Toxic Masculinity
Sebenernya ini pernah diributin udah agak lama, tapi gue pengen sedikit
nulis pemikiran gue tentang sebuah Toxic
Masculinity.
Jadi, maksudnya itu adalah tentang streotip manusia manusia yang masih
hidup sampe sekarang tentang “Cowok harusnya kayak gimana”, dan “Cewek harusnya
kayak gimana”. Banyak banget manusia yang tiba tiba ngebuat streotip itu,
akhirnya ngundang pressure terhadap
manusia generasi selanjutnya. Sering banget dibahas dan banyak banget macem
aturan aturan kalo hidup jadi cowok tuh harus gimana, dan hidup jadi cewek tuh
harus gimana.
--
Gue sebagai cewek yang terlahir emang agak beda, niat mau manja-manjaan
sama temen cowok tetep aja gue dianggap cowok sama mereka HAHAHA. Tentu gue ada
sedikit cerita tentang gimana gue menjalani jadi cewek yang agak beda. Terutama
dilingkungan sesama cewek.
Singkatnya selama sekolah sampe SMP, kebanyakan sih masih menganggap gue biasa
aja, Alhamdulillah. Tapi ada beberapa yang merasa aneh kalo gue berbeda dari
mereka. Segi pakaian, segi gerak-gerik, segi haha-hihi heboh kalo ngobrol sama
mereka atau sebut aja societynya.
Mungkin sebagian juga ada yang tau stigma cewek kalo udah ngumpul ngobrol bakal
gimana. Nah selama itu gue selalu jadi yang dengerin doang. Rasanya mau motong
pembicaraan juga bingung. Oh ya, bonusnya gue pernah lah masa sekolah itu sampe
ada yang kurang suka dan nganggap gue aneh. Hehehe
Sebenernya itu juga masih ngebekas sampe sekarang. Cuma cukup diminimalisir
semenjak SMK sampe Kuliah bahkan jaman Kerja aja banyaknya teman/rekan cowok.
Jadinya gue gak ngerasa banget tekanan gue akan ketara banget bedanya sama para
cewek. Tentu aja manusia introvert ini emang paling gabisa basa-basi, segi
bacot lebih suka debat sama cowok. Bukan cowok akan selalu ngalah sama gue.
Tapi arahnya gue suka, mereka kan cukup ngotot sama logikanya. Hahaha. Rasa
rasanya dengan masa lalu itu gue sampe punya pandangan sendiri kalo ngobrol sama
cewek harus agak hati-hati bisa aja sampe baper
dan berujung digosipin yang engga-engga. *eh
Selama itu gue banyak belajar. Gimanapun gue gak akan pernah bisa ngikutin
streotip cewek yang “katanya” itu. Gue akan bukan gue kalo memaksakan seperti
itu, gue udah punya ciri khasnya sendiri ibaratnya. Be my self aja lah. Tentu makin kesini tau ada kok beberapa cewek
diluar sana yang mirip-mirip kek gue. Dan yang gue ceritain diatas tadi tentu
gak negatif juga. Dari mereka banyak juga yang mau ngobrolnya kearah yang
“ngotot” sama logikanya.
Bonusnya, sampe gue anehnya dulu graduation
SMK aja sama sekali no makeup!
Tau make up justru semenjak lulus
doang pas masuk Kerja sampe sekarang.
--
Buat streotip cowok, sering yang gue denger tentang brengsek lah, cowok
harusnya macho lah, cowok harusnya fisiknya keliatan gagah lah, cowok gak boleh
nangis lah, cowok gak boleh lemah lah, cowok skinkeran dan mungkin ada yang
makeup an disebut banci lah. Waduh hidup jadi cowok serba salah amat ya wkwkwk.
Gue agak sedikit mematahkan yang sedikit disebutkan diatas. Karena semenjak
SMK lah gue cenderung jauh lebih akrab sama cowok. Disini gimana gue mau
baper-baperan ala kisah cinta masa sekolah mereka aja nganggep gue cowok. Jadi
sedikit tau lah problematika streotip tentang cowok diatas. Apalagi semenjak
gue mengenal dunia oppa-oppa Korea
Selatan dari jaman generasi 2 sampe generasi sekarang itu idolnya kan masih
setia membooming dibelahan dunia manapun, salah satunya Indonesia.
Kalo soal contohnya cowok harusnya fisiknya itu keliatan gagah, dan yang lain
gue sebutin sebelumnya, gue rasa banyak temen cowok gue bermacam-macam banget. Gak
semua brengsek juga salah satunya.
Yang nyebelin segelintir manusia yang sering banget nyerang kaum kpop /
orang korea sendiri dengan kata “pl45t1k” lah. Cowok sana pada homo lah, lebay
kayak cewek lah. Serah lu aja dah!
Pernah gue baca. Ada yang berpendapat bahwa cowok itu berpenampilan “macho”
harusnya terlihat lebih tanned,
ala-ala petualang sejati lah, penuh beberapa luka lah, berotot kekar lah, bau
badan khas ala cowok sang petualang lah. Terus dia tak lupa menyelipkan foto
foto yang kebanyakan aktor hollywood
yang suka muncul di film perang gitu loh. Aduh jir tidak toleransi berarti tuh
orang nutup mata banget kalo sebenernya ada cowok yang emang genetiknya udah
putih kek orang Asia Timur woy. Belum beberapa di Amerika dan Eropa sendiri
banyak juga kan yang berkulit putih juga. Dasar pake smartphonenya kurang jauh kali infonya jadi main sama ratain
harusnya gimana!
Belum kalo ada segelintir orang yang judge
para fangirl kpop “eh ngapain lo
suka sama cowo lebay gitu”. Ya marahlah kebanyakan dari kami. Wkwkwk cari gara-gara
dah.
--
Untuk gue sebagai fangirl kpop, suka
suka gue lah nganggep cogan bagi gue itu salah satunya orang Korea! Mau gue
sukanya cowok kek gimana serah gue dong. Situ nganggep cowok itu kalo bla bla
bla ya kan itu tergantung situ lah. Tiap manusia gak pernah sama pandangannya
terhadap sesuatu.
Jadi menurut gue, seharusnya gak harus banyak tentang “cowok tuh mustinya
begini” “cewek tuh mustinya begini”. Gue rasa emang ada dasarnya, salah satunya
dari agama misal. Tapi ya gabisa bener bener dipukul rata juga dong, apalagi kalo
urusan visual semata. Orang orang kan beda dong tentang sifat dan
kepribadiannya juga.
Sekian tulisan gue agak random tentang kejengahan terhadap pandangan
manusia manusia yang suka pukul rata cowok tuh begini lah cewek begitulah.
Terserahlah
Komentar
Posting Komentar