe skincare makeup and fashion.
--
Dimulai dengan bersosialisasi dengan cewek. Masalah gue agak reda ketika
gue berubah jadi sosok FANGIRL. YA! Gue bisa seketika bukan seperti biasanya
kalo jadi FANGIRL! HEBOH JUGA PASTINYA . Kpopers, ARMY (fandom BTS) tepatnya.
Gue seneng kalo jadi Fangirl, gue suka tiba-tiba sok kenal sama siapapun yang
ada dalam lingkungan kegiatan sesama ARMY. BTS kan Idol cowok, jelas kebanyakan
fansnya ya cewek termasuk gue. Jadi, ketika gue jadi fangirl berasa teman baru
itu berdatangan, terutama cewek. Baik yang lebih muda atau jauh lebih dewasa
dari gue, walau selanjutnya gak begitu akrab lanjut ngechat misal setidaknya
gue seneng banget kalo udah bisa mulai Sok Kenal sama orang sekitar. Iyalah,
gampang aja basa-basi pertamanya kalo sama mereka. Inilah jurus kalimat andalan
gue awal sok kenal sama sesama ARMY
“Bias kamu siapa?”
“Suka BTS dari kapan?”
“Kenapa suka BTS?”
Ada sih yang sampe lumayan akrab, malah ini dari luar kota loh. Kita
berkumpul dalam grup “Bangtan Wifeu”
ngomongin apa aja. Update terbaru kegiatan idol kita, sampe ngobrolin gajelas
dan berbobot dan diskusi juga pernah kok. Hihihi ^^. Belum lagi gue dengan
menjadi ARMY sampe nemu temen baru yang ya gue sampe maen kekost-annya di
Bandung gitu lah. Padahal baru kenal coba. Wkwkwk
--
Lanjut, ini dengan non kpop. Oke di suatu lingkungan baru, gue mulai akrab
dengan temen cewek sekitar. Sampe pada akhirnya gue memutuskan untuk coba
“Nginep dirumah temen cewek” karena memang udah ngerasa cukup akrab. Cukup
banyak sekali ngobrol cerita sana-sini. Dan gue juga perlahan masuk kedunia obrolan
itu. Dari yang mulai gaje, kadang juga sampe ngerjain ada temen cewek yg
ngantuk buat dia tetap terjaga gitu intinya. Sampe ke obrolan yang emang ada
ilmu barunya. Apa ya, gue sebut perspektif orang baru.
Contoh: gue nemuin perspektif temen cewek yang non islam terhadap pandangan
keadaan terbaru dengan ada kelompok yang mengkotak-kotakan orang lewat
agamanya.
Nah ini yang gue suka kalo udah lama akrab sama siapapun. Pasti ada ilmu
baru yang gue dapet. Ya mungkin kalo sama cewek ya butuh waktu yg cukup lama
untuk akrab sama mereka. Hehehe
--
Di masa sekolah, entah kenapa gue kalo sama temen cewek mirip auto ke
filter gitulah. Berkumpul dengan tipe yang hampir mirip sama gue. Biasanya kan
ada ya jaman sekolah tuh cewek yang tipe aktif, dan tipe kalem. Sekali lagi gue
gak pernah milih milih temen, tapi kalo kumpul bisa dikatakan agak sering
dimana, dan pastinya gue sering di tipe kalem. Gue sebut tipe kalem ini
kebanyakan adalah temen cewek yang = pembelajar (kebanyakan anak cerdas semua
ini), tenang, jarang heboh ini itu, mikir dulu sebelum ngomong. Kalo gue sebut
tipe aktif adalah = heboh ini itu, aktif dikelas, gayanya emang keren sih cukup
sering kulineran jalan-jalan gitu, sampe gue denger ini kumpulan yg suka
mengobrolkan seseorang *eh.
Walau gue seringnya di tipe kalem, alhamdulillah kalo gue kebawa rajin
belajar juga sama mereka. Nilai gue naik dirapot misal wkwkwk. Gue bilang
tipe aktif bukan mereka gak cerdas ya. Tapi mungkin kenapa gue jarang bergabung
dengan mereka karena : gue emang sering kali merasa beda kalo di grup ini.
Jalan-jalan? Sorry kadang jalan mereka dipenuhi perdebatan yg gue mikir
“ngapain gitu doang debat” dan apalagi tentang biayanya. Gue itu pelit coy,
main aja pernah sampe cuma 10 ribu gitu dan itu ke Lembang (Modal Bismillah
karena pasti ada temen baik hati tentang duit wkwkwk). Mainnya ketempat murah
meriah, makan cukup mie instan aja kalo mau makan pas main wkwkwk. Plus gue
pasti bawa air mineral kalo keluar main tuh.
--
Unik sekarang, di kuliah. Ini pasti tingkatan jauh lebih beda. Kebetulan
anak Teknik pasti cewek jelas gak banyak. Pasti disini segi umur aja jauh lebih
dewasa dibanding masa sekolah. Belum lagi “kelas karyawan sore” pastinya
kebanyakan yang para pekerja.
Jujur, gue menemukan lingkungan aktif banget. Sampe akhirnya gue otomatis
berubah jadi terlihat pendiam dan tenang cewek sendiri. Gue pastinya sesekali
akrab dan ngobrol ringan sama mereka. Cuma, ya karena tipe aktif ini lah yang
jelas gue agak kurang sinkron. Masih belum bisa gue tebak jalannya kemana,
karena terkadang gue risih kalo sampe merasa gue ikut ditarik dan di generalkan
dengan tipe mereka. NO! IT’S NOT MY STYLE SORRY...
Tapi thanks banget karena kalo salah satu lagi barengan sama gue, otomatis
mereka bisa juga menyesuaikan dengan tipe gue yang begini. Hehehe.
--
Akhir kesimpulan, gue emang masih bermasalah kalo bersosialisasi sama
cewek. Agak berkurang kalo gue switch
jadi fangirl, tapi gak mungkin hidup
gue terus-terusan jadi fangirl. Ketika gue jadi cewek biasa, gue adalah tipe yg
gabisa basa-basi. Memulai topik pun rasanya sulit. Atau sekalinya gue mulai
topik yg cenderung deep talk, maka
gue berasa terlihat banyak ngomong banget. Sisanya cuma nyimak, Sampe dikira
gue “anak cerdas nih pasti suka rangking dulu” padahal gak juga wkwkwk.
Ngobrolin topik ringan biasanya cewek juga jarang sih, mageran kah gue
masuknya?
Kalo sama cowok gimana? Ini kebalikan banget. Banyak yang nyambung sama gue kalo ngobrol. Bukan berarti
gue cewek yg getol nyari gebetan, gak juga woy. Justru kalo ngobrol sama temen
cowok walau beberapa dari mereka agak nyebelin tingkahnya setidaknya ngobrol
dengan mereka itu kebanyakan pasti deep
talk. Ada timbal baliknya, karena mereka mau ngobrolin topik ringan juga
mikirnya kebanyakan pake logika. Bahkan temen deket gue aja cowok, dari suka
gue curhatin masalah sendiri, atau masalah gebetan gue dulu *eh, atau yg paling
gue suka “kalo ngomongin masalah hidup dan tentang kehidupan”. Gila sih, makin
lama gue keasah logikanya. Alhamdulillah banget sih gue enjoy kalo ngobrol sama
temen cowok, karena semakin lama logika gue main terus sampe kalo sama temen
deket gue itu sampe debat coy. PADAHAL GUE GABISA DEBAT HAHAHA.
Mungkin ini efek sering main dengan sepupu gue dari pihak Ibu itu mostly
“Boys”. Kira-kira 90% cowok semua cuy. Dari pihak Bapak gue juga seimbang
sepupu cewek dan cowoknya. Jadi, gue inget banget sebelum TK aja gue udah
kebiasaan mainnya sama sepupu gue yang emang kebanyakan cowok. Berasa Bolang
(Bocah Petualang) banget kalo maen sama mereka, lari-lari ke jalan mana kalo
udah ngumpul, btw emang di desa gitu lah mainnya.
Oh ya terakhir, mungkin kenapa gue agak merasa beda kalo sama temen cewek
karena ini kali ya. Cewek dikenal apa-apa pake perasaan. Baperan kalo kata jaman
now tuh. Gue juga mengakui kok kalo baperan juga. Tapi karena gue berteman sama
cowok dan sampe temen deket gue cowok juga. Artinya setiap apapun yg gue pikir
dan lakuin pasti logika juga otomatis dibawa. Gak cuma pake perasaan. Itu
mungkin kali ya kenapa cewek suka heboh debatnya, gue denger sih sering bawa
“ah gue mah enaknya kaya gini” *eh
--
Buat temen cewek gue, terutama tipe aktif maaf banget kalo gue sesekali
merasa risih berada dilingkungan dengan kalian. Sekali lagi gue berusaha untuk
akrab seperti biasa dengan kalian, cuma gue gatau gimana caranya. Sejatinya gue
tetep cewek juga yg baperan dan bisa heboh (kalo kpopers). Belum dengan per
skincare,makeup dan fashionnya juga.
Gue akhiri tulisan ini. Maaf tulisan ini panjang banget ya. Thanks and bye to the next chapter of my
Introvert life 😊
Komentar
Posting Komentar