Sabar Hati – Be Patient
Basic on my true experience last Friday,
when i was back from university around 7 pm, and arrived at my home around 9pm.
Yes, i got traffic jam on the way!
Jadi kena macetnya tuh bener bener parah selama gue mengendarai motor
sendiri diperjalanan berangkat pulang-pergi kemana mana. Sebabnya tuh karena di
titik jalan utama dong yang katanya banjir cukup tinggi sampe selutut orang
dewasa (gatau sih gue galiat). Emang sih karena hujannya akhir-akhir ini gede
parah sampe gue pernah nekat masih nyetir dibawah hujan gede itu cukup perih
gaes di punggung tangan mana tetep tembus dalem jaket segala padahal udah pake
jas hujan. Yasudahlah.
--
Disini awal cerita gue gak terlalu curiga macetnya bakal separah apa. Pas
awalnya sih jalannya masih normal banget, mulai macet normal yang padet tapi
masih jalan dalam kondisi masih agak hujan cenderung gerimis, “Ah paling juga
macet di puteran balik deket polres” kirain gue gitu. Terus lama lama udah lewat
tuh puteran baliknya, eh masih macet. Ada apakah gerangan? Mana si jalanan arah
sebaliknya bener bener kosong dong.
Motor mulai pada nguasain jalan kanan, makin nyempit aja arah sebaliknya,
terus dikasih tau sama orang sekitar “Banjir
banjir selutut mending puter balik aja lewat jalan industri!”. Gue sih
percaya aja, karena banyak juga beberapa motor dari arah sebaliknya melipir kepinggir
buat ngecek kondisi motornya yang keliatan banget abis nerjang banjir yang
bahkan ada beberapa sampe ngebul gitu mesinnya. Asli saat gue ada yang bilang gitu
gue langsung buru buru puter balik. Ya Allah padahal dari situ kerumah 5 -7
menitan nyampe duh :”)
Jalur utama ini emang keliatan banget kontur tanahnya yang landai miring
kiri kanan gitu jadi pas tengah tengah perbatasan jalan itu keliatan diisi air
banyak banget bisa berasa ada kubangan gitulah. Dan kondisinya mungkin hujan
segede parah bangettttttt jadi bisa aja sampe banjir mana disitu tempat
pertigaan dari arah atas yang kontur jalannya nurun kearah titik banjir itu.
Oke udah ketebak pasti banjir, walau gatau bener / gak selutut tapi yakin
banget disana susah lewat coy apalagi motor. Padahal itu adalah jalan raya
utama dah ampun :”)
--
Oke setelah puter balik, dengan keadaan masih pake jas hujan yang pasti
agak gerah, mana udah malem, kaki juga gerah plus kesel juga gue tiba tiba ngambil
keputusan lewat arah keatas gitu. Ada 2 cabang nih jalannya, kekiri gak aman, eh
ngambil ke kanan juga gak aman pas udah masuk jalan besarnya. Oke gue kejebak
macet lagi :”) . Gue ngikutin jalan niat ke jalannya ke arah bawah yang
ujungnya adalah daerah yang nyambung sama jalur jalan raya utama namanya Jl
Pesantren, eh macet emang segila itu karena jalannya diisi 2 mobil truk berlawanan arah aja udah penuh. Akhirnya
ditengah-tengah gue mutusin belok ke arah perumahan elit dimana jalannya tuh
bakal nembus ke arah balik ke Bandung bahkan deket sekolah SMK gue dulu.
Lagi-lagi, kejebak macet. Oke sip.
Dijalan yang lebih kecil dari sebelumnya, diisi 2 mobil berlawanan arah aja
udah bikin penuh. Apalagi diisi truk pembawa barang. Kacau macetnya. Akhirnya
karena udah tau entah kapan akan normal keadaan sesak nya, gue memutuskan masuk
jalur tikus, gang kecil dipinggir beton berbatasan langsung dengan jalan tol.
Hanya muat 2 motor berlawanan arah. Itupun beberapa spot harus saling tunggu
menunggu karena cukup sempit. Akhirnya ada belokan yang agak mending dan... eh
siaduh malah bawa kita kejalan yang macet tadi. Karena didepan gue ada mas-mas
yang nanya sama warga sekitar, akhirnya gerombolan motor ini balik lagi kedalem
gang, nyusurin jalan yang dimaksud, dan ..... finally gerombolan motor ini termasuk gue keluar dari kemacetan,
dan belum sampai situ udah selesai.
Tadinya gue bakal balik lagi kejalur macet yang keliatannya lebih parah
dari sebelumnya, karena bakal ambil jalur cukup besar sebelum polres yang
sebelumnya. Tapi karena kendaraan padat disana tidak bergerak sama sekali,
akhirnya gue balik lagi ke perbatasan Bandung, untuk puter balik kearah jalur
industri yang dimaksud salah seorang pemberi tahu kalo ada banjir yang bikin
macet sebelumnya. Alhamdulillah banget, waktu lewat jalur industri ini bebas
macet banget sampe rumah. Padahal biasanya jalur industri sering banget
terdengar sama aja macetnya. :”)
--
Selama perjalanan pulang itu tentu gue kesel, ngeluh, ngedumel sendirian,
gak sabaran. Saking lamanya perjalanan jas hujan yang masih melekat tadinya
basah sampai benar-benar kering saat sampai rumah. Luar biasa sekali
kemacetannya hatur nuhun pisan. Ya
gini konsekuensi tinggal diperkotaan yang cukup padat dengan kemewahan berbagai
fasilitas cukup mudah didapat.
Tapi dengan kejadian itu gue jadi bisa ngenalin diri lagi, sejauh apa ego
gue, emosi gue, mental gue. Yang kebetulan baru dikasih kemacetan segitu
ternyata udah sengedumel itu. Setelah sampe rumah juga gue justru ketawa dan
merasa ada sedikit kebodohan yang terselip dalam mengambil keputusan sebelumnya.
Kalo aja gue balik lagi kejalur jalan raya, gue cukup menyusuri jalur balik
arah itu yang kosong sampe bisa puter balik disalah satu spot terbaik, gausah
gue harus ngikutin macet dijalur Jl Pesantren, sampe harus macet-macetan
dijalan kecil sampe harus masuk kejalur tikus juga. Atau bahkan lebih
sebelumnya lagi, kenapa gue gak ambil jalur kedeket puteran balik itu pas udah
tau macet. Ya karena gue gatau bakal separah itu ternyata kondisi lapang
kemacetan itu berada, karena gue masih dalam keadaan emosional juga lah sampe
harus muter sana sini segala kan. Oke gamasalah lah, sudah kejadian.
--
Dari sini gue dapet, kalo gak ngalamin kejadian itu mungkin gue gabakal tau
cara berdamai dengan ego, emosional, mental diri sendiri. Gue gabakal tau kalo
betapa pentingnya ambil keputusan dengan netral, tanpa dicampuri keadaan ego emosional
yang campur aduk. Gak terlalu bikin diambil pusing, akhirnya mentertawakan yang
sudah terjadi sekaligus belajar lagi.
Mungkin sebagian pengendara yang sama terjebak macet kayak gue disana ada
yang menyalahkan banjirnya, ada yang menyalahkan kenapa hujannya selebat itu,
atau bahkan ada yang menyalahkan pemerintah yang gak bener buat saluran airnya.
Alhamdulillah, kalo gue sadarnya gini. Biasanya abis banjir itu pas surut suka
banyak banget sampah bertebaran di jalanannya. Gimanapun kontur tanahnya,
jalannya kalau sampah nyumbat saluran air juga ya jadi gak maksimal dong
penggunaan saluran airnya. Gak usah terlalu banyak nyalahin aspal jalanan,
beton trotoar lah (walaupun ini juga agak ngaruh). Toh yang ngekonsep modernisasi
tata kota itu gue yakin tau teknik pengairan airnya gimana yang bagus.
Iya, lagi lagi sampah masalah manusia dinegara berkembang ini. Lantas gue
pun berkaca bisa saja masa lalu tak sengaja ikutan buang sampah sembarangan
juga, dan semakin sadar semakin disiplin persoalan sampah. Buang sampah pada tempatnya, siapa tau mengurangi dampak terjadinya
banjir diperkotaan.
Ayolah jangan sok-sok nyalahin pemerintah kalo lu sendiri gak sadar diri!
*jangan kayak waktu gue ke daerah asal bapak gue. Di pinggir sungai udah
jelas jelas ada papan “DILARANG BUANG SAMPAH KEALIRAN SUNGAI”, enak sekali
beliau lempar kulit pisang tepat didepan gue dari arah rumahnya melewati jalan
selebar 1 mobil. Auto misuh gue wkwkwk*
Komentar
Posting Komentar