Backpackeran ke Bromo

Halo. Kali ini mau coba sedikit berbagi informasi seadanya, karena ternyata saya lupa dengan dokumentasi-dokumentasi lainnya 😔😑

--

Oke, perjalanan nekat dan perdana saya untuk mencoba kereta kurang lebih 15jam dilalui dengan Stasiun awal Bandung, dan akhir di Stasiun Malang. Tujuannya adalah, ya pergi ke Bromo. wqwqwq

View dari Seruni Point


Akomodasi Kereta, coba pake Ekonomi KA Malabar dan dapet diharga RP 220.000 sekali jalan dengan PP yaitu Rp 440.000. Sebenernya baca ada sih yang harga 120k, 170k, cuma lagi zonk gadapet harga semurah itu. Karena ternyata, pas berangkat dan pulang ketemu ROMBONGAN YANG SAMA. IYA, ROMBONGAN NYARIS 3 GERBONG (campur Ekonomi, Bisnis)
Contoh acak harga kelas ekonomi. Silakan cek saja baik di KAI langsung atau yang lainnya


Maaf banget beneran gabisa foto keadaan gerbong sama sekali. Coba aja deh kalo biasanya naik Ekonomi kaya gimana. Bisa lah umpamakan dengan kondisi KA Bandung Raya Lokal Padalarang - Cicalengka. Kereta yang biasa, bukan yg contohnya Argo Parahyangan (Gambir-Bandung) alias beda banget kelas Ekonominya.

--

Sedikit cerita tentang keadaan perjalanan kereta, emang waktu keberangkatan itu diliat ini kenapa rata-rata sama semua pakaiannya. Belum ada drama minta tukeran tempat duduk di keberangkatan pertama, bisa apa gue lawan ibu-ibu ngotot 😢. Tau-taunya ya emang pada rombongan ada acara di Malang gitu. Masih santuy pas berangkat karena akses ke Toilet agak mudah juga, karena emang duduknya nyaris deket ujung. Ya siap-siap aja dengan cukup pegal karena kursi cenderung tegak sekali. Kebetulan saya kerja duduk terus, lanjut perjalanan malamnya dengan kereta api yg lama waktunya walhasil akhir-akhir sekitar 5 stasiun menuju Malang saya berdiri (tapi gak di lorong kereta loh ya, JANGAN! 😡) di area tempat duduk saya. Mantap

Perbedaan dengan perjalanan pulang, YA ALLAH KESEL BENERAN. Dapet se gerbong tuh orang-orang rombongan bar-bar atau gimana sih bulak-balik terus udah kaya pasar. Duduknya lumayan banyak yang nyamping dan nutupin lorong. Sampe harus pinter-pinter cari waktu buat wudhu karena ya, para bapak-bapak lah yang cukup banyak jalan-jalan itu. Dan kebetulan emang dapetnya di tengah-tengah lagi buat duduknya. Mana pas sampe Stasiun Bandung nih, NAPA ORANG-ORANG DAH PADA MASUK DULUAN, GUA MAU KELUAR SUSAH BENER GILA CHAOS GIMANA COBA KALO KEBAWA KE STASIUN SELANJUTNYA. YANG TAMBAH KESEL ORANG DI GERBONG ITU KENAPA PADA BELAIN YANG BARU MASUK SIH KESEL ASLI 😡.

Mungkin itu bumbu kalo naik ekonomi, atau karena zonk aja kebetulan dapet rombongan entah dari mana kok bisa kelakuannya mirip-mirip. Oh ya sama beberapa ya gitu soal kebersihan dikereta, ya bahkan toilet tidak disiram pun ada kok. Hadeuh 😪

Plis kawan, kalian mau naik kereta kelas manapun. Perhatikan juga kenyamanan orang lain. Jangan mengotori lantai kereta, pastikan siram dengan bersih kalau pakai toilet untuk BAK/BAB. Hindari lalu-lalang tidak sesuai kebutuhan di lorongnya itu karena ngalangin orang yang bener-bener butuh lewat gais. Ayo jadi penumpang yang cerdas ya 😃

--

Sampailah di Stasiun Malang, untuk perjalanan Bromo sih kemaren ambil via Cemoro Lawang, Probolinggo masuknya. Karena gabegitu kegambar bayangan transportasi kalo lewat Malang Tumpang, kebetulan datang disaat Bromo sedang tutup kawasan bebas kendaraan bermotor (Wulan Kepitu Suku Tengger ya). Jadilah perlu ke Probolinggo dulu.

Pertama, perlu lah kalian setelah keluar Stasiun Malang cari angkot yang kearah Terminal Arjosari Malang. Dengan kode AL/ADL didepan mobilnya. Arahnya ke kanan setelah keluar stasiun ya



Nah ini Angkotnya yang Biru. Tanya aja ke Terminal Arjosari. Persis keluar Stasiun Malang kok. 

Untuk ongkos sendiri, sekitar Rp 5000 saja. Nah uniknya, waktu ngobrol sama Pak Supir yang nanya kita mau kemana dengan tujuan Terminal Arjosari. Setelah dibilang mau ke Probolinggo dengan Bus PATAS, eh taunya ditengah jalan diberhentiinlah bus yang lewat. Jadi gak bener-bener ke Terminal Arjosari dulu. Terima kasih pak supir atas kebaikannya. Jadilah ekspress gitu langsung otw Probolinggo


Kurang lebih estimasi dari Stasiun Malang ke Terminal Arjosari
Untuk Bus dengan tujuan Probolinggo di Terminal Bayuangga, kalo search ada pilihan sih. Mau Bus biasa, atau Bus Patas AC. Kebetulan saya naiknya Bus Patas AC. Tulisannya AKAS gitu. Dengan ongkos Rp 35000 saja. Untuk via Tol sendiri, saya baru sadar ternyata saat keluar ke Pasuruan dulu, jadi pas di Pasuruan menyusuri sampai Probolinggo via jalan raya biasa. Estimasi perjalanan kurleb 2 s.d 3 jam
Kira-kira suasana dalam Bus Patas AC AKAS tujuan Terminal Bayuangga, Probolinggo
Terminal Arjosari. Tanya aja ke sekitar bus ke Terminal Bayuangga yang mana

--

Sampai di Terminal Bayuangga, carilah mobil sejenis Elf Bison itu. Lokasinya berada diluar terminal. Nah ini yang awalnya deg-degan khawatir. Karena, mobil tersebut ongkosnya tergantung dengan jumlah penumpang. Normalnya 15 orang bisa sampai hanya Rp 35.000 saja. Kalau kurang dari 15 orang? Nah menyesuaikan. Ngeri sih pas baca ada yang baru 3 orang saja, walhasil jadi perlu bayar sekitar Rp 100.000 lebih. Waduh, mana cukup sore baru sampai di Terminal Bayuangga, kurleb jam 4 kurang gitu ya :")

Langsung kearah yang dilingkari merah untuk mencari Elf ke Cemoro Lawang

Elf / mobil Bison tersebut persis ada di sekitaran sini

Sedikit cerita, disini ketemu lah bule yang mau ke Bromo juga. Dengan Inggris level bobrok saya, dikit-dikit ngerti lah kita bahas apa aja ngobrol. Bule itu bertiga, Bapak Ibu dan anaknya bocah kecil cowo gitu. Belum barengan ngebakso dulu, ternyata ketagihan kuah baksonya sampe nanya Indonesianya itu tuh apaan wkwkwk. Terus si anak kecil nanya ke saya suka kucing ga karena ada kucing deket-deket tempat ngebakso. (ya karena saya juga manggil-manggil tuh kucing sih)
Dan ngobrol tentang mau lihat Sunrise ya ke Bromo, nanyain ke gue baiknya siap-siap jam berapa buat liat Sunrise. dan nanya-nanya dari mana kita ini. Mengira saya dan kedua orang kawan adalah anak sekolahan katanya.

Suatu ketika mungkin si bapak bule pergilah karena kurang jelas kapan berangkat pake elfnya. Pergilah para bule itu. Makin was-was. Untungnya happy ending. Walau sampe ngaret jam 5 sore baru otw, tapi saya bersama 2 orang teman barengan dan si bule itu. Gila sih supir elfnya bener-bener ngejemput si bule lah, sampe ngawasin biar kita semua gak kemana-mana.

Ngobrol-ngobrol dengan supir elf, katanya mereka sampe harus nunggu 13 hari buat dapet penumpang lagi. Itupun jatohnya agak rugi katanya, 6 orang dengan bayar perorang Rp 50.000 saja. Sebetulnya bule dipatok Rp 75.000, sampe supir elf bilang ke saya "kalo bule nanya berapa bilang 75000". Eh entah kenapa bulenya malah bayar Rp 200.000 minta kembalian 50.000. Wadidaw.

--

Ceritanya agak ngebut lah otw dan nganterin bule dulu ke penginapannya. Si anak kecilnya lucu sih kalo berpisah pasti dia dadah dan bilang "See you tomorrow". Sampailah ke Cemoro Lawang, dekat Pos 1 masuk Bromo. Belum sebelumnya tiket masuk Rp 20.000 perorang. (karena setau saya lebih dari segitu kalo weekend datangnya) Pas bilang sebenarnya tujuan untuk camp di Bromo, eh ternyata orang lokal pada aneh. Dan was-was katanya, melihat kami bertiga hanya perempuan semua. Lucunya, sampe nyuruh "camping disitu aja" alias di area PAVING BLOCK wqwqwq. Yasudah main aman pesan penginapan mendadak Rp 150.000 satu kamar. Suhu disana lumayan dingin juga ya. Lantainya aja dingin, air disana? Lebih dingin lagi . Mandi ya berasa ice bucket challenge, kemudian tidur pun walau pake sleeping bag tetep dingin andai. wadidaw

--

Ada benarnya percaya orang lokal. Emang ga keliatan sih ada yang camp layaknya niatan awal. Ketika otw balik lagi penginapan setelah sebelumnya ke Seruni Point dan jalan kaki menyusuri turunan sampai motong jalan perkebunan warga menuju savana dan pasir berbisik Bromo.

Cerita tentang otw Seruni Point, singkatnya tadinya mau coba jalan beneran keatas. Sekitar jam setengah 4 subuh siap-siap. Akhirnya dengan perkiraan biar cepet sampe atas, kan ada ojek tuh nawarin 100k bertiga. Yaudalahya oke, karena biasanya ojek disana itu 50k sekali jalan. Berhenti gak sampe ujung banget, harus trekking dulu. Ya bener juga namanya tanjakan jadi cukup memperlambat langkah kaki. Walau gadapet view sunrise yang oke, tapi setidaknya clear sekali Semeru, Bromo, Batok dan langit biru yang cerah mempercantik hasil bidikan foto. Tidak nyesel lah untuk otw Seruni Point tuh.

Turun mencoba trekking. Ah dipikir turunan gak terlalu cape. Dengan coba-coba menyusuri perkebunan warga pula. Awalnya ada orang lokal sampe minta uang kalo mau dianterin. Taunya? ada yang baik banget padahal kukira si bapak itu naik motor nunggu apa gitu pas dibelokan mana. Eh taunya nungguin kami turun buat nunjukin jalur benernya. Beneran udah kaya turun gunung jalurnya wkwkwk. Terus menyusuri savana yg mayan juga jauh ya wkwkwk. Sayangnya, saya sendiri emang agak kurang disisi ankle yang udah kerasa berdenyut juga. Jadinya gabisa lanjut keatas kawah. Belum emang takutnya telat sampe Stasiun Malang lagi sih. Yasudah, mungkin dilain waktu buat main-main ke Puncak Kawah Bromo

--

Sudah saja sekian perjalanan kurang lebihnya. Mungkin ada sedikit tips kali ya. Kalo soal nego harga ojek, kayanya kemaren karena low season mayan juga pas turun dari Seruni Point agak jual mahal si kami jatohnya jadi 50k bertiga. Wih gokils ga tuh murah. Buat sewa Kuda? Denger-denger PP Cemoro Lawang - Bromo 250.000. Mungkin bisa dinego lagi. Tapi tetep mau coba jalan kaki. Ternyata karena sebelumnya harus naik dulu sedikit buat ke Seruni Point dan kebanyakan jalan terus pas turun, yah sayanya nyerah untuk jalan lanjut Kawah wkwkwk. Oh ya dan diburu waktu pulang juga sih :")

Buat perjalanan pulang? Karena dikejar waktu mau gamau agak harus mengeluarkan budget lebih buat rental mobil tujuannya biar persingkat waktu. Ya walau sebel sih.

Udah segitu aja. Maaf kepanjangan, semoga ada gambaran buat yang mau main ke Bromo.


Komentar

The Most Beautiful Moment in Life
Forever , We Are Young. Even when i fall and hurt my self, I keep running towards my DREAMS - BTS, Young Forever