Camping di Gunung Putri, Lembang Jawa Barat
Setelah sekian lama tidak ikut kegiatan di alam lagi, akhirnya kemaren
salah satu temen deket ngajakin camping
lagi. Di Gunung Putri Lembang, Bandung Barat. 18-19 Agustus 2018. Lucunya
ngajakin lagi itu sekitar H-5 gitu ya wkwkwk.
Sebelumnya jauh-jauh hari sebelum itu, mereka tuh tadinya mau ke Gunung
Ciremai (Cirebon) lah, Gunung Guntur (Garut) lah, berhubung gue pribadi emang
belum ada kesiapan fisik yang lebih dan beberapa peralatan yang belum ada,
contoh tracking pole itu butuh banget
buat gue yang kaki kanannya bermasalah kalo mau hiking ke gunung jalur
pendakiannya panjang. Jadi gue menolak ajakan temen deket itu. Tapi karena
ternyata akhirnya mereka cuma fokus camping
doang dan deket lokasinya ya gue langsung ikut. Karena beneran gue butuh banget
kegiatan itu.
Dimulai dari touring gue yang otomatis kalo nyetir motor suka agak pelan,
ternyata gue duluan yang nyampe lokasi semenjak mencar gak keliatan waktu kena
macet di pusat Lembangnya. Wkwkwk. Dan disini ada 3 orang cowok Zul, Rey,
Hafizh, dan 3 orang temen cewek yang baru kenal saat itu juga ada Indri,
Shania, sama Nafisah. Semuanya yang gue tau itu 98L alias seumuran gue semua.
Pas udah nyampe atas, cari tempat yang pas buat bangun tenda. Terus lanjut
jalan ke tugu puncaknya, terus jalan ke bangunan peninggalan Belanda di sisi
gunung itu, dan kembali ke tempat awal. Tapi kebetulan kondisi cuaca yang lagi
musim kemarau dan terik sekali, jadinya kondisi disana bener-bener berpasir dan
kebul banget . Apalagi disana itu ada jalur buat motor trail, wah udah berasa
digurun pasir dah. Btw entah dah gue males banget ngeluarin hape buat foto-foto
tempat yang gue datengin itu, gatau sumpah males banget hahaha.
Uniknya, disana itu termasuk agak gampang ada sinyal. Bahkan 4G pun masuk,
ya tapi namanya juga gunung, seadanya sinyal juga tetep sesekali gak ada sinyal
juga. Gue juga selalu otomatis jarang buka hape kalo udah ditempat model gitu.
Bahkan sekedar foto sekitar aja kalo udah males ya males aja buka hape. Ada
bonus juga, diatas gunung sana juga ada toilet guys. Ya gausah ke semak-semak
untungnya buat urusan buang air kan wkwkwk.
Inti kegiatan disana sih paling bakar-bakaran, masak buat makan siang
(sebenernya sih sekitaran sore makannya). Dimana seketika banyak banget amunisi
makanan sosis wkwkwk. Jadi ya bakar-bakaran sosis, dan makanan cepat saji
sejenisnya pas hari pertama disana. Nah karena warung nya lumayan deket sama
tempat camping (walau turun gunung ceritanya), ya akhirnya sesekali ada
kebutuhan bahan yang kurang dan sesekali gantian tuh ada yang turun buat beli
apa-apanya yang kurang hahaha.
Selama diatas, gue sering banget pake Kamera DSLRnya Rey, lumayan belajar
DSLR (karena gue gapunya). Malah orang yang punyanya aja jarang pake lebih
sering gue yang jepret sana-sini. Pas
hari mulai masuk malem, Sunset disana emang luar biasa. Pemandangannya termasuk
keren juga guys, berasa langit ada gradasi warna yang pas dan keren. Emang
indah ya ciptaan Allah SWT tuh...
Ini foto suasana Sunset disana,
maapin Newbie pake kamera HP sendiri hehehe
Nah udah malem, widih yang tadinya siang itu panas terik tiba-tiba berbalik
dingin, gatau suhunya berapa, lumayan banget dinginnya ditambah angin nya gede
banget. Gue berusaha menyesuaikan suhu tubuh gak pake jaket gue cuma pake kaos
panjang agak tipis bahannya doang. Biar gak balik makin kerasa mengigil
maksudnya.
Dilanjut kegiatan kembali bakar-bakaran sosis lagi, dan udahnya iseng main
Ludo dari Hpnya Hafizh. Gatau berapa lama kita main tuh game, tau tau sampe
bener-bener selesai tuh game sekitar jam 11 kurang seperempat hahaha. Soalnya
yang main aja 6 orang, itu pun sering banget banyak tragedi di begal dan balik
ngebegal. Iya, jadi si pasukan nya balik lagi ke kandang masing-masing gitu
hahaha. Belum lagi sering juga ada kejadian baru juga keluar udah masuk lagi,
atau hampir aja ke tempat menangnya sendiri gitu, eh kena begal jadi muter
balik lagi ke kandang (apalah gue cerita gini gatau gimana ceritainnya) wkwkwk.
Endingnya ya balik ke masing-masing tenda. Buat tidur
--
Sebetulnya gue gabener-bener tidur. Gue cuma memejamkan mata istilahnya,
tapi termasuk cukup untuk istirahat. Gatau sih kenapa gue selalu gitu kalo
diluar. Sampe gue hampir hapal tiap detail yang gue denger apa aja. Belum lagi
orang sebelah tenda ada yang masih aja ribut sampe sekitar jam 12 ke jam 1
malem. Gue juga denger adzan subuh dan bangun. Ya setelah itu, gue langsung
berburu hunting foto lagi (pake DSLR lagi) . Subhanallah, nikmat mana yang kau
dustakan? Emang terbaik sih menyaksikan Sunrise diatas ketinggian itu. Walau
gue gak bener bener mendaki gunung, dari situ juga udah dapet spot terbaik.
Ini foto suasana Sunrise disana,
maapin Newbie pake kamera HP sendiri hehehe
Ini momen yang paling keren menurut gue, setelah kita semua menikmati
suasana menjemput pagi hari dan udah kenyang banget hunting atau mau foto-foto
pribadi. Seketika kita semua duduk dan diskusi gitu. Secara spontan, inti dari
semua percakapannya itu ngebahas apa-apa yang ada didunia ini. Apa yang terjadi
didunia ini, belum lagi ngebawa agama juga. Ngebahas perspektif orang yang bisa
dari sudut mana aja, belum lagi bahas keterbatasan umat manusia dan apa-apanya
dari sifat ‘manusiawi’ tak lupa hati nuraninya. Bahasannya emang keren banget
intinya, sampe-sampe beberapa part gue agak mikir keras untuk pahami maksud
diskusi itu. Seringnya gue lebih ngedengerin, sesekali nanya dan bersuara
sedikit yang gue tau. Tepatnya bukan semacam ceramah khotbah semacam itu lah
kalo di Agama Islam tuh. Tapi apa ya, lebih global aja. Gue cuma bergumam “gue
suka kalo ketemu orang-orang model kaya gini”
Beres dari itu balik ke tenda, nyiapin mau sarapan katanya. Btw gue itu
kalo urusan masak sih bantu dikit entah logistik atau gini gitunya gak banyak.
Soalnya gue gak jago amat masak, atau disebut gak yakin karena gue cuma yakin
kalo buat diri sendiri hahahaha :v. Biar para yang lebih jago aja lah ya...
Tapi diselang waktu nyiapin itu, masih berlanjut diskusi yang sebelumnya. Emang
keren sih parah, gue demen ketemu sama orang – orang tuh ya gini. Ketemu perspektif
baru, ketemu pemikiran baru. Biar gue yang agak blank otaknya sedikit demi
sedikit jadi bertambah lagi ilmunya. Yhaaaa....
Beres itu kita rapihin semuanya dan memilih pulang, btw kita disana turun
itu sekitaran udah adzan zuhur gitu. Dan cus pulang. Karena emang bingung juga
mau ngapain lagi hahaha.
Sebagai kawula muda yang kerjaannya itu fokus depan laptop alias si manusia
kursi, belum lagi ditambah perlu otak yang lebih keras untuk belajar “kode
program” apalagi ditambah pake logika menurut gue butuh banget dah buat
sesekali menyisihkan waktu untuk mengadakan acara model begini. Blusukan ke
alam, sedikit jauh-jauh dari teknologi. Minimal camping aja gitu disebelah
mana, apalagi Bandung itu adalah kawasan yang dikelilingi pegunungan jadi
lumayan gampang cari wilayahnya. Belum lagi bonus ketemu temen baru, perspektif
baru, pikiran baru, belum lagi suasana asri menyatu alam. Sesuatu hal yang
harus disyukuri, selagi muda untuk tetep aktif buat terus cari pengalaman baru.
Terakhir, gue jadi belajar. Entah kenapa pengalaman gue kalo ada acara yang
udah direncanakan jauh hari suka gak jadi. Tapi pas mepet tiba-tiba jadi aja
gue ikut. Ya walau harus sedikit berdebat dengan babeh we bzz.......
Yaudah gitu aja dulu cerita gajelas gue.
Btw thanks teman-teman yang gue sebut sudah mengajak gue untuk ikut camping
bareng kalian. Next time ajakin gue lagi insyaallah gue akan menyempatkan
hihihi.
Tulisan, Dian, Backend Programmer yang abis dapet asupan menghirup suasana
alami jauh dari teknologi wkwkwk


Komentar
Posting Komentar