Jadi Gini, Corat Coret Introvert pt 2
Gue kembali menulis disini lagi setelah sekian lama bergumul
dengan keadaan mood swing gue. Yang kadang bikin gue ngerasa kesel sendiri,
kenapa gue gini amat.
Tapi, alhamdulillah perlahan untuk bangkit lagi. Dan menikmati apa aja yang
udah gue lakuin selama ini semuanya pasti ada hikmahnya. Dan ya, gue berada
pada posisi untuk coba lebih percaya dan senyum pada diri sendiri, dibalik
apapun yang udah gue terima semua pengalamannya pasti membekas ada manfaatnya.
Gue yang mulai mengendalikan diri untuk “pasti bisa gak nervous”
Gue yang mulai sok akrab sama orang, kebetulan ini baru terjadi atas nama
sesama fangirl aja sih
Gue yang mulai berganti pemikiran karena banyak banget masukan dari
siapapun. Udah mulai bisa gak sekaku dulu intinya.
Bisa mulai mengendalikan diri untuk “pasti bisa gak nervous lagi”. Intinya
ini gue masih belajar juga. Beberapa pengalaman terdahulu gue yang aktif komunikasi
dengan klien secara langsung, salah satunya. Itu juga ada efek mental gue yang
lebih terlatih dari sebelumnya, karena gue di tahun 2016 sama gue sekarang itu
pasti ada perubahan dan harusnya jauh lebih baik. Begitukan?
Mulai sok akrab sama orang, kebetulan semenjak gue masuk ke fandom ARMY
(fans BTS) lah waktunya. Walau modal sosialisasi via medsos, itu juga udah
mulai ngelatih gue sok akrab, bahkan ketemu juga gitu. Setidaknya gue gak
sekaku dan bingung dulu, kalo ketemu orang. Karena kebetulan udah mulai sering
banget diskusi sama banyak anggota baru dari grup medsos atas nama ARMY. Bukan
soal tentang mencintai dan support BTS aja loh, tapi karena kita sering
terlatih teori dan banyak pesan dari semua karya BTS yang menguras otak kita
untuk lebih berpikir kritis. Berakhir dengan sering banget terbuka soal diskusi
diluar BTS (sekaligus curhat), saling memberi masukan tak pandang usia
(maksudnya muda dan lebih dewasa kalo bijak ya sama diterima kan?), lalu saling
support untuk kelanjutan kehidupan dan karier setiap anggota.
Nah untuk pemikiran, ini semua
berkat banyak ketemu orang baru. Akhirnya saling tuker pikiran, dan tuker
pendapat tentang banyak hal. Gue makin lama belajar untuk melihat sesuatu dari
berbagai sudut pandang. Gak cuma 1 sudut pandang aja.
Contoh kasusnya. Kenapa sebagian cewek ada yang makeup-an tebel banget
sampe jauh dari wajah aslinya? “Nipu banget sih”, “Gak bersyukur banget sih
masih dikasih muka juga”, “Gila segitunya buat tampil cantik ya” ini biasanya
terlontar dari sudut pandang negatif. Betul?
Tapi balik ke adanya makeup didunia ini untuk apa. Untuk mempercantik diri kan?
Untuk kasus sebagian cewek yang cenderung makeup berlebihan sampe keliatan nipu
ya itu hak mereka sih menurut gue. Mereka emang pedenya makeup-an segitu ya terserah.
Walaupun gue termasuk yang risih kalo diri gue sendiri pake yang bener bener
menor warnanya misal.
Belum dunia karier gue. Yang udah nyebur dan renang-renang didunia IT. Dengan
pengalaman gue yang baru beberapa juga udah banyak juga ketemu orang-orang
baru, jauh lebih senior kah, atau profesi yang tak sama dengan gue (IT itu luas
pasti banyak profesinya). Gue jadi banyak denger cerita dan masukan masukan
pengalaman mereka. Dan gue semakin tersadar, perlunya sikap adaptasi gue dengan
teknologi baru mendatang. Gue gabisa terlalu nyaman dengan keadaan, minimal
dari 1 fokus gue harus lebih difokusin lagi kan? Gue basic dari hasil kurtilas
SMK RPL yang pada masa kelinci percobaan dulu. Bukan gamau belajar yang lain.
Bentar gue juga pengen lebih belajar lagi “Koding itu gimana?” . Sempet gue
bingung banget mau dibawa kemana jalan gue, akhirnya memilih lebih fokus basic
gue. Bahkan saking gue bingung mau gimana alhasil gue kuliah juga jurusan yang
sama pula. Seperti terlihat berdedikasi tinggi kan? Yaduuhhh gue cuma terus
bersemangat aja wkwwkk.
Soal rejeki karier, sebetulnya kan udah ada yang ngatur ya. Sang Maha
Pencipta-Nya. Tapi untuk usaha ya tergantung kita nya. Nah yang gue tangkep
sekarang, selain kecerdasan otak dalam ilmu praktek dan teori keahliannya,
perlu juga mental yang terlatih. Dalam
menjalani karier Mungkin itu sebabnya sekolah mengadakan ekstrakurikuler
biasanya ada yang WAJIB diikuti. Nah gue adalah siswa gak pernah ikutan dalam
list WAJIB itu, SMP mending gue ada ekskul walau bukan ekskul WAJIB(bahkan
salah satu ekskulnya yang jadi gue lanjutkan karena dimulai dari Kepo). SMK mah
pernah ikutan akhirnya keluar. Gak ikutan kegiatan ekskul apa-apa. Emang dah
gue tuh males banget dulu gatau kenapa wkwkwk.
Gue menilai, kayanya list ekskul itulah emang bener-bener ngelatih mental. Penting
juga untuk bisa survive kedepannya. Walau gue emang gapernah ikutan, ternyata
gue dikasih pembelajarannya langsung dimasa debut gue lah. Akhirnya, gue mikir
menyesal kenapa dulu gak pernah coba wkwkwk. Tapi, gaada kata terlambat kan
untuk belajar ? ya terus olah diri untuk melatih mental sendiri. Sambil greget
dan belajar pede aja untuk terobos semua yang akan dihadapi keesokan harinya
Terus ada lagi, ini juga penting. Public
Speaking. Ya ngomong kepada publik, bukan ngomong gajelas gaada faedahnya.
Tapi yang berfaedah. Didalam forum aktif diskusi, atau juga didepan banyak
orang secara langsung. Kayanya skill ini penting juga buat mengemukakan
pendapat kita. Biar orang denger dan tau apa isi otak kita. Mau Introvert yang
dikenal pendiam dan pemalu, atau Ekstrovert yang bisa menarik perhatian dengan
kepercayaannya. Yang jadi PR banget buat gue, karena gue introvert yang
terkenal pendiam. Maka gue niscaya kebanyakan nervous kalo udah urusan harus ngomong didepan misal. Apalagi
sendirian. Yaampun, gue kayanya lebih butuh ini sekarang, gue perlu cari forum yang
berperan aktif untuk melatih skill Public
Speaking gue. Sekali lagi gaada kata terlambat kan untuk belajar?
Tapi soal ini, kayanya ada keuntungannya buat gue sebagai Introvert. Karena
gue gabisa basa-basi dulu, harusnya otak gue bekerja secara eksak untuk
langsung pada intinya yang mau gue sampaikan. Semangat Introvert!
Bentar ada yang lupa. Soal pemikiran, gue termasuk dulu yang lebih kearah
kaku banget. Mungkin karena tinggal dilingkungan kaku juga. Jadi lingkup pemikirannya
hampir sama semua. Gue dulu bahkan berpikir “Kenapa coba buat yang ambil
jurusan a taunya kerjanya ngapain jauh dari jurusan. Kan sayang waktunya”.
Langsung merasa tertampar, dan banyak banget masukan diluar lingkungan gue.
Ternyata semuanya ga harus sama. Bisa aja kuliah kedokteran taunya jadi juragan
tahu (si pemilik pabrik tahu). Sesederhana itu kita gabisa menilai kehidupan
kita kedepannya kaya gimana, siapa yang tau coba. Semuanya sah-sah aja dilakukan
asal halal dan positif, apalagi bermanfaat. Percaya aja sama yang dikasih Sang
Maha Pencipta-Nya. Karena kita tinggal
menjalani dan terus berikhtiar.
Gak ada ilmu yang gak bermanfaat, semuanya pasti ada hikmahnya. Bahkan ilmu
yang dirasa cukup preassurenya gede
banget juga yang bikin drop berapa lama misal ☹. PASTI
ADA HIKMAHNYA!
Udah segini aja kali ya, terinspirasi nulis ini karena banyak banget ilmu
dan masukan yang selama ini gue terima
Komentar
Posting Komentar