Pressure tentang Masa Depan, Nikah.
Masih umur 20 tahun udah ngomongin ini?
Btw beberapa temen lama gue aja ada yang udah nikah seumuran gue. Bahkan
dah punya baby loh.
Jadi, gue disini mau menyampaikan pendapat aja sedikit keluh kesah para
kawula muda yang jomblo. Apalagi senior teteh dan akang sekitar gue yang
umurnya udah lebih dari 25 taun. Woh para orang tua sebagian mereka udah mulai
nanyain “Mana pacar? Mana calonnya? Kapan nikah?”
Ini bahkan gue denger sih, ketika ibu gue lagi ngobrol sama ibu-ibu
komplek. Kebanyakan ibu-ibu komplek emang anaknya dah pada 20 lebih umurnya,
dan perihal nanyain pacar pas si anak ibu-ibu yang dimaksud itu marah, dan
cerita ke ibu gue “Duh masa saya tanyain gitu dia marah, saya juga pengen
nikahin anak saya” . Untung ibu gue itu cenderung paham kawula muda itu kek
gimana. Jaman now itu gabisa disamain kek jaman dulu, apalagi tinggal di kota
gitu. Tiap orang kan beda-beda waktu ketemu si jodohnya. Tiap kawula muda
bahkan salah satunya gue aja bisa jadi pikirannya pengen bebas dulu gitu.
Pengen berkarier dulu, pengen nambah – nambah pengalaman. Biar gak cuma
gitu-gitu aja pengetahuannya, karena pengetahuan gak cuma teori dari baca buku
doang.
Belum lagi acara megah dan indah, segala prosesi ini dan itunya, dimana
dibalik semua itu beberapa orang tua di komplek lah yang lebih sering campur
tangan dan mengatur semuanya dengan apik, padahal anak mereka yang mau nikahnya
aja gak suka. Atau malah bodo amat, terserah ortunya. Hmm gue cuma merasa
kasian, kawula muda sekarang beberapa terjebak momentum jaman dulunya para
orang tua mereka dan kenyataan jaman sekarang. Megah-megahan resepsi berasa
yang nikah orangtuanya bukan anaknya. Resepsi milik orang tuanya wkwkwk. Belum
juga Nikah gak tentang siapa duluan, gak tentang “mumpung masih muda”. Sekarang
aja gue mulai paham, gimanapun jaman sekarang yang mulai gila beberapa aspek, langkah
“nikah” aja itu perkara kalo memang udah siap. Bukan siapa duluan.
Dan diakhiri para ibu-ibunya bilang “iya sih ya, kadang saya juga kepengen
gitu kapan nikahin anak saya sendiri sedangkan orang lain udah mulai nikahin
anaknya”
Nah ini, kebiasaan orang-orang. Mudah “ketrigger” dan ikut-ikutan orang
lain. Bzzzzzzzzzzzzz
Alhamdulillah, ortu gue baik Bapak maupun
Ibu gue malah menyarankan gue “sana terbang dulu kemana. Banyakin pengalaman
dulu.” Bahkan sekarang
aja kalo ketemu temen temen ortu gue pas nanya kapan nikahin gue maksudnya,
udah agak keras gitu ngejawabnya negasin “masih lama lah, kuliah aja belum
lulus” wkwkwk. Bahkan sesekali suka jawab “nanti katanya kalo udah ke korea
dulu. Dia mau kesana dulu”. Hahahaha.
Iya soalnya gue sering juga bilang berulang-ulang “Pengen gitu ke korea
dulu tinggal disana dulu” gitulah intinya
--
Oh ya ada lagi. Ini sedikit agak risih kalo gue sesekali suka disinggung.
Pernah gak sih kalo misalkan belajar atau emang lagi ngelakuin hal yang
urusannya “beres-beres rumah, kegiatan dirumah” itu suka bawa-bawa “nanti kamu
harus bisa kalo udah nikah”?. Terutama pasti cewek nih yang suka kena
pernyataan itu. What????. Kadang gimana gitu, hidup gak cuma urusan tentang
nikah doang menurut gue. Cowok sama cewek juga menurut gue harus sama-sama bisa
minimal dikit-dikit urusan gitu. Coba deh ditengok mau cowok atau cewek kalo
udah merantau kan tugasnya sama aja. Harus bisa ngerjain “kegiatan dirumah”
guna ngurusin hidupnya sendiri doang. Ya kan? Jadi gue paling suka dikit-dikit
protes “kenapa gak bilang buat ngurusin hidup sendiri aja ntar belajarnya. Itu
kejauhan”. *savage :v
Jadi, gak semua kawula muda pikirannya gak sampe jauh banget ke arah
“nikah”. Maklumlah para orang tua jaman now kalo anaknya umur 20 taun atau
nyaris 30 taun belum nikah juga, karena mereka lagi enjoy mungkin sama masa
mudanya. Banyak beberapa kawula muda yang pikirannya sekedar mewujudkan masa
depan jangka pendek doang. Istilahnya coba dulu jalani aja dulu yang ada
didepan . Jadi, maklumlah para orang tua jaman now. Jangan menambah beban
anaknya yang punya pikiran sendiri, cuma gara-gara bapak/ibu pengen anaknya
cepet nikah, dan bapak/ibu cepet-cepet punya cucu juga. :v
Ya salah satunya gue kalo udah dibawa ngobrolin gini doang “ntar kan
kalo dah kerja nya berpengalaman bisa
gitu buat beli rumah”. Hahh??? Maap nih pak bu asli saya gak kepikiran sejauh
itu. Apa ya, gatau belum kepikiran sejauh itu. Gue pribadi makin lama cuma
ngejar misalkan “pokoknya pengen kerja sambil kuliah, bayar kuliah sendiri lagi”.
Udah gitu doang dulu, soalnya berkaca pengalaman dulu kebanyakan mimpi
jauh-jauh alhasil ga begitu kesampean ujungnya. Hehe
Balik lagi ke soal “nikah”. Bagi bocah 20 taun gue ini membaca, masa muda
cocoknya itu menyiapkan semuanya untuk menjadi diri yang lebih baik lagi paling
utamanya. Perkara “nikah” kayaknya kalo udah nih nikah, bakal banyak juga yang
dipikirkan mateng-mateng. Persoalan ini dan itu sepakat, gimana ngurusin aspek
ini dan itunya juga banyak yang harus sepakat. Namanya juga membangun rumah
tangga. Mau buat program aplikasi aja kalo logikanya gak sepakat yang terus aja
gak bakal berujung. Gitu
Apalagi gue njir otak blank gini gabakal mampu nampung sebanyak itu
sekarang. WUAHAHAHAAHA
We pengen berpengalaman dulu. Gak tentang karier, tapi banyak yang udah gue
kerjain lakuin semuanya berhubungan dengan sosialisasi misal, atau tentang
perjalanan, atau gimana gitu yang menuju kearah memperkaya ilmu dulu. Biar gak
blank mulu otak gue bzzz :v
Komentar
Posting Komentar