URGENT, END VIOLENCE!
Jadi, kemaren gue menemukan “Ada keributan apa di jagat twitter ini?” (Semenjak gue memutuskan vacum Instagram dan pindah jadi netijen twitter)
Lalu, yang amat sangat masyaallah bagi gue adalah : Kekerasan dan pembullyan
terhadap seseorang yang membawa atribut backpack berlogo BTS aleias Doi itu
ARMY. Inti ceritanya yang gue dapet adalah :
-Ambil Tasnya Doi dan si Bangsat bakar
-Menghajar sampai berdarah
-Dilemparin barang, tepung dan diguyur air panas.
(Sebelumnya thanks to ka http://twitter.com/KNJDOYOU yang
sudah mentranslatekan dari thread English kedalam bahasa Indonesia *dimana itu
awalnya dari thread Spanyol ada yang udah ngetranslate gitu*)
Selanjutnya ceritanya itu, doi yang dibully mencoba nanya gitu (sumber sih
keliatan dari facebook) dan mencoba membela . Kira-kira ini isi percakapannya :
Doi : “Masa
iya cuma karena gue suka BTS gue harus dihajar, dikata-katain gak jelas,
dilemparin barang terus harus oke2 aja dengan komen xenophobic (ketidak sukaan)
kalian?”
Bangsat : “ iya”
Doi : “Lu
pikir itu normal? Gue nanya ke lu karena bangsat yang ada cuma lu, tapi mereka
semua juga kena”
Bangsat : “ Buat gue itu normal, toh gue juga ngehajar
semua Army yang gue liat, cewek murahan kaya mereka tuh gak pantes idup”
Lalu ada komenan membully yang paling menohok adalah
“Udah deh gak usah caper pakai post
soal hilangnya moral ............<gue langsung keintinya aja ya. Karena
inti gak ngertinya itu mungkin urusan mereka> Army Payah. Udah atur aja buat bunuh diri, dunia ini terlalu kejam
buat lu”
--
HELL?! Sejujurnya
gue masih belum paham is it real or fake
on RL? But I think from comment on each other Doi dan si Bangsat juga udah
jelas kalo itu masuk dunia “Cyber
Bullying”. Lu kira di medsos kagak bisa disebut Bullying juga?
Bullying itu sumpah udah gak sehat. Omongan dan sekedar
kata-kata doang tapi kalo jahat bisa ngebuat si korban kepikiran berhari-hari
coy. Tiap orang beda cara ngatasin kalimat negatif yang mengarah ke mereka. Ada
yang bodo amat, ada yang sampe kepikiran dan ngebuat KORBAN DEPRESI WOY.
DEPRESI juga beda konteksnya. Kalo korban udah gak tahan, bahkan naasnya bisa
sampe kepikiran BUNUH DIRI WOY. Lalu apa Bullying
masih dianggap bercandaan yang lumrah?
Bullying itu yang sering kebanyakan tentang body shaming. “Eh lu udah gendut, pendek,
bla..bla...” contohnya. Lalu bully
dengan perbedaan kelompok, “berbeda” pun kena bully. Dari sekedar “ketikan, omongan”, lalu kemudian berlanjut
pada kekerasan fisik yang fatal. Korban udah disakiti secara mental, lalu fisik
juga. Are you sure really a human?
Ya ini, salah satunya fandom “Army” yang kena bully juga. Mungkin karena beda “woh dia Army, ayo hajar”. Emangnya
itu wajar?
Sebenernya kasus Cyber bullying
ini sempet ditelusuri ada beberapa kondisi yang cukup mengejutkan. Dan hampir
ngebawa fanwar juga (atau udah?). Gue disini gak akan sebut fandom apa, tapi
intinya menurut gue. FANWAR SAMA BULLYING ITU BEDA KONTEKS. Fanwar ya Fanwar, Bullying ya Bullying
Yang gue liat Fanwar juga kebanyakan
saling serang gitu lah, sindir sindiran lah apalah (sejujurnya ini rame bagi
gue sekedar silent reader juga,
seperti mentertawakan ke immaturean semua
belah pihak yang ikut fanwar wkwkwk)
tapi disini konteksnya dua duanya suka ngajak ribut gitu loh.
Kalo Bullying? Si pelaku
habis-habisan ngehajar si korban. Cuma “dikata-katain” lewat sosmed dan
menyudutkan si korban juga udah masuk Bullying
kan?. Dan ini berlaku di aspek apapun. Katakan orang yang keliatan “lemah” lah
diserang sama sok superior itu.
Apakah karena beda harus di serang? Apakah karena beda dengan lu harus
musnahkan? Menurut lu sih para pelaku itu suatu kepuasan sendiri, “Cuma bercanda
aja”, atau ada kepuasan untuk memusnahkan yang kalian benci? HELL! Please let respect each other, see each
other as human being!.
Kembali ke konteks yang kenapa gue nulis ini. Apa jadi seorang fandom ARMY
itu salah? Apa gak boleh hidup didunia ini layaknya kalian para Bangsat?
Sebegitu bencikah sama ARMY ? Apa ARMY ada kesalahan fatal sampe kalian
diliputi rasa benci yang mendalam lalu nyerang ARMY dengan begitu mudahnya?
*demi kenyamanan
gue crop aja sih. Sebenernya jejak medsos itu gampang dicari, tapi ini gue
ambil contoh para pelaku yang mudahnya ngomong kek gini udah berasa gak pada
punya otak aja*
Kata kata diatas ini lah, walau cuma “KATA-KATA” kalo pedes juga maknanya,
ITU JUGA KEKERASAN BNGST!
Sebenernya gue kasian sih kalo dari sisi ngeliat pelaku. Keknya bangsat ini
dia juga punya masalah tentang dirinya, semakin dia begitu dimana gak tahan
kalo gak menindas orang lain, semakin rendah juga martabat mereka, yang
kehilangan dirinya dan memilih untuk nindas orang lain.
Semoga diberi hidayah dimanapun kalian para pelaku!
#EndViolence


Komentar
Posting Komentar