Esensi Kuliah
Karena suatu lain hal, gue sampe kegiatannya cuma kuliah doang. Dan, selama
itu jugalah gue banyak banget ilmu baru. Walau pun modal bersemedi di media
sosial, baca baca berita, informasi. Iya, sobat missqueen modal hape dan kuota
ya gimana lagi wkwkwk
Jadi, setelah gue bener-bener merasakan gimana kerja + kuliah itu. Nyatanya
saat kemaren gue belum menganggap bahwa belajar apapun gak bikin rugi, jadinya
gue terseok-seok keduanya. Kemaren tuh gue kerja juga belajar hal baru, apalagi
kuliah yang notabenenya emang belajar beberapa matkul. Dan gue masih ada yang
menjanggal aja, bahwa keduanya amat sangat belum sinkron gitu.
Singkat cerita, gue kemaren kerja itu belajar hal baru kan. Sering di
notice di tulisan sebelumnya, bahwa gue hampir pengen memaki ketika kemampuan
gue menangkap pelajaran baru namun dikejar deadline mulu. Jadi efeknya gue
bener merasa kayak “Yaampun ngapain gue belajar ini. Berasa bakal balik lagi
jadi fresh graduate SMK”. Dan itu
ngebuat gue jadi bingung sama diri sendiri “Worth it gak sih gue ada di jalan
ini?”
Belum lagi belajar manage waktunya. Iya, sampe kemaren kerja ada
diiming-imingi kita dibaik-baikin kemudian ada maunya udah biasa. Weekend kagak
ada, kemudian gue yang ditunggu setelah kuliah malem “CEPET DIBERESIN” dimana
“WOY GIMANA GUE NGEBERESIN INI”. Satu titik otak gue gak kuat, lalu tumbang
hahahaha. Dan jadi makin lah berpikiran “ah gila gue kerjain kek gini dan
dipaksa buat bisa secepat kilat worth it
gak sih buat gue”
Skip, intinya karena singkat cerita sebelumnya jadi ngebuat gue mikir juga
nih.
“Masa iya lo mau gitu terus pikirannya. Berasa memilah mana yg mau
dipelajari mana gabutuh buat lo”
Karena kuliah juga gitu. Gue masih milih milih matkul mana yg worth it buat gue mana kagak. Apalagi
gue yang pelajaran berbau MTK pernah kereset saat kelas 12 jadi bego aja waktu
di kuliah. Kagak paham sama sekali. Jadi gue skip gitu lah.
Namun, gue bener bener coba mensugestikan diri bahwa :
“BELAJAR APAPUN KAGAK RUGI. KAGAK ADA ILMU YANG BIKIN RUGI”
Iya, karena dunia ini terus berjalan waktunya dan Everyday is learning.
Semua makhluk di dunia ini gue yakin pasti harus terus belajar. Kucing pun
akan tau aturan BAB kalo misalkan sering kali dikasih tau majikannya “Miaw,
kamu kesini kalo BAB” sambil ngasih gesture kalo disitulah itu tempat kucing
buat BAB. Apalagi manusia yang dikasih akal dan pikiran didalam otak. Harus
digunain untuk terus diisi. Ya sesuai berjalan waktu aja akan tau otaknya perlu
diisi apaan aja. Gitu.
Maksud gue sesuai berjalan waktu. Katakan lo masuk kuliah jurusan
Akuntansi. Berarti ya harus dong coba menerima segala matkul yang tersedia
untuk dipahami. Toh gak rugi buat belajar. Gue yakin banget, suatu saat bakal
gak sadar bahwa salah satu pelajaran yang pernah kita pahami akan kepake disuatu
waktu yang tak terduga.
Misal, ternyata dalam jurusan Akuntansi ada ekstrak peminatan bahasa
Mandarin. Tapi lo merasa “ngapain gue belajar Mandarin”. Bisa aja kan ada
kondisi waktu ntar kerja, tau tau nemu berkas Mandarin dan ternyata lo bisa
baca dan ngerti. Bonusnya kalo punya partner kerja orang Mandarin ya bisa bantu
bantu dikit komunikasi gitu.
Begitupun gue, yang ketika gue denger orang lain merasa bahwa semester 3
adalah mulai naik ke masa sibuknya kuliah. Justru saat semester 3 lah gue
ngerasain “Esensi kuliah itu apa”. Emang gue masih dikategorikan “Kuliah kelas
sore, kelas karyawan”. Gue masih stand by
disana karena gue yakin bakal kerja lagi BAHKAN HARUS BAGI GUE. Katanya kelas
karyawan biasanya diringankan. Gue gatau bedanya, tapi gue yang pengen tekankan
toh mau kelas apapun sama-sama belajar kan.
Semenjak gue merasa semua ilmu itu gak rugi buat dipahami, akhirnya gue
berhasil pelan pelan memecah “kebegoan” gue soal Matematika. Setidaknya 30 %
materi MTK udah mulai bisa diterima pelan-pelan sama otak gue. Belum dengan
matkul lainnya juga. Pelan-pelan gue merasa seru aja kok belajar ini itu. Walau
emang bingung parah dulu misal awalnya.
Dan menurut gue juga, ini berlaku buat ketika gue balik lagi kerja + kuliah
kembali. Jika gue udah sering mensugestikan diri bahwa belajar apapun itu gak
rugi, insyaallah akan lambat laun bisa adaptasi dan merasa seru juga kok buat
belajar ini dan itu. Belajar saat kerja, dan belajar saat kuliah juga. Akan sinkron pada waktunya, dan menerima lalu
enjoy dan nikmat yang ada. Bersyukur... diberi kesempatan bisa kuat belajar
sampai segitunya misal.
Ilmu itu berkah juga. Gak rugi belajar apa yang ada didepan mata. Perkara
keluar hasil pendapat baru, apalagi yang menjurus kearah negatif. Itu sih
tergantung orangnya aja persepsinya gimana setelah belajar ilmu baru.
Semangat belajar sebanyak-banyaknya ! 😊
Komentar
Posting Komentar